Cara Jualan Grosir Online yang Menguntungkan

30 Maret 2023
Jualan Grosir Online

Jualan grosir online menawarkan peluang keuntungan besar yang layak kamu pertimbangkan. Bagi konsumen, harga jual yang lebih murah menjadi alasan memilih membeli produk grosir. Selain konsumsi pribadi, pembelian barang grosir juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis serupa maupun perkantoran. Tidak heran apabila bisnis ini menjadi favorit sebagian pebisnis. 

Tips Jualan Grosir Online yang Laris Manis 

Jualan Grosir Online
Sumber : Envato

Memulai bisnis grosir online, tak hanya membutuhkan modal, melainkan juga rencana yang matang. Berikut tips yang bisa kamu coba supaya jualan grosir online laris manis di tengah tingginya persaingan bisnis.

Menentukan Target Pasar 

Jika ingin sukses berbisnis, kamu harus memahami keinginan konsumen. Tanpa mengetahui target pasar, kamu akan kesulitan menyediakan produk yang dibutuhkan dan pelayanan yang diharapkan oleh konsumen. Lakukan survei secara langsung untuk menentukan target pasar. Setelahnya lakukan analisis pasar mengetahui karakteristik dan kebiasaan konsumen. 

Hasil dari analisis bisa kamu gunakan untuk memprediksi apakah produk yang dijual akan laku dan menjadi tren atau justru sebaliknya. Melalui hasil analisis, kamu dapat meminimalkan pengeluaran yang tidak diperlukan. Kamu juga bisa menghindari kerugian yang mungkin saja terjadi. 

Pelajari Pesaing 

Mengingat tingkat persaingan jualan grosir online tergolong tinggi, pastikan kamu mempelajari pesaing. Catat kelemahan setiap pesaing sehingga kamu bisa melakukan perbaikan bisnis. Berbekal catatan tersebut, kamu bisa menghadirkan produk lebih lengkap dan pelayanan lebih baik dibandingkan pesaing lainnya. 

Baca juga: Belanja Grosir Sembako Makin Untung dengan Tips Ini

Harga Bersaing 

Terapkan strategi harga untuk menarik calon konsumen. Lakukan survei pasar terlebih dahulu untuk mengecek harga pasaran. Catat harga jual tertinggi hingga terendah. Melalui informasi tersebut, kamu bisa menetapkan harga jual untuk produkmu sesuai kebijakan. Perlu diingat bahwa makin murah harga yang ditawarkan, makin besar peluang produk yang kamu jual laris manis. 

Contoh: harga terendah produk Y di pasaran Rp15.000 per kg, kamu bisa menjualnya dengan harga sama atau sedikit lebih mahal lalu melakukan pengurangan harga setiap kelipatan lima. Misal produk Y kamu jual Rp16.000 per kg, harga grosir Rp14.000 per kg dengan minimal pembelian 5 kg, Rp13.000 per kg dengan minimal pembelian 10 kg, dan Rp12.000 dengan minimal pembelian 15 kg ke atas. Berbekal strategi ini calon konsumen akan membeli dalam jumlah banyak demi mendapatkan harga lebih murah.

Buat Website dan Gabung Marketplace 

Lantaran kamu jualan grosir online, sangat direkomendasikan untuk membuat website khusus bisnis. Website ini akan diisi dengan produk yang kamu jual berserta gambar, deskripsi, dan harga jual. Di website ini kamu juga harus mencantumkan nama toko dan alamat untuk meningkatkan rasa percaya konsumen. Pastikan untuk menyediakan beragam metode pembayaran dan pengiriman.  

Selain website, pastikan kamu juga bergabung di marketplace untuk menarik lebih banyak calon konsumen. Meskipun tingkat persaingan produk di marketplace sangat tinggi, kamu tetap bisa memenangkan persaingan dengan menerapkan strategi harga. Contoh: pesaing A menjual produk X harga Rp12.000 per kg, kamu bisa menjual dengan harga Rp10.999 per kg. Berbekal strategi ini, calon konsumen akan terpikat setelah melihat harga yang tercantum.

Baca juga: 7 Barang Ini Paling Laku untuk Jualan Grosir Online, Lho!

Promosi

Supaya bisnis grosir online makin menguntungkan, jangan ragu untuk melakukan promo setiap bulan. Contoh: di tanggal belanja nasional kamu memberikan potongan harga Rp5.000 untuk pembelian Rp50.000. Bisa juga dengan memberikan diskon ongkos kirim Rp10.000 untuk pembelian Rp100.000. Selain kedua cara tersebut, kamu bisa menerapkan sistem bundling untuk mendapatkan keuntungan ganda. Pertama meningkatkan angka penjualan, kedua untuk mengurangi produk slow moving di gudang. 

Demikianlah tips sukses jualan grosir online yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan keuntungan besar. Bagi kamu tengah mencari partner bisnis, Mitra Grosir hadir menawarkan solusi bisnis terbaik. Mitra Grosir memungkinkan kamu jual beli barang grosir harga bersaing. Nikmati kemudahan memesan barang dan melakukan stok produk secara cepat dari aplikasi. Tertarik?

Yuk, hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!  

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: