Tips Memulai Bisnis Modal HP dan Kuota

30 Maret 2023
Bisnis Modal HP dan Kuota

Memulai bisnis modal HP dan kuota bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Cukup banyak pebisnis pemula yang sukses menjalankan usaha modal HP. Meskipun demikian, kamu perlu menambah pengetahuan tentang bisnis. Tanpa mempelajari dasar bisnis, kamu akan kebingungan menentukan hal penting dan mengambil keputusan terkait usaha yang dijalankan. 

Begini Cara Memulai Bisnis Modal HP dan Kuota

Bisnis Modal HP dan Kuota
Sumber : Envato

Adapun sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan agar bisnis modal HP berjalan lancar, sebagai berikut.

Tentukan Jenis Bisnis 

Hal utama memulai bisnis adalah menentukan jenisnya. Kalau kamu masih bingung, cobalah untuk mencatat hal-hal yang disukai. Contoh: kamu memiliki hobi memancing, kamu bisa membuka toko alat pancing dan pakan ikan. Berbekal pengetahuan mengenai kegiatan memancing, kamu bisa menghadirkan produk berkualitas. Kamu juga akan lebih mengetahui peluang bisnis dan memanfaatkan hal tersebut untuk meraih keuntungan besar.

Memulai bisnis berdasarkan hal yang disukai juga memudahkan kamu melakukan inovasi. Contoh: kamu hobi membuat kue dan roti. Kamu bisa melakukan inovasi produk dengan memodifikasi resep asli. Misalnya, ketika membuat cheesecake, kamu bisa menambahkan selai blueberry dan potongan buah sebagai topping. Selain menambah cita rasa, hasil modifikasi resep tersebut bisa menjadi keunikan atau ciri khas produk yang kamu jual.

Analisis Modal 

Kendati bisnis modal HP dan kuota tidak memerlukan banyak anggaran, kamu harus tetap melakukan analisis modal. Hal ini akan memudahkan kamu mengetahui asal sumber dan penggunaan dana. Sangat penting membuat rencana anggaran supaya kamu bisa memulai bisnis sesuai modal yang ada. 

Selain analisis modal, kamu juga harus memperhatikan target pasar. Lakukan identifikasi segmentasi calon konsumen potensial yang memuat karakteristik umum, mencakup usia, pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, pendapatan, dan gaya hidup. Kamu juga harus memperhatikan perilaku konsumen dan pesaing untuk menentukan strategi bisnis terbaik. 

– Tentukan Lokasi 

Hal lain yang tak kalah penting ketika memulai bisnis modal HP dan kuota adalah menentukan lokasi. Disarankan untuk memilih lokasi yang mudah diakses dan ramai. Apabila kamu tidak memiliki bujet untuk menyewa lokasi usaha, maksimalkan tempat yang sudah ada. Contoh: kamu bisa memanfaatkan teras rumah sebagai lokasi usaha cake and bakery kecil-kecilan. Kamu hanya perlu membeli etalase display kue, memajang papan menu, serta menambahkan meja dan kursi. 

Cari Distributor 

Agar bisnis berjalan lancar, kamu perlu melakukan riset mengenai distributor. Mulailah dengan distributor di sekitar lokasi bisnis kemudian merambah ke kota lain. Apabila ingin mendapatkan harga lebih miring, kamu bisa mencari distributor utama ataupun membeli dari luar negeri. Namun, pastikan untuk menghitung biaya-biaya yang diperlukan. Jangan sampai kamu tergoda harga murah tanpa memperhatikan biaya lain yang justru membuat harga jual produk tersebut mahal.

Promosi 

Memulai bisnis modal HP dan kuota harus dipikirkan secara matang. Kamu perlu membuat strategi promosi untuk memperkenalkan produk ke calon konsumen. Promosi tidak harus mengeluarkan biaya. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menarik atensi calon konsumen. Unggah foto produk dari berbagai sudut dan beri deskripsi lengkap untuk menambah nilai di mata konsumen.  

Di awal memulai bisnis, kamu bisa menerapkan sistem promosi potongan harga atau beli 1 gratis 1. Contoh: ketika membuka bisnis cake and bakery, kamu bisa mengadakan promosi buy 1 get 1 free selama tiga hari di jam tertentu, misalnya pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB atau pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB. 

Demikianlah sejumlah hal penting yang dapat kamu perhatikan sebelum memulai bisnis modal HP dan kuota. Bagi kamu yang tengah menjadi partner bisnis, OttoPay menawarkan solusi bisnis dengan menghadirkan Dana Talangan. Dana Talangan memberikan kamu modal cepat dengan proses pengajuan yang mudah. Tertarik mencoba?

Ayo, segera hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!  

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: