Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, memindahkan, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi Anda selaku Merchant ataupun pemegang Kartu/ uang elektronik (konsumen) yang dapat diidentifikasi dan diperoleh melalui media yang Kami sediakan. Anda  diharapkan membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama sebelum menggunakan layanan yang disediakan, untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini kami berlakukan.

Anda  mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui isi yang tertulis dalam kebijakan Privasi ini. Kebijakan Privasi ini disertakan sebagai dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan kami. Adapun Kebijakan Privasi  ini dikumpulkan dan disusun atas Penggunaan Aplikasi dan Layanan mencakup hal-hal dibawah ini :

  1. Informasi yang dikumpulkan
  2. Penggunaan informasi yang dikumpulkan
  3. Pengungkapan informasi yang dikumpulkan
  4. Keamanan
  5. Perubahan atas Kebijakan Privasi ini
  6. Penarikan Persetujuan dan Pemusnahan
  1. Kami mengumpulkan Informasi tertentu dari Merchant sebagai bagian dari verifikasi penerapan Prinsip Mengenal Nasabah – Know Your Customer (KYC) sehingga Aplikasi dan Layanan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Informasi Pribadi dapat disampaikan secara langsung oleh Merchant (sebagai contoh, saat mendaftar sebagai Merchant) baik melalui Merchant Registration Form (MRF) dan/atau Perjanjian Kerjasama (PKS) maupun informasi yang terkumpul secara otomatis ketika Merchant menggunakan Aplikasi.
  2. Ketika Merchant menggunakan aplikasi kami, administrato akan memproses data teknis seperti IMEI Pengguna, Geo-location Sebagai tambahan, dalam beberapa hal, browser dapat menyarankan Merchant agar mengaktifkan fungsi-fungsi tersebut untuk memungkinkan Kami memberikan suatu pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan Aplikasi. Dengan data teknis ini administrator Kami dapat menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis atau memperbaiki kemampuan akses bagian-bagian tertentu. Dengan cara ini, Kami dapat memastikan bahwa Merchant dapat (terus) mempergunakan Aplikasi dengan cara yang cepat dan sederhana.
  1. Pada saat mendaftar pada Aplikasi, Merchant akan memberikan kepada Kami Akses ke dalam perangkat Aplikasi Pribadi Merchant sebagaimana berikut ini (i) Allow OttoPay Make and Manage Phone Calls dipergunakan mengetahui IMEI dari aplikasi Merchant (ii) Allow OttoPay to access photo, media and file on your device dipergunakan untuk pengumpulan foto diri dan foto identitas untuk keperluan KYC (iii) Allow OttoPay to send and view SMS message dipergunakan untuk mengirimkan OTP (iv) Allow OttoPay to take picture and record video dipergunakan untuk keperluan scanning QR Code.
  2. Sehubungan dengan fasilitas uang elektronik, Kami akan mengumpulkan informasi terkait transaksi uang elektronik tersebut oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada nama bank, nama pemegang rekening, nomor rekening dan jumlah dana yang ditransaksikan melalui fasilitas uang elektronik tersebut
  3. Untuk keperluan dokumentasi Merchant; nama resmi usaha atau perusahaan yang didaftarkan oleh Merchant, Jenis usaha Merchant, Surat-surat resmi dari Pemerintahan, Akte,  Kartu Identitas Kependudukan,  Nomor Pokok Wajib Pajak, serta data rekening Bank milik Merchant apabila diperlukan.

Informasi geo-location yang kami peroleh berarti bahwa Kami juga mengumpulkan informasi lokasi Merchant. Kami juga akan menggunakan informasi geo-location secara keseluruhan dan dalam bentuk tanpa nama untuk mendapatkan informasi statistik dan informasi pengelolaan untuk tujuan peningkatan fungsi Aplikasi.

  1. Pengumpulan Informasi Konsumen yang akan melakukan pembelian barang/jasa yang ditawarkan didalam situs Merchant diwajibkan untuk memasukan informasi terkait dengan pemesanan atau pembelian barang dan/atau jasa sesuai spesifikasi dan informasi yang diperlukan dalam pelaksanaan pembayaran, yaitu: jenis kartu, nama pemegang kartu, nomor, masa berlaku dan security code dari kartu yang digunakan untuk melakukan pembayaran
  2. OttoPay juga akan mengumpulkan informasi terkait dengan transaksi internet, seperti billing address, shipping address, nomor telepon dan e-mail, serta IP address konsumen

Selama menggunakan layanan yang disediakan oleh Aplikasi, Kami dapat menggunakan Informasi yang telah kami kumpulkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penggunaan Informasi Merchant, Proses Pendaftaran Merchant yang diterapkan oleh OttoPay dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku serta berdasarkan kebijakan dari Regulator
  2. Informasi umum Merchant yang telah dikumpulkan oleh OttoPay akan digunakan untuk kelancaran komunikasi dengan Merchant, pelaksanaan verifikasi dan validasi Merchant sebagai badan usaha resmi, serta dapat digunakan untuk keperluan Pengembangan produk, customer service dan peningkatan mutu layanan yang akan disediakan oleh OttoPay
  3. Kami dapat menggunakan Surat Elektronik (surel), nama, nomor telepon, dan sandi akun Merchant untuk memverifikasi kepemilikan Merchant atas suatu akun, serta memberikan Merchant informasi mengenai Aplikasi. Kami juga dapat menggunakan nama, surel, dan nomor telepon Merchant untuk mengirimkan pesan, pembaharuan yang bersifat umum atas Aplikasi, penawaran-penawaran khusus atau promosi-promosi. Kami juga akan mengirimkan surel kepada Merchant yang meminta Merchant untuk berlangganan Daftar Surat Menyurat (Mailing List) kami. Merchant dapat setiap saat memilih untuk tidak menerima informasi mengenai pembaharuan ini.
  4. Kami menggunakan geo-location untuk (i) untuk mengetahui pemetaan lokasi dari Merchant; (ii) untuk keperluan investigasi apabila Kami mengindentifikasikan adanya fraud dari sisi Merchant dan (iii) menganalisa pola penggunaan sistem untuk meningkatkan kinerja Aplikasi.
  5. Kami menggunakan informasi seperti nama bank di mana rekening dibuat dan disimpan dan jumlah yang ditransaksikan dengan dalam sistem untuk memastikan pembayaran/penerimaan oleh pihak yang bersangkutan atas dana yang ditransaksikan melalui sistem tersebut.
  6. Informasi transaksi Merchant akan digunakan sebagai data untuk melakukan monitor jumlah dan pola transaksi, keperluan administrasi (termasuk MIS dan Reporting ke Regulator), untuk kepentingan penyelidikan (fraud) dan/atau peningkatan layanan dan kinerja sistem
  7. Kami menggunakan Informasi Pribadi secara keseluruhan untuk keperluan KYC Merchant dimana dengan ini setuju bahwa data Merchant akan digunakan oleh sistem pemrosesan data internal Kami untuk memastikan diberikannya fungsi yang terbaik dalam Aplikasi untuk Merchant.
  8. Penggunaan Informasi Konsumen digunakan untuk kepentingan transaksi internet dalam rangka memonitor keabsahan transaksi dengan menggunakan teknik fraud prevention, meningkatkan mutu dan layanan customer service, serta melindungi Merchant serta konsumen dari usaha penipuan dari pihak luar.

OttoPay tidak akan menyebarluaskan dan/atau menjual identitas pribadi dan informasi yang diperoleh dari Merchant dan konsumen kepada pihak lain atau perusahaan-perusahaan yang tidak terafiliasi dengan OttoPay kecuali untuk pelaksanaan penyediaan produk dan jasa layanan yang diminta oleh Merchant maupun konsumen. Pengungkapan informasi ke pihak ketiga hanya dilakukan oleh OttoPay terkait dengan hal-hal sebagai berikut :

  1. Merchant dengan ini setuju dan memberikan wewenang pada Kami untuk memberikan Informasi Pribadi Merchant kepada Kami sebagai suatu bagian dari Syarat dan Ketentuan.
  2. Kami dapat mempekerjakan atau bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dan orang perorangan pihak ketiga untuk memfasilitasi atau memberikan bantuan pengembangan Aplikasi dan layanan-layanan tertentu untuk dan/atau atas nama Kami, untuk, di antaranya, (i) memberikan bantuan konsumen; (ii) memberikan informasi geo-location; (iii) melaksanakan layanan-layanan terkait dengan Aplikasi (termasuk namun tidak terbatas pada layanan pemeliharaan, pengelolaan database, analisis dan penyempurnaan fitur-fitur Aplikasi; (iv) membantu Kami dalam menganalisa bagaimana Aplikasi dan Layanan digunakan serta bagaimana pengembangannya; atau (v) untuk membantu penasihat profesional dan auditor eksternal Kami, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan. Para pihak ketiga ini hanya memiliki akses atas Informasi Pribadi Merchant untuk melakukan tugas-tugas tersebut untuk dan/atau atas nama Kami dan secara kontraktual terikat untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain apapun.
  3. Kami tidak membagikan Informasi Pribadi Merchant kepada pihak manapun selain kepada pihak-pihak yang disebutkan di point b di atas, tanpa persetujuan dari Pengguna. Namun demikian, Kami akan mengungkapkan Informasi Pribadi Merchant sepanjang diwajibkan secara hukum, atau diperlukan untuk tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan, institusi pemerintah, atau dalam hal terjadi sengketa, atau segala bentuk proses hukum antara Merchant dan Kami, atau antara Merchant dan Merchant lain sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan. Termasuk apabila terdapat adanya dugaan tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindak pidana pencucian uang dan terorisme;
  4. Kami dapat menghilangkan bagian-bagian tertentu dari Informasi Pribadi Merchant yang dapat mengidentifikasikan Merchant (sehingga Informasi Pribadi tersebut menjadi data anonim) dan mengungkapkan data anonim tersebut tersebut ke pihak ketiga untuk tujuan pengembangan Aplikasi, pengelolaan database, analisa atau peningkatan Layanan. Kami juga dapat mengkombinasikan Informasi Pribadi Merchant dengan informasi-informasi lain sedemikan rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi ter-asosiasi dengan Pengguna, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga, untuk tujuan-tujuan tersebut di atas.
  5. Kami tidak menjual atau menyewakan Informasi Pribadi Merchant kepada pihak ketiga.

Kerahasiaan data dan Informasi Pribadi Merchant adalah hal yang terpenting bagi kami. Kami akan memberlakukan upaya dan langkah terbaik untuk melindungi dan mengamankan data dan Informasi Pribadi Pengguna.

Kami selanjutnya menjamin bahwa semua Informasi Pribadi yang telah kami kumpulkan akan disimpan dalam server Kami yang aman di Wilayah Republik Indonesia.  Sistem keamanan Kami telah memenuhi standar industri, kami juga melakukan pengujian terhadap sistem kami secara berkala untuk memastikan mekanisme keamanan kami berjalan dengan baik. Akan tetapi terlepas dari seluruh usaha tindakan pencegahan yang telah kami lakukan, Kami tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa sistem Kami tidak akan dapat ditembus sama sekali akibat adanya virus, malware, gangguan atau kejadian luar biasa oleh Pihak Ketiga tanpa akses tanpa otorisasi dari Kami.

Saat mendaftarkan diri di Aplikasi Kami, Merchant akan diminta untuk membuatkan kata sandi pribadi, Merchant bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi tersebut, Merchant tidak diperkenankan untuk mengungkapkan kata sandi pribadi tersebut  kepada siapapun dan harus senantiasa menjaga keamanan perangkat yang Merchant gunakan.

Penyimpanan Informasi Pribadi oleh kami akan dilakukan selama diperlukan, untuk melindungi kepentingan kami apabila sewaktu waktu diminta oleh Undang – Undang.

Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini untuk mencerminkan perubahan dalam kegiatan Kami. Jika Kami mengubah Kebijakan Privasi ini, Kami akan memberitahu Merchant melalui surat elektronik atau dengan cara pemberitahuan di Aplikasi dan websites Kami selambatnya 7 (tujuh) hari kerja sebelum perubahan berlaku. Kami menghimbau Merchant untuk meninjau halaman ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini Kami berlakukan.

 

Penarikan Persetujuan dan Pemusnahan

Kecuali ditentukan lain pada peraturan perundang-undangan, Merchant dapat melakukan penarikan persetujuan Merchant atas pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan Informasi Pribadi Merchant dan/atau pemusnahan Informasi Pribadi Merchant yang persyaratan dan tata cara nya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang secara khusus mengatur hal ini, dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Tidak terdaftar sebagai Merchant aktif Aplikasi (sudah menonaktifkan akun);
  2. Tidak sedang terikat kewajiban, tanggung jawab atau sedang tidak terikat perjanjian sehubungan dengan fasilitas yang disediakan oleh Kami
  3. Mengajukan Permohonan pemusnahan Informasi Pribadi kepada kami melalui surat elektronik ke: halo@ottopay.id dengan menyertakan bukti diri yang sah beserta alasan pemusnahan Informasi Pribadi.

Sehubungan dengan Penarikan persetujuan atau pemusnahan Informasi Pribadi Merchant baik sebagian atau seluruhnya, dapat mengakibatkan Merchant tidak lagi dapat menggunakan Aplikasi kami.

Dengan ini Merchant menyatakan telah mengetahui dan memahami dampak penarikan persetujuan dan/atau pemusnahan Informasi Pribadi Merchant tersebut.