Tipe Grosir Online yang Perlu Diketahui

6 April 2023
Grosir Online

Keberadaan toko grosir online tidak hanya menguntungkan penjual, melainkan juga pembeli. Konsumen bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga lebih murah dibandingkan harga toko eceran. Bagi penjual, hal tersebut mampu mendatangkan lebih banyak keuntungan. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa bisnis grosir terdiri dari beberapa tipe. Agar lebih jelas, simak penjelasan singkat mengenai bisnis grosir berikut ini.

Sekilas Tentang Grosir 

Grosir Online
Sumber : Envato

Grosir merupakan saluran setelah distributor atau subdistributor. Grosir dapat disebut sebagai kegiatan membeli atau menjual kembali produk ke pengecer, pedagang kecil, maupun pengguna industri, komersial, dan institusi. Disebut grosir karena sebagai pedagang kamu membeli produk dengan kuantitas banyak. Kamu akan mendapatkan harga jual lebih rendah dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. 

Singkatnya, grosir online merupakan kegiatan pembelian barang yang dilakukan dengan tujuan untuk digunakan atau dijual kembali secara online demi keperluan bisnis. Sebagai pedagang grosir, kamu akan bisa menentukan variasi produk, menyalurkan produk lebih cepat, dan mendapatkan informasi produk lebih awal untuk kebutuhan promosi. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu kamu mengembangkan bisnis grosir, mendorong angka penjualan, dan merancang strategi promosi untuk memperkenalkan produk baru ke konsumen.

Tipe Grosir Online 

Grosir Online
Sumber : Accurate

Sebenarnya, cukup banyak tipe grosir yang dibedakan menurut jenis barang yang dijual, luas cakupan bisnis, dan lapangan kegiatan. Adapun tipe grosir online secara umum yang perlu kamu ketahui, antara lain: 

Regional Wholesaler 

Sesuai namanya, regional wholesaler merupakan grosir yang daerah cakupan pemasaran masih berada di dalam satu provinsi atau negara bagian tertentu.  

Local Wholesaler 

Local wholesaler memiliki cakupan daerah pemasaran di kota tertentu. Biasanya tingkatan daerahnya adalah keresidenan, kabupaten, atau kota madya.  

National Wholesaler 

National wholesaler merupakan grosir yang mempunyai daerah pemasaran di seluruh wilayah di suatu negara, contoh di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Merchant Wholesaler 

Merchant Wholesaler  merupakan jenis bisnis grosir kepemilikan yang berjalan mandiri dan memiliki izin untuk mengambil alih hak produk yang ditanganinya. Pedagang grosir ini disebut juga sebagai lembaga suplai pabrik, distributor, atau jobber. Biasanya, merchant wholesaler merupakan kelompok tunggal grosir paling besar. Hampir 50% bisnis grosir dikuasai oleh merchant wholesaler.

Full Service Wholesaler 

Full service wholesaler merupakan jenis grosir yang kegiatannya berupa jual beli pada umumnya. Dalam menjalankan bisnisnya, full service wholesaler dibantu oleh tim manajemen yang bertugas mengatur penjualan. Untuk melancarkan dan mengembangkan bisnis, tipe grosir ini juga menyediakan ruang penyimpanan, menawarkan pembayaran secara kredit, dan mengirimkan barang secara langsung ke pelanggan.

Limited Service Wholesaler 

Sesuai namanya, grosir jenis ini hanya menawarkan beberapa layanan ke pemasok maupun pelanggan. Ada beberapa jenis limited service wholesaler, yakni:

  • Truck Wholesaler – pedagang grosir menjadikan penjualan dan pengiriman barang sebagai fokus utama. Umumnya grosir ini menjual produk tertentu, seperti  tembakau atau roti ke supermarket, hotel, rumah sakit, kafetaria, restoran, dan lainnya.
  • Cash And Cany Wholesaler –pedagang grosir yang fokus pada penjualan barang cepat laku dengan pembayaran tunai. Tipe grosir ini tidak mengantarkan barang dan hanya melayani pesanan dari pembeli.
  • Drop Shipper –pedagang grosir yang fokus pada pesanan pelanggan dan menghubungi produsen yang dimaksud oleh pelanggan. Tipe grosir ini juga tidak melakukan pengiriman langsung. 

Demikianlah beberapa tipe jualan grosir online yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin memulai bisnis grosir, jangan ragu menggunakan layanan Mitra Grosir. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menjual dan membeli barang dagangan dengan cepat. Kamu juga bisa membandingkan harga dari supplier sesama Mitra Grosir atau distributor tepercaya.Nikmati kemudahan transaksi hanya dengan satu jentikan jari saja tanpa. Kini, transaksi jual beli grosir online makin praktis dan mudah berkat Mitra Grosir.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!  

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: