Tips Membangun Loyalitas Pelanggan yang Bisa Bikin Mereka Susah Move-on

22 Februari 2023
Loyalitas pelanggan

Siapa sih yang ingin usaha rintisannya gulung tikar? Kalau kamu seorang pengusaha tentu bakal melakukan apa pun agar bisnis tetap beroperasi dan menghasilkan keuntungan. 

Salah satu usaha yang jamak dilakukan agar bisnis tetap berjalan baik adalah mempertahankan loyalitas pelanggan. Menurut sebuah artikel dari forbes.com, kemungkinan pelanggan setia untuk mencoba produk baru adalah 51% dan 31% akan berbelanja lebih banyak daripada konsumen baru. 

Hal tersebut senada dengan data Market Metrics yang menyebutkan bahwa 60-70% pelanggan lama sangat mungkin melakukan pembelian ulang. 

Dua fakta tadi menjelaskan betapa pentingnya mempertahankan pelanggan setia. Nah, pada artikel kali ini kamu akan belajar bagaimana sih cara membangun loyalitas pelanggan secara efektif? Berikut penjelasannya. 

Loyalitas Pelanggan
Sumber : Envato

Tingkatkan Kualitas Produk 

Menjaga kualitas produk sama dengan menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Ya, konsumen tentu akan merasa senang kalau dirinya bisa mendapatkan kualitas produk atau jasa yang sepadan dengan uang yang telah mereka keluarkan. 

Oleh karena itu, pelaku usaha perlu menjamin dan meningkatkan kualitas produk miliknya sebelum dipasarkan ke konsumen. Tujuannya agar pelanggan tidak kecewa atau bahkan pindah ke penjual lainnya. 

Berikan Pelayanan Terbaik 

Di dunia bisnis, memberikan pelayanan yang baik merupakan suatu hal yang mutlak. Dengan pelayanan yang maksimal, pelanggan bisa merasa lebih nyaman saat bertransaksi di tempatmu. Peluang konsumen untuk membeli lagi pun semakin besar. 

Jika usahamu bergerak di bidang retail, contoh pelayanan yang baik adalah menyediakan deskripsi produk yang detail dan berbagai metode pembayaran agar memudahkan konsumen. 

Buat Loyalty Program 

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan selanjutnya adalah membuat loyalty program. Tips ini sudah banyak diterapkan oleh pelaku usaha dan terbukti ampuh dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. 

Program loyalitas sendiri punya berbagai macam bentuk. Kamu bisa memberikan diskon khusus bagi mereka yang sering belanja di tokomu atau memberikan point reward yang bisa ditukar dengan hadiah menarik. 

Buat Referral Program 

Selain loyalty program, referral program juga bisa menjadi cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membangun kesetiaan pelanggan. 

Sederhananya referral program adalah upaya merekomendasikan produk kepada orang lain oleh pelanggan yang merasa puas. Sebagai orang yang merekomendasikan produk ke orang lain, kamu bisa mendapatkan reward sesuai kesepakatan yang berlaku. 

Adakan Promo Menarik 

Setiap orang pasti senang jika bisa mendapatkan diskon atau hadiah secara cuma-cuma. Supaya pelanggan tetap setia dengan produk milikmu, sesekali tak ada salahnya untuk memberikan promo, baik berupa diskon, cashback, poin, maupun voucher hadiah. 

Terus Melakukan Inovasi

Cara membangun loyalitas pelanggan yang keenam adalah mengembangkan produk lewat inovasi yang tepat guna dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Semakin bervariasi produk yang kamu jual, konsumen jadi punya banyak alternatif dan kemungkinan untuk beralih ke kompetitor pun semakin kecil. 

Selain membuat inovasi produk, kamu juga bisa membuat inovasi pada sisi pelayanan. Ini adalah cara yang sama untuk menarik hati pelanggan

Tidak hanya pelanggan lama yang puas, inovasi juga bisa mendatangkan konsumen atau pasar baru bagi bisnismu. 

Dengarkan Feedback Pelanggan

Pelaku usaha akan merasa lega jika konsumen kembali melakukan transaksi. Itu berarti mereka puas dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Dari mereka cobalah untuk mendapatkan feedback terkait pengalaman berbelanja di tempatmu. Baik-buruk feedback yang bakal kamu terima, informasi tersebut bisa menjadi senjata utama untuk memperbaiki kualitas maupun menciptakan suatu inovasi. 

Oleh karena itu, jika suatu hari nanti kamu menerima komplain dari konsumen, coba dengarkan masalah mereka, setelah itu kamu bisa membuat solusinya. 

Jika kamu ingin meningkatkan loyalitas pelanggan, ketujuh cara di atas bisa langsung dipraktikkan. Selain itu, manajemen yang baik juga dibutuhkan agar usaha bisa berkembang. 

Kini manajemen bisnis semakin mudah dan praktis berkat aplikasi OttoPay.  Sebagai mitra OttoPay, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan loyalty reward berupa OttoPoint yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik.

Yuk, klik di sini untuk install aplikasi OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: