Pengusaha Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Menulis Catatan Keuangan

22 Februari 2023
catatan keuangan

Siapa bilang menyusun catatan keuangan hanya perlu dilakukan oleh perusahaan atau bisnis berskala besar? Pelaku usaha berskala kecil dan menengah juga harus rajin mencatat aliran dana keluar dan masuk, lho

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK), laporan keuangan dibagi menjadi lima kategori yaitu laporan laba-rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan catatan atas laporan keuangan (CaLK) dengan fungsinya masing-masing. 

Terlepas dari jenis-jenis laporan keuangan di atas, inilah 5 manfaat membuat catatan keuangan yang perlu kamu tahu.  

Catatan Keuangan
Sumber : Envato

Mengetahui Aliran Dana Keluar dan Masuk  

Tak sedikit bisnis atau usaha yang pada awalnya menerima untung besar, namun setelahnya justru berakhir dengan kebangkrutan. Alasan umum yang sering terjadi di lapangan adalah karena aliran dana masuk tidak sesuai dengan jumlah aliran dana keluar, begitu pun sebaliknya. 

Oleh karena itu, setiap pelaku usaha sangat disarankan untuk membuat catatan keuangan secara rapi supaya aliran uang masuk dan keluar bisa dipantau. Lebih jauh lagi laporan keuangan pun dapat dipakai untuk mencari tahu keuntungan yang berhasil didapatkan selama menjalankan bisnis. 

Selain itu catatan keuangan juga bisa dipakai untuk menganalisis kemampuan bisnismu dalam menghasilkan aliran dana yang bersih di masa depan.   

Sarana Mencari Tahu Produk Terlaris 

Jika bisnismu bergerak di sektor jual beli barang atau makanan, stok merupakan modal utama yang harus diperhatikan. Sebab, saat kehabisan stok angka penjualan bisnismu bisa saja turun hingga menyebabkan hilangnya kepuasan pelanggan. Apalagi kalau stok yang habis merupakan stok barang terlaris. 

Untuk mencegah skenario tersebut, kamu perlu membuat laporan keuangan secara rapi. Dari data tersebut kamu akan mendapatkan informasi terkait produk mana saja yang paling laku. 

Setelah mendapatkan data terkait produk terlaris, kamu bisa mulai menambah stok untuk barang terlaris dan mengurangi stok barang tidak laku demi meminimalisasi kerugian. 

Catatan Keuangan Sebagai Modal untuk Mengajukan Pinjaman

Bagi pelaku usaha meminjam modal di bank merupakan hal biasa. Meski begitu, tidak semua orang bisa menikmati layanan tersebut. Salah satu dokumen yang dibutuhkan saat mengajukan pinjaman adalah laporan keuangan. 

Dari catatan keuangan yang telah kamu buat, pihak peminjam bisa melakukan analisis terkait seberapa sehat bisnis kamu saat ini.  

Mereka juga bisa melihat bagaimana aliran pendapatan dan pengeluaran sekaligus daftar utang dan piutang dari dokumen tersebut. Semakin baik kualitas pembukuan yang kamu buat, kesempatan untuk mendapatkan persetujuan pinjaman pun makin besar. 

Mengontrol Penggunaan Uang Selama Usaha

Fungsi keempat dari catatan keuangan adalah membantu pengusaha dalam mengontrol penggunaan uang selama usaha. Jangan sampai dana atau modal usaha habis terpakai untuk hal-hal yang tidak bisa membantumu meraih keuntungan lebih banyak. 

Melalui laporan keuangan kamu juga bisa memantau rasio keuntungan bersih dengan rasio keuntungan kotor. Informasi tersebut nantinya dapat dipakai dalam mengambil keputusan yang menyangkut kelangsungan usaha. 

Selain itu, informasi terkait keuangan bisnis juga dapat dipakai dalam memprediksi suatu risiko atas keputusan yang hendak diambil. Apakah risiko terkait sepadan dengan keuntungan yang mungkin diraih. 

Mengendalikan Jumlah Utang dan Piutang

Fungsi catatan keuangan yang terakhir yaitu membantu pengusaha dalam mengendalikan jumlah utang sekaligus piutang. Sama seperti mengelola dana pribadi, menjalankan bisnis juga membutuhkan kemampuan pengelolaan utang dengan baik. 

Tanpa kemampuan tersebut, kamu bisa saja mengalami risiko gagal melunasi pinjaman yang ada. Supaya jumlah utang dan piutang tetap terkendali, kamu perlu membuat pembukuan keuangan secara rapi. 

Selain perlunya mengendalikan jumlah utang, sebagai pengusaha kamu juga harus tahu cara mengontrol piutang agar kas perusahaan tidak menjadi kacau. 

Sudahkah bisnismu dilengkapi dengan laporan keuangan yang baik? Nah, agar proses pencatatan keuanganmu jadi lebih mudah dan praktis, aplikasi OttoKasir bisa jadi jawabannya. 

OttoKasir menawarkan sejumlah fitur yang bakal membantumu dalam menjalankan usaha. Di antaranya adalah fitur pencatatan stok barang, penjualan, sampai pencatatan utang.

Yuk, download aplikasi OttoKasir di sini dan nikmati pengalaman melakukan pembukuan secara praktis sekaligus hemat waktu!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: