Pengertian dan Contoh Program Loyalitas yang Diminati Pelanggan

22 Februari 2023
Program Loyalitas

Dalam konteks sederhana, konsumen dianggap sebagai pihak yang membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan. Namun di balik itu, pelanggan menjadi salah satu faktor yang bisa mengantarkan bisnismu menuju kesuksesan. Tanpa pelanggan, produk yang kamu jual jadi tidak laku, sehingga alih-alih mendapat keuntungan, kamu hanya akan melangkah menuju kebangkrutan.

Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan konsumennya. Jika konsumen merasa puas, peluang bagi mereka untuk berbelanja lagi di tempatmu jadi lebih besar. Selain itu pelayanan yang memuaskan bakal menjadi alasan utama bagi mereka untuk menjadi pelanggan setia.

Nah, untuk membangun loyalitas pelanggan, banyak pelaku usaha yang menerapkan loyalty program atau program loyalitas. Berikut ulasan tentang pengertian program loyalitas dan contoh loyalty program yang paling dinanti oleh pelanggan.

Apa Itu Program Loyalitas? 

Program Loyalitas

Menurut Hubspot, program loyalitas adalah upaya pelaku usaha untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap layanan atau barang yang ditawarkan.

Dengan kata lain, program ini menjadi strategi jangka panjang bagi pengusaha untuk mempertahankan bisnisnya. Loyalty program juga bisa menjadi sarana untuk menjalin hubungan yang harmonis antara penjual dan pelanggan.

Biasanya program loyalitas ini ada untuk mempertahankan pelanggan lama supaya tetap melakukan transaksi. Meski begitu, program ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaring konsumen baru. Adapun beberapa contoh program loyalitas yang telah diaplikasikan adalah diskon, cashback, poin, voucher, dan beli 1 gratis 1.

Dalam pembuatan loyalty program, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tepat sasaran dan bisa mewujudkan keinginanmu dalam meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Pertama, kamu perlu mempelajari pelanggan untuk mengumpulkan informasi terkait volume pembeliannya, seberapa loyal mereka terhadap produkmu, dan kemampuan mereka untuk membeli produk dalam jumlah besar.

Kedua, tentukan seberapa besar dana yang mampu kamu keluarkan untuk membuat sebuah program loyalitas. Untuk poin ini sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahlinya.

Contoh Program Loyalitas 

Inilah beberapa contoh program loyalitas yang sering diaplikasikan dan menjadi favorit para konsumen.

1. Loyalty Point

Loyalty point merupakan apresiasi berupa poin yang bisa dikumpulkan untuk ditukar dengan penawaran lainnya. Misalnya voucher atau hadiah langsung. Poin akan diberikan apabila konsumen telah menjalankan suatu misi, contohnya memberi review atau melakukan transaksi dengan metode pembayaran tertentu.

2. Diskon Khusus

Potongan harga atau diskon merupakan program yang bali menarik minat pembeli. Apalagi kalau nominal diskon yang diberikan cukup tinggi, terkadang seseorang tak segan untuk membeli sekalipun produk tersebut tidak dibutuhkan.

Sebagai pelaku usaha kamu bisa memberikan diskon pada hari-hari tertentu seperti kemerdekaan atau diskon untuk pelanggan yang melakukan transaksi dalam jumlah tertentu.

3. Hadiah Langsung

Di zaman sekarang penawaran berupa hadiah langsung masih diminati oleh pelanggan, baik itu pelanggan setia maupun konsumen baru. Beberapa barang yang kerap diberikan sebagai customer reward adalah jam dinding, mok, piring, payung, dan kaos.

4. Referral Program

Referral program adalah strategi marketing yang mendorong konsumen untuk mengajak konsumen baru. Ajakan yang dimaksud biasanya ajakan membuat akun baru, membeli suatu produk, atau membagikan konten. Bagi mereka yang berhasil mengajak orang lain, pihak penyelenggara akan memberikan reward khusus.

5. Buy One Get One

Contoh program loyalitas lainnya adalah buy one get one atau beli satu gratis satu.  Di dunia marketing program ini menjadi salah satu strategi promosi selain potongan harga.

Dengan adanya buy one get one pelanggan bisa menghemat sejumlah uang. Keuntungan lain dari program ini adalah membantumu dalam menghabiskan stok barang dan menaikkan cash flow untuk sementara.

6. Cashback

Cashback seringkali disamakan dengan diskon. Padahal keduanya diaplikasikan secara berbeda. Cashback merupakan pengembalian uang kepada konsumen sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dalam praktiknya konsumen baru menerima cashback setelah melakukan pembayaran penuh. Sedangkan diskon diberikan di awal sehingga konsumen akan mendapatkan potongan harga.     

Itulah uraian singkat tentang program loyalitas. Kalau mau kamu pun bisa menerapkannya demi meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan. Bicara tentang program loyalitas, OttoPay saat ini memberikan loyalty reward berupa OttoPoint dari setiap transaksi yang dilakukan oleh merchant melalui aplikasi OttoPay. 

OttoPoint yang telah dikumpulkan nantinya bisa ditukar dengan hadiah yang menarik. Buat kamu yang belum tahu serba-serbi terkait OttoPay, silakan cek aplikasinya di sini.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: