Biar Makin Cuan, Simak Cara Meningkatkan Pengunjung Warung Berikut Ini!

24 Februari 2023
Meningkatkan pengunjung warung

Ketika membuka usaha warung, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa ada warung yang antreannya panjang dan kenapa ada warung yang sepi? Ternyata, perbedaannya bukan hanya terletak pada kualitas produk yang dijual. Ada berbagai aspek penting yang perlu kamu perhatikan jika ingin warung atau tokomu ramai didatangi pembeli.

Lalu, bagaimana caranya menarik lebih banyak pembeli? simak cara meningkatkan pengunjung toko berikut ini!

Buat Papan Nama yang Jelas

Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelangganmu adalah papan nama. Makin jelas dan menarik papan nama tokomu dari kejauhan, makin mudah orang menemukannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan papan nama adalah:

  • Pastikan font nama toko terlihat dan bisa dibaca dengan jelas.
  • Jika posisinya berderet dengan papan nama toko lain, posisikan papan namamu lebih tinggi dari kios lainnya.
  • Selain di bagian depan toko, gunakan papan nama pinggir jalan untuk menarik perhatian orang yang melintas.

Beri Warung Kamu Nama

Nama tidak hanya membuat orang lebih mudah menemukan tokomu, tetapi juga menjadi gambaran tentang produk apa yang kamu jual. Jangan biarkan orang bertanya-tanya. Tuliskan dengan jelas nama toko serta barang atau layanan yang kamu tawarkan. Alih-alih hanya menulis “TOKO STAR”, tulislah “AGEN PULSA DAN TOKEN STAR” agar memudahkan calon pelangganmu.

Jual Produk yang Tepat

Ketika memutuskan akan membuka warung, kamu mungkin bertanya-tanya produk apa saja yang sebaiknya tersedia di warungmu. Apakah sembako saja sudah cukup? Bagaimana dengan produk digital seperti pulsa atau token listrik? Untuk mengetahui produk apa saja yang sebaiknya kamu jual, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu.

Presentasikan Produk dan Warungmu dengan Baik

Jika kamu diberi dua pilihan: belanja di warung dengan barang-barang yang berantakan dan tidak disusun sesuai kategori atau warung dengan produk yang tertata apik, mana yang akan kamu pilih? Jawabannya, tentu yang kedua, bukan?

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu ingin menarik lebih banyak pelanggan datang ke tokomu. Selain menata barang-barang dengan rapi, buat kategori untuk masing-masing produk agar pelanggan mudah menemukannya. Pertimbangkan untuk menggunakan rak pajangan tiga tingkat agar posisi produk lebih tinggi dan mudah dilihat.

Gunakan Lampu yang Terang

Selain penataan produk, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah memasang lampu yang terang. Lampu yang terang tidak hanya akan membuat toko terlihat menarik di malam hari tapi juga memudahkan pelanggan melihat dan menemukan barang-barang yang ada di dalamnya. Suasana yang didukung lampu terang juga akan meningkatkan mood dan membangun suasana di dalam tokomu.

Pasang Harga dengan Cermat

Mengundang banyak orang untuk masuk ke toko kamu memang penting. Namun, tujuan utamanya tentu tetap untuk menjual produk dan mendapatkan keuntungan. Karena itu, pastikan kamu memasang harga jual yang kompetitif sesuai dengan jenis dan merek yang ditawarkan.

Membuat label harga bisa menjadi cara yang ampuh memudahkan pelanggan mengetahui perkiraan jumlah uang yang harus mereka bayar. Jika memungkinkan, kamu juga dapat memberikan diskon atau penawaran khusus.

Layani dengan Senyuman

Kalau kamu pernah punya pengalaman batal berbelanja karena pegawai toko yang kamu kunjungi bermuka masam, jadikan itu sebagai pengalaman. Pasalnya, tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi seorang konsumen selain disambut dengan senyuman.

Pelayanan yang ramah tidak hanya akan membuat tokomu lebih menonjol di antara kompetitor tetapi juga akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman berada di dalamnya. Makin nyaman, makin lama mereka akan berkunjung dan tentu saja peluang berbelanja akan makin besar.

Sediakan Opsi Pembayaran Digital

Saat ini, penggunaan pembayaran digital di kalangan masyarakat makin meningkat pesat. Meskipun masih berskala kecil, menyediakan opsi pembayaran digital bisa jadi cara ampuh meningkatkan pengunjung warungmu. Ottopay lewat QRIS siap membantumu menyediakan pilihan pembayaran nontunai.

Butuh tambahan produk dagangan tetapi tidak punya modal besar dan tempat tambahan? OttoPay juga punya solusinya untukmu. Beragam produk digital OttoPay seperti pulsa, voucher, hingga token listrik bisa mulai kamu jual di warungmu. Install aplikasinya dan daftarkan warungmu sekarang juga di sini!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: