Jenis-Jenis Disbursement yang Perlu Anda Ketahui

30 Januari 2024

Dalam masyarakat awal, proses pembayaran dikenal sebagai payment. Namun, tahukah Kamu jika istilah pembayaran dalam dunia bisnis dikenal sebagai disbursement? Pengertiannya merujuk pada  pencairan dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan dari rekening tertentu secara lebih cepat. 

Meskipun sekilas sama, pembayaran atau payment memiliki konteks yang berbeda dari disbursement atau pencairan dana. Istilah payment merujuk pada perpindahan dari pelanggan ke penjual. Sementara itu, disbursement merupakan aliran uang dari perusahaan ke penerima manfaat seperti karyawan atau pekerja lepas. 

Dalam pelaksanaanya, disbursement memiliki beragam jenis. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Jenis Disbursement
Sumber : Envato

Cash Disbursement 

Cash disbursement merupakan jenis pencairan dana yang dilakukan secara cash atau tunai. Misalnya saat perusahaan melakukan pelunasan tagihan karyawan yang akan melakukan perjalanan bisnis. Proses pembayaran ini biasanya hanya melibatkan nominal dana yang kecil serta dapat dilakukan secara cepat. Bagi karyawan yang ingin melakukan reimburse dengan nominal yang besar, proses ini tetap dapat dilakukan namun akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Pencairan dana tunai dapat dilakukan dengan uang kertas atau koin, cek , atau transfer dana elektronik. Jika pembayaran dilakukan dengan cek, biasanya terjadi penundaan beberapa hari sebelum dana bisa ditarik dari rekening giro perusahaan. Pembayaran tunai harus dicatat dalam  cash disbursement journal

Cash Disbursement Journal

Sesuai namanya, jenis disbursement yang kedua ini merupakan dokumen atau jurnal tempat pencatatan seluruh transaksi cash disbursement atau pembayaran tunai. Jurnal arus kas ini umumnya dibuat oleh para staff keuangan menggunakan Microsoft Excel atau aplikasi pembuatan laporan keuangan lainnya.

Saat melakukan pencatatan dalam jurnal ada beberapa item yang harus dimasukkan. Mulai  dari tanggal pencairan, nama penerima pembayaran, jumlah dana yang didebet dan dikredit,  metode pencairan serta tujuan pencairan. 

Fungsi cash disbursement journal ternyata tidak saja mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Kamu juga bisa memanfaatkanya dalam pembuatan disbursement plan untuk rencana anggaran di masa depan. 

Misalnya, jika ada event penting di bulan depan, Kamu bisa membuat rencana pengeluaran merujuk pada pengeluaran di event yang pernah dilakukan. Hal ini sangat membantu perusahaan untuk menyediakan besar anggaran yang sesuai serta memangkas komponen biaya yang tidak diperlukan. 

Cash Recipient Journal 

Jenis disbursement yang ketiga adalah cash recipient journal. Berbeda dengan cash disbursement journal, jurnal ini dimanfaatkan untuk pencatatan transaksi keuangan yang menjadi penerimaan bagi kas perusahaan. Pembuatan jurnal ini sangat penting karena dapat membantu Kamu melacak semua uang tunai yang diterima selama periode tertentu serta membantu melacak piutang dagang yang masih tersisa. 

Umumnya, terdapat tiga hal yang dicatat dalam cash recipient journal di dalam perusahaan yaitu: 

Receipt of Cash from Cash Sales

Merupakan pencatatan semua kas yang diterima dari penjualan tunai barang dan jasa kepada pelanggan. 

Receipt of Cash from Credit Customers

Adalah pencatatan semua uang tunai k setelah melakukan penjualan kredit kepada pelanggan.

Receipt of Cash from Other Sources

Merupakan jenis penerimaan kas dari sumber lainnya lainnya seperti bunga bank, penjualan aset non-persediaan serta penjualan aset tetap. 

Demikianlah jenis-jenis disbursement yang ada dalam dunia bisnis. Pengetahuan ini sangat penting agar Kamu bisa melakukan pengelolaan keuangan perusahan dengan lebih baik. 

Untuk membantu mengembangkan bisnis, Kamu bisa menggunakan layanan dari OttoPay Bisnis. Tersedia layanan Payment Gateway yang membantu Kamu melakukan disbursement melalui lebih dari 50 channel pembayaran. Karena telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan lisensi PCI DSS, Payment Gateway dari OttoPay menjamin proses transaksi anda lancar dan aman.

Selain itu, Kamu juga bisa menikmati fitur EDC, QRIS, Dashboard, POS dan Vending Machine. Jadi jangan tunda lagi. Segera akses laman OttoPay dan lakukan pendaftaran menjadi mitra bisnis.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: