7 Cara Membuat Desain Buku Menu, Anti Ribet

29 Januari 2024

Membuka bisnis kuliner harus mempersiapkan banyak hal, salah satunya membuat desain buku menu. Fungsi buku menu tak lain untuk menampilkan informasi tentang makanan dan minuman yang kamu sajikan. Berbekal buku menu, pengunjung bisa memilih dan memesan apa yang kamu tawarkan lewat daftar tersebut.

Namun, apakah ada cara mudah membuat desain buku menu? Simak penjelasan berikut.

Mudahnya membuat desain buku menu

Desain Buku Menu
Sumber : Envato

Dahulu menyusun dan merancang desain buku menu melibatkan jasa desainer grafis. Belum lagi urusan foto makanan, kamu mesti menggunakan jasa fotografer dan food stylist jika ingin hasil maksimal dan berkelas.

Masalahnya, tidak semua pelaku bisnis kuliner dapat mengalokasikan dana khusus untuk membuat buku menu. Sebagian besar memilih untuk menuliskan menu dengan cara simpel: cukup dicetak di kertas atau karton lalu dilaminasi. Well, meski menu sederhana seperti ini cukup informatif, tetapi tak selalu mampu menarik perhatian atau melahirkan kesan positif di benak pengunjung.

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa memanfaatkan beberapa cara sederhana bikin buku menu dengan mudah dan cepat. Bahkan, kamu dapat memperoleh buku menu bak hasil karya desainer profesional. 

Cara Membuat Desain Buku Menu

Desain Buku Menu
Sumber : Envato

Berkat teknologi digital masa kini, membuat desain buku menu secara sederhana pun bisa dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain untuk bikin desain buku menu sendiri, cukup memakai template yang telah tersedia dan dipersonalisasi sesuai keinginan. Ini dia 7 cara membuat desain buku menu yang bisa kamu coba.

1. Canva

Aplikasi desain berbasis web ini menyediakan banyak template gratis dan berbayar untuk bikin desain buku menu secara mudah dan cepat. Kamu bisa menyesuaikannya template tersebut dengan citra brand dan gaya restoran yang ingin ditonjolkan. Agar buku menu tampil lebih menarik secara visual, kamu bisa menambahkan foto, elemen dekoratif, atau teks. 

2. Microsoft Word

Ya, Microsoft Word memang program pengolah kata, tetapi kamu bisa bikin desain buku menu sederhana lho. Kalau sedang terhubung internet, Word menawarkan beberapa template menu simpel. Kamu tinggal mengubahnya dengan menambah gambar, bentuk, atau mengganti jenis huruf. Tentu Word tidak sekomprehensif aplikasi desain grafis, tetapi cukup ramah untuk pemula.

3. iMenuPro

Aplikasi berbasis web ini disiapkan untuk merancang dan mencetak menu seperti profesional. Berbagai template buku menu dengan desain berbeda sudah tersedia. Kamu bisa menyesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan, atau mengatur ulang layout serta menambah foto makanan untuk tampilan lebih menarik.

4. MustHaveMenus

MustHaveMenus menawarkan lebih dari 20.000 template karya desainer yang ideal untuk semua jenis restoran. Bukan cuma desain buku menu versi konvensional, tetapi juga contactless menu yang bisa dilihat di smartphone, digital signage, hingga menghubungkan menu dengan QR code. Mudah digunakan dan bisa memberi tampilan profesional pada menu kamu.

5. Flipsnack

Flipsnack merupakan platform desain online yang membantu kamu menciptakan buku menu digital interaktif. Kamu bisa mengunggah gambar, menambah teks, dan mengatur layout dalam beberapa klik saja. Fitur animasi dan efek transisi yang ditawarkan Flipsnack mengusung pengalaman berbeda saat membaca buku menu. 

6. Marq (d/h Lucidpress)

Marq, yang sebelumnya bernama Lucidpress, mempermudah kamu membuat desain buku menu digital atau cetak. Dengan ratusan template buatan desainer profesional, kamu cukup drag-and-drop gambar dan elemen yang dibutuhkan. Marq membantu kamu menyiapkan semua media promosi dengan gaya dan tema selaras dalam satu platform.

7. Fotojet

Terakhir, ada Fotojet, aplikasi desain grafis berbasis web yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat buku menu. Dengan template profesional dari berbagai sumber, kamu bisa merancang buku menu maupun media promosi restoran lainnya di Fotojet. Cukup dalam beberapa klik, buku menu kamu selesai bak karya desainer pro. Ada fitur Photo Editor juga untuk memaksimalkan kualitas foto yang kamu tambahkan. 

Itulah 7 cara membuat desain buku menu yang sederhana lewat aplikasi desain grafis online. Kamu bisa mengutak-atik sendiri dan menemukan mana gaya yang sesuai citra brand bisnis kulinermu. 

Setelah menu tertangani, jangan lupa untuk mempercayakan urusan pembayaran pelanggan pada EDC OttoPay. Cukup sediakan satu mesin EDC, kamu bebas menerima transaksi apa pun, seperti QRIS, kartu debit, dan kartu kredit. 

Yuk, layani kebutuhan semua pelanggan dengan mudah dan praktis bersama OttoPay Bisnis!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: