Kelebihan Sistem Pembayaran QRIS untuk Pelaku Bisnis

20 Maret 2023
Sistem Pembayaran QRIS

Sistem pembayaran yang modern dan praktis menjadi kebutuhan penting dalam dunia bisnis. Salah satu contohnya adalah sistem pembayaran QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard yang kini populer di kalangan pebisnis tanah air. 

QRIS sendiri merupakan sistem pembayaran yang praktis, hasil pengembangan Bank Indonesia (BI) bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, kamu bisa menerima pembayaran dari para pelanggan cukup dengan menggunakan kode QR. 

Sistem Pembayaran QRIS
Sumber : Envato

Kelebihan Sistem Pembayaran QRIS

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu menggunakan layanan pembayaran QRIS? Terlebih lagi, saat ini sudah ada banyak pilihan metode pembayaran modern, misalnya menggunakan EDC, internet banking, mobile banking, serta e-wallet. Lalu, mengapa harus memakai QRIS? 

Ada lima kelebihan yang membuat kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem pembayaran QRIS, yakni: 

1. Proses Transaksi yang Praktis dan Cepat

Kelebihan pertama yang bisa kamu peroleh dari layanan pembayaran QRIS adalah kemudahan dalam menyelesaikan transaksi. Pelanggan hanya perlu memindai kode QR menggunakan aplikasi pembayaran di smartphone.

Dengan metode pembayaran yang praktis tersebut, penyelesaian transaksi dapat berlangsung sangat singkat. Kamu bisa menghindari adanya antrean panjang yang dapat terjadi akibat lamanya pelayanan oleh petugas kasir.  

2. Pilihan Cara Pembayaran yang Beragam

Ketika menggunakan sistem pembayaran QRIS, kamu dapat melayani pembayaran nontunai dalam bentuk apa pun. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menerima pembayaran melalui layanan mobile banking, dompet elektronik, ataupun uang elektronik. 

Baca juga: Jangan Lengah! Ini 8 Tips Aman Transaksi Non Tunai

Menariknya lagi, kamu bisa menyediakan layanan pembayaran universal ini secara praktis. Kamu tak perlu menginstal berbagai jenis aplikasi pembayaran untuk melakukannya. Sebagai gantinya, semua itu bisa kamu layani cukup menggunakan QRIS. 

Karena sifatnya yang universal tersebut, QRIS dapat membantu kamu dalam meningkatkan omzet penjualan. Lewat QRIS, konsumen dapat menyelesaikan transaksi dengan nyaman. Mereka punya kebebasan dalam menentukan pilihan cara pembayaran. 

3. Mempermudah Sistem Pencatatan Transaksi

Pemakaian QRIS membantu kamu dalam menyusun laporan keuangan usaha. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah karena QRIS mencatat setiap transaksi yang telah berlangsung. Data history transaksi memiliki manfaat penting dalam bisnis, berguna untuk memantau, melakukan analisis, serta menentukan strategi di masa mendatang. 

4. Menghemat Biaya Operasional

Sistem pembayaran QRIS dapat pula memberi manfaat dalam menghemat biaya operasional perusahaan. Ketika menggunakan QRIS, kamu tak perlu repot dalam menyiapkan uang receh untuk kembalian. Selain itu, kamu bisa pula meminimalkan risiko terjadinya kerugian akibat pembayaran menggunakan uang palsu oleh konsumen. 

Baca juga: Waspada Uang Palsu, Ini Cara Mendeteksinya! 

Di waktu yang sama, QRIS meminimalkan terjadinya praktik kecurangan dari para karyawan. Sistem QRIS akan melakukan pencatatan untuk setiap transaksi yang berlangsung. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh keuntungan yang lebih maksimal dari aktivitas bisnis.

5. Keamanan Data Terjamin

Manfaat terakhir adalah terkait keamanan data. QRIS menggunakan sistem keamanan data yang berstandar internasional. Dengan begitu, data transaksi yang kamu lakukan tidak akan mudah bocor atau berpindah tangan ke pihak lain yang tak berkepentingan. 

Sistem pengawasan terhadap QRIS berlangsung ketat. Terlebih lagi, QRIS menggunakan sistem satu pintu yang memudahkan pihak regulator dalam melakukan pengawasan. 

Dengan berbagai kelebihan tersebut, sayang kalau kamu tak memanfaatkannya, bukan? Belum lagi, cara mendapatkan manfaat dari sistem pembayaran QRIS sangat mudah. Kamu bisa mulai memperoleh manfaat tersebut dengan menggunakan aplikasi OttoPay. 

OttoPay menyediakan fasilitas pembayaran berbasis QRIS yang modern kepada siapa saja. Bersama OttoPay, kamu dapat memberi pelayanan yang modern dan nyaman kepada konsumen. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pencatatan yang rapi secara digital.

Yuk, segera manfaatkan berbagai kemudahan sistem pembayaran QRIS dengan OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: