Waspada Uang Palsu, Ini Cara Mendeteksinya!

08/24/2022
Uang 5 ribu

Sumber : Envato

Setiap usaha yang kita lakukan di dunia ini pasti memiliki risiko, begitu pula dengan bisnis toko atau tempat makanan. Salah satu risiko yang cukup merugikan adalah mendapatkan pembayaran dalam bentuk uang palsu. Bukan hanya tidak sah untuk digunakan sebagai alat pembayaran, uang semacam ini juga akan merugikan orang lain jika sampai terlewat dan menjadi kembalian pelanggan lain. 

Untuk mengantisipasi masuknya uang palsu ke laci kasir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan mulai dari cara manual hingga yang menggunakan alat. Berikut Ottopay rangkumkan beberapa cara mengetahui uang palsu yang cukup efektif.

Sumber : IDXchannel.com

Dilihat, Diraba, Diterawang

Dilihat, diraba, diterawang merupakan slogan kampanye pencegahan peredaran uang palsu. Bukan slogan biasa, langkah yang disebutkan itu memang dinilai cukup efektif untuk mengetahui apa uang yang diterima palsu atau tidak. Langkah pertama adalah dilihat.

Dilihat maksudnya, secara fisik baik dari warna, ukuran, ataupun gambar uang yang kita terima tidak ada perbedaan mencolok dari uang asli. Misalnya, warna lebih terang, bentuk lebih besar, atau tekstur permukaan agak kasar. Hal ini tidak berlaku untuk uang yang lecek atau kusut ya.

Meskipun kusut, uang asli tetap memiliki ukuran dan warna yang sama dengan uang lainnya. Jadi ketika dilihat saja sudah tampak ada yang janggal dan berbeda dari sebuah uang, sebaiknya lakukan langkah berikutnya yaitu diraba. Salah satu ciri khas uang yang beredar di Indonesia adalah adanya pita.

Keberadaan pita pada uang asli bisa terlihat secara kasat mata, bisa juga terasa ketika diraba. Jika ketika diraba uang tersebut memiliki pita, maka bisa dipastikan bahwa uang itu bukanlah uang palsu. Apabila masih ragu, lakukan langkah terakhir yaitu diterawang.

Selain pita, ciri khas lain uang kertas yang beredar di Indonesia adalah adanya gambar air. Gambar ini baru terlihat ketika uang diterawang di bawah cahaya. Gambar air tidak bisa dipalsukan. Jadi apabila uang tersebut memiliki gambar air maka keasliannya terjamin.

Gunakan Alat atau Aplikasi Pendeteksi

Selain cara manual, kamu juga bisa menggunakan cara mengecek uang palsu yang lebih canggih yaitu dengan menggunakan alat atau aplikasi. Alat yang dibutuhkan nisa kita dapatkan dengan mudah di toko atau distributor ATK. Alat ini biasanya berupa mesin infrared yang membantu kita mendeteksi pita dan gambar air pada uang asli tanpa diraba atau diterawang.

Selain menggunakan alat khusus, uang abal-abal juga dapat dideteksi menggunakan aplikasi. Ya, saat ini ada banyak sekali aplikasi pendeteksi uang yang bisa diperoleh dan dipasang di smartphone kamu. Namun kita masih perlu hati-hati dalam memilih aplikasi.

Alih-alih bisa mendeteksi uang palsu, jika diunduh dari platform tidak kredibel ada kemungkinan aplikasi juga membawa virus yang berbahaya untuk smartphone. Jadi pastikan untuk mengunduh aplikasi di platform resmi seperti Play Store, Apple Store, atau Microsoft Store, ya.

Gunakan Metode Pembayaran QRIS

Supaya lebih aman lagi, sediakan metode pembayaran nontunai di tempat usaha sehingga kemungkinan adanya uang palsu dapat diminimalisasi. Salah satu metode pembayaran nontunai yang mudah diperoleh dan cukup praktis adalah QRIS. QRIS merupakan mode pembayaran melalui bank memanfaatkan kode QR yang bisa di-scan oleh pelanggan. 

Untuk bisa mendapatkan QR Code, kamu bisa memanfaatkan jasa Ottopay. Caranya cukup mudah. Kunjungi situs resmi Ottopay, hubungi CS, lalu isi form sehingga kita bisa dihubungi melalui email. Setelah terhubung dengan CS, sampaikan keinginan untuk menggunakan QRIS Ottopay.

Sebagai informasi, proses pendaftaran QRIS Ottopay cukup mudah dan gratis. Jadi setelah terhubung dengan CS, proses untuk mendapatkan kode QR tidak terlalu lama dan bisa langsung digunakan di toko atau tempat usaha. Cara kerja QRIS pun cukup efisien.

Pelanggan hanya perlu men-scan QR Code lalu memasukkan jumlah pembayaran. Setelah setuju, uang langsung masuk ke rekening tempat usaha tanpa harus menunggu lama. Jadi bisa dipastikan, bisnis akan terhindar dari uang palsu yang merugikan.

Itulah beberapa cara mendeteksi uang abal-abal yang bisa kita lakukan. Kamu bisa menggunakan layanan QRIS OttoPay supaya bisnis berkembang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: