Pembayaran dari Mana Saja yang Bisa Diterima QRIS?

30 Mei 2023
QRIS

Beberapa tahun belakangan, QRIS merupakan salah satu metode pembayaran cashless yang populer di masyarakat. Buktinya, banyak merchant UMKM yang memajang QR Code QRIS untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin melakukan pembayaran secara cashless. 

Sebagai pemilik bisnis, mungkin kamu jadi tergelitik untuk ikutan memasang QRIS di bisnismu. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu QRIS dan pembayaran dari mana saja yang diterima dengan QRIS. 

Nah, artikel berikut ini akan memberikan informasi-informasi tersebut untuk kamu. Yuk, pelajari selengkapnya!

Bisnis Jual Pulsa
Sumber : Envato

Mengenal Apa Itu QRIS

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Kalau dilihat dari singkatannya saja, kamu bisa mengetahui bahwa QRIS merupakan standar QR code yang dibuat untuk digunakan dalam skala nasional. 

Memangnya, apa sih tujuan dari QRIS? Dilansir dari laman Bank Indonesia, QRIS merupakan penyatuan dari beragam QR code Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP, misalnya seperti e-Wallet dan mobile banking app). QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi cashless.

Sebelum ada QRIS, masing-masing merchant perlu menjejerkan beragam QR code dari tiap PJSP supaya pembeli bisa memilih QR code yang sesuai dengan PJSP yang digunakan. 

Tidak hanya ribet, pembayaran cashless mungkin saja di-cancel hanya karena pelanggan tidak memiliki dompet digital yang QR code-nya disediakan di lokasi bisnis.

Di sinilah, Bank Indonesia membuat terobosan berupa standardisasi QR code yang berlaku nasional, yaitu QRIS. QRIS hadir untuk membuat QR code yang bisa di-scan menggunakan aplikasi PJSP mana pun. Hasilnya sudah bisa kamu lihat sendiri, bukan? QR code QRIS bisa menerima pembayaran dari PJSP apa pun tanpa perlu ribet mencocokkan QR code seperti dulu.

QRIS Bisa Terima Pembayaran dari Mana Saja, Benarkah?

Betul sekali! QR code QRIS bisa kamu gunakan untuk menerima pembayaran dari aplikasi PJSP apa saja selama PJSP tersebut sudah mendapatkan izin operasional dari Bank Indonesia. 

Bentuk PJSP yang saat ini banyak digunakan masyarakat ada dua macam, yaitu dompet digital (e-Wallet) serta mobile banking app.  Biasanya, aplikasi e-Wallet atau mobile banking memiliki fitur tersendiri untuk scan QRIS

Nah, sebagai pelaku bisnis, kamu cukup daftar QRIS, mencetak QR code QRIS, lalu memajangnya di lokasi bisnismu. Dengan demikian, ketika ada pembeli ingin melakukan pembayaran secara cashless, mereka hanya perlu melakukan scan QR code yang dipajang di tempatmu. Mudah bukan?

Manfaat QRIS Buat Kamu

Apa saja sih manfaat QRIS bagi para pelaku bisnis? Manfaatnya ada banyak, lho. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Penjualan bisa mengalami peningkatan

Dengan memberikan fasilitas pembayaran cashless untuk pelanggan, penjualan bisnis kamu bisa meningkat karena metode pembayaran jadi mudah. 

2. Lebih praktis

Karena hanya menggunakan satu QR code untuk semua PJSP, kamu tidak perlu mencetak QR code tiap aplikasi tersebut. Antiribet!

3. Menghindari uang palsu

Karena pembayaran dilakukan secara cashless, kamu tidak perlu takut rugi ketika ada uang palsu yang digunakan dalam transaksi.

4. Tidak perlu menyediakan uang kembalian

Selain tidak perlu khawatir karena uang palsu, kamu juga tidak perlu menyediakan uang kembalian. Sebab, pembayarannya cashless, bukan?

5. Transaksi tercatat secara otomatis

Setiap transaksi cashless yang masuk akan langsung tercatat di sistem. Kamu jadi tidak perlu lagi ribet-ribet membuat laporan penjualan!

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan QRIS untuk Usaha Rumahan?

6. Meningkatkan branding sebagai brand yang kekinian

Branding merupakan salah satu aspek penting untuk kesuksesan bisnis. Nah, dengan memasang QRIS, bisnis kamu seakan memberikan kesan kekinian karena sudah bisa menerima pembayaran secara cashless.

7. Memisahkan uang untuk kebutuhan usaha dan kebutuhan personal

Secara tidak langsung, penggunaan QRIS bisa membantu untuk memisahkan uang untuk kebutuhan usaha serta kebutuhan personal. Uang yang masuk ke akun QRIS bisa digunakan kembali untuk usaha. Tidak perlu lagi memisahkan uang secara manual.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu masih ragu untuk mendaftar QRIS? Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, rasanya sayang jika kamu tidak memanfaatkan dengan baik metode pembayaran yang satu ini.

Cara daftar QRIS sebenarnya sangat mudah, kok. Kamu hanya perlu mendaftarkan usahamu secara online, melakukan pembayaran, dan QR code QRIS pun bisa didapatkan dalam waktu beberapa hari kerja saja.

Kalau kamu ingin membuka bisnis yang sudah terintegrasi dengan QRIS, menjadi mitra OttoPay bisa kamu coba. Mitra OttoPay tak perlu lagi mendaftar QRIS karena tim OttoPay yang akan mengurusnya. 

Penasaran bagaimana caranya menjadi Mitra OttoPay? Kamu bisa membaca penjelasannya di link berikut.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: