Mau Menghemat Biaya Belanja Bulanan? Ini Tipsnya!

10 Januari 2023
Belanja Bulanan

Menghemat biaya belanja bulanan dapat dilakukan dengan cara yang terbilang mudah. Mungkin pada awalnya terasa berat karena kamu harus menekan keinginan berbelanja secara berlebihan. Namun, ingatlah bahwa mengelola keuangan sangat penting untuk merancang masa depan finansial yang lebih baik. Ketika terjadi hal tidak diinginkan, kamu sudah mempunyai tabungan darurat.  

Catat! Ini Tips Menghemat Biaya Belanja Bulanan 

Belanja Bulanan
Sumber : Envato

Kalau kamu merasa sudah terlalu boros membelanjakan uang bulanan, berikut tips yang bisa diterapkan untuk menghemat anggaran belanja. 

Tulis Daftar Belanja 

Menulis daftar belanja sangat disarankan supaya tidak ada barang yang terlewat. Mencatat daftar belanja akan memudahkan kamu memperkirakan anggaran yang dibutuhkan. Atur daftar tersebut sesuai skala prioritas. Mulailah dengan mencatat barang paling penting hingga kurang penting. Pastikan menulis daftar tersebut secara detail lengkap dengan jumlah yang dibutuhkan.

Contoh:

  • Detergen cair 1 liter: 1 pcs
  • Pelembut pakaian 1.8 liter: 1 pcs
  • Kapas kecantikan 50 gram: 1 pcs
  • Minyak goreng 2 liter: 1 pcs
  • Mi goreng instan: 1 dus
  • Teh celup: 1 kotak

Cara tersebut efektif mengurangi keinginan untuk membeli barang yang sifatnya tidak begitu dibutuhkan dalam waktu dekat. Berbekal daftar belanja, kamu hanya akan membeli barang sesuai daftar. Selain menjadi lebih hemat, kemampuan kamu dalam mengatur dan mengelola keuangan akan meningkat.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

Tentukan Bujet 

Menentukan bujet sangat penting agar kamu dapat mengelola keuangan secara tepat sasaran. Selain itu, hal ini akan membantu kamu lebih fokus dan hemat ketika berbelanja. Alangkah lebih baik apabila bujet disesuaikan dengan daftar belanja yang telah dibuat. Apabila daftar belanja melebihi bujet, coret barang dengan skala prioritas rendah.

Untuk memudahkan kamu, bujet belanja bisa dibedakan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan pokok rumah tangga, belanja camilan makanan dan minuman, serta khusus self reward atau perayaan tertentu. Cara ini efektif mengurangi kebiasaan membeli barang yang kamu inginkan hanya karena tergoda. Selain itu, menentukan bujet belanja juga menekan penggunaan kartu kredit maupun paylater

Belanja di Pasar Tradisional 

Menghemat biaya belanja setiap bulan dapat dilakukan dengan membeli barang di pasar tradisional. Utamanya produk berupa sayuran segar, buah-buahan, olahan ikan dan daging, dan bumbu dapur. Dibandingkan supermarket atau mall, harga yang ditawarkan pedagang di pasar tradisional lebih murah. 

Berbeda dengan supermarket, di pasar tradisional kamu masih bisa menawar harga apabila membeli dalam jumlah besar. Selain menghemat bujet, secara tidak langsung kamu telah mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan sekaligus memprioritaskan produk lokal.

Baca juga: Langkah Praktis Memulai Usaha Jualan Online Sendiri

Manfaat Promo 

Memanfaatkan promo menarik juga dapat menghemat biaya belanja bulanan. Banyak pedagang atau merchant online yang menawarkan promo ketika Harbolnas, HUT RI, perayaan lebaran, Natal, dan tahun baru. Promo tersebut dapat berupa diskon pembelian, potongan harga grosir, voucher belanja, cashback, maupun gratis ongkos kirim.  

Belanja di OttoGrosir 

Satu lagi cara terbaik untuk menekan anggaran belanja, yakni membeli produk yang kamu butuhkan di OttoGrosir. OttoGrosir menawarkan kemudahan pembelian via aplikasi sehingga kamu tidak perlu keluar rumah. Cukup dengan ponsel, kamu bisa membeli beraneka jenis produk. 

Asyiknya lagi, kamu bisa mendapatkan bonus cashback dan gratis ongkos kirim. Lantaran harganya terjangkau, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai bisnis kecil-kecilan di rumah. 

Demikianlah sejumlah cara menghemat biaya belanja bulanan yang bisa kamu coba. Berbekal tips di atas, kamu akan lebih mudah mengatur keuangan sehingga mencegah terjadinya pemborosan anggaran. Bagi kamu yang ingin berbelanja bulanan lebih hemat dan praktis, jangan ragu memilih OttoGrosir dari OttoPay. Nikmati kemudahan belanja grosir harga bersaing dan bonus cashback setiap kali bertransaksi menggunakan OttoPay.

Apa lagi yang kamu tunggu? Ayo, instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: