5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

28 Februari 2023
mendapatkan modal usaha

Banyak pebisnis pemula yang mencari cara mendapatkan modal usaha. Pasalnya, bisnis tidak dapat dimulai tanpa modal usaha. Setelah memiliki ide dan merancang rencana bisnis, kamu harus memikirkan besaran anggaran yang dibutuhkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Namun, bukan perkara mudah untuk mencari modal usaha. Tak heran apabila hal inilah yang kerap menjadi masalah umum dan alasan terbesar orang-orang mengurungkan niatnya untuk berbisnis. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha? 

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Sumber : Envato

Cukup banyak cara memperoleh modal usaha sehingga kamu tak perlu merasa khawatir. Ketika satu cara tidak cocok, masih ada cara lain yang bisa kamu coba. Supaya lebih jelas, berikut sejumlah cara dapat modal usaha.

Gunakan Tabungan Pribadi 

Sebagian pebisnis menggunakan tabungan pribadi untuk mendanai usaha. Kamu tak perlu menghabiskan seluruh tabungan, cukup gunakan seperlunya saja sesuai rencana anggaran bisnis. Apabila belum memiliki tabungan, kamu bisa membuka rekening khusus untuk bisnis. Kumpulkan modal tersebut selama minimal 6 bulan kemudian kamu bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan usaha. 

Kendati menggunakan tabungan pribadi relatif aman karena tidak perlu meminjam modal pada orang lain atau bank, cara ini kurang cocok bagi kamu yang membutuhkan dana cepat. Apabila ingin menggunakan cara ini, disarankan untuk menabung sejak jauh hari sembari mulai merancang bisnis.

Pinjam Anggota Keluarga 

Cara mendapatkan modal usaha dalam waktu singkat adalah dengan meminjam pada anggota keluarga. Apabila dana yang dibutuhkan besar, kamu bisa meminjam dari beberapa orang dengan nominal sama. Meskipun hanya berlandaskan kepercayaan, pastikan kamu memberi jaminan kapan waktu pengembalian. 

Biasanya, durasi peminjaman dapat disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Tanpa kepastian jelas mengenai waktu pengembalian, kelangsungan hubungan kamu dengan orang-orang terdekat akan menjadi buruk dan renggang. Untuk menjaga kepercayaan anggota keluarga, pastikan kamu mengembalikan pinjaman dana sesuai jatuh tempo.

Memanfaatkan KUR dan KTA 

Selain menggunakan tabungan pribadi dan meminjam ke anggota keluarga, kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). KUR merupakan skema pembiayaan modal untuk UMKM dan koperasi. Kamu diperbolehkan meminjam modal hingga Rp25 juta tanpa jaminan. 

KTA merupakan produk perbankan yang ditujukan untuk mengembangkan bisnis tanpa perlu memberikan jaminan. KTA bisa dijadikan solusi bagi kamu yang membutuhkan modal besar. Namun, perlu diingat bahwa KTA memiliki bunga relatif tinggi dibandingkan dengan KUR. Limit kredit yang tersedia juga terbatas, hanya mencapai Rp200 juta dengan durasi yang relatif singkat.  

Mengajukan Dana Talangan 

Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah dengan mengajukan Dana Talangan. Dana Talangan menawarkan kemudahan pinjaman modal usaha skala UMKM. Nominal yang dapat kamu pinjam mencapai Rp25 juta dengan tenor 14 hingga 30 hari. Bekerja sama dengan Bank Mandiri, Dana Talangan dapat diakses menggunakan aplikasi OttoPay. 

Asyiknya, pengajuan Dana Talangan tergolong mudah lantaran tidak memerlukan banyak dokumen untuk administrasi. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses pengajuan Dana Talangan sekitar 3 hari jika semua syarat dan dokumennya yang dibutuhkan sudah lengkap. Modal pinjaman melalui fitur ini juga tidak membutuhkan jaminan dan tidak mengurangi aset peminjam. 

Menjual Aset 

Satu lagi cara mendapatkan modal usaha, yakni menjual aset yang kamu miliki. Perlu dicatat bahwa cara ini disarankan bagi kamu mempunyai lebih dari satu aset, seperti tanah, kendaraan bermotor, atau perhiasan. Kamu bisa menjual salah satu aset tersebut dan menggunakannya untuk memulai bisnis. Sebelum menjual aset, perhatikan harga jual pasaran untuk meminimalisir kerugian. 

Demikianlah sejumlah cara mendapatkan modal usaha yang bisa kamu coba. Berbekal tips tersebut, kamu tak perlu ragu untuk memulai bisnis. Apabila membutuhkan tambahan modal, OttoPay menyediakan Dana Talangan dengan proses pengajuan cepat. Tertarik? Ayo, segera hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: