3 Game Mobile Terfavorit di 2022, Gamer Wajib Tahu!

25 Februari 2023
Game Terfavorit

Tidak bisa dimungkiri bahwa game mobile telah merajai pasar game di Indonesia. Khususnya game bergenre RPG yang selalu diminati oleh para gamer Indonesia. Dari ratusan ribu game khusus mobile yang hadir di Indonesia, ada tiga yang cukup digemari masyarakat pada tahun 2022. Penasaran apa saja game yang dimaksud? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Free Fire

Game Mobile
Sumber : Teknodaim

Peringkat pertama game terfavorit pada 2022 diduduki oleh Free Fire. Game ini memang kerap dibanding-bandingkan dengan game buatan LightSpeed & Quantum Studio, PUBG Mobile. Free Fire bahkan mendapat julukan game burik karena grafisnya dianggap kurang bagus. Meski begitu, Free Fire tetap berhasil memuncaki daftar game paling digemari di Tanah Air.

Kualitas grafis Free Fire yang pas-pasan justru membuat game ini tidak berat untuk dimainkan. Tentunya, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mobile gamer Indonesia yang sebagian besar masih menggunakan smartphone “spek kentang”.  

Free Fire memiliki gameplay berdurasi sekitar 10 menit. Satu kali permainan bisa dimainkan oleh 50 pemain. Memang lebih sedikit dibanding PUBG. Namun, hal inilah yang justru membuat game mobile ini menjadi lebih ringan.

Per September 2022, Free Fire telah diunduh lebih dari 1 miliar di Play Store. Angka tersebut membuat game besutan 111dots Studio ini menempati posisi pertama sebagai game battle royale paling laris. 

Mobile Legends: Bang Bang

Game Mobile

Siapa sih yang tidak mengenal Mobile Legends? Game MOBA asal Tiongkok tersebut termasuk salah satu yang terfavorit di 2022, bahkan sejak awal perilisannya pun game ini langsung menarik banyak perhatian. Selain karena trik pemasarannya yang efektif, Mobile Legends menawarkan gameplay yang relatif mudah dimainkan oleh siapa saja. 

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memahami cara mainnya. Tidak seperti game battle royale yang cenderung ribet, khususnya untuk gamer pemula. Di MOBA sejenis Mobile Legends, kamu hanya perlu menghafalkan skills dari masing-masing karakter. Sebab itulah game ini bisa dimainkan semua gamer dari berbagai usia maupun gender.

Menariknya, Mobile Legends memiliki beberapa karakter yang diadaptasi dari tokoh-tokoh legenda di Asia Tenggara, seperti Gatotkaca dan Kadita (Nyi Roro Kidul) dari Indonesia, Badang dari Malaysia, dan masih banyak lagi.

Hingga kini, Mobile Legends: Bang Bang telah diunduh 500 juta lebih di Play Store. Sementara di Indonesia, pemain aktif bulanan game ini telah mencapai 34 juta lebih. Sekitar 80% adalah pemain laki-laki dan 20% sisanya adalah perempuan. Jadi, wajar bila Mobile Legends masuk ke jajaran game mobile 2022 terfavorit, khususnya di Tanah Air.

PUBG Mobile

Game Mobile

Satu lagi game battle royale yang masuk dalam daftar game terfavorit 2022, yakni PUBG Mobile. Game saingan Free Fire tersebut menyuguhkan gameplay yang membuat para pecinta battle royale ingin memainkannya lagi dan lagi.  

PUBG Mobile merupakan versi mobile dari PlayerUnknown’s Battlegrounds yang merupakan pionir game battle royale di PC. Tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Versi mobile hanya dibuat lebih kompatibel untuk smartphone atau tablet. Selain itu, game mobile ini bisa diunduh secara gratis, tidak seperti versi PC yang harus dibeli melalui Steam.

PUBG Mobile mengusung konsep multiplayer yang berbeda dari yang lain. Dalam game ini, para pemain bisa menentukan sendiri anggota timnya. Peraturan multiplayer-nya juga relatif adil karena para pemain dipertemukan berdasarkan level mereka masing-masing.

Saat ini, PUBG Mobile sudah diunduh sebanyak lebih dari 500 juta kali di Play Store. Melansir SensorTower, PUBG Mobile juga termasuk game dengan pemain aktif bulanan terbanyak di dunia, yakni mencapai 100 juta pemain lebih.

Itu tadi game mobile terfavorit di 2022. Mana yang menurutmu menarik untuk dimainkan? Kalau kamu memang bukan pecinta game, kamu juga bisa lho meraup keuntungan dari para mobile gamer. Caranya dengan bergabung bersama OttoPay untuk menjual beragam voucher game. Menariknya, kamu bisa sering dapat cashback. Yuk, unduh aplikasi OttoPay sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: