Ini Dia 5 Cara Menarik Pelanggan agar Berkunjung ke Warung Kamu

24 Februari 2023
Menarik pelanggan warung

Pemilik warung mana pun pasti senang jika warungnya ramai dikunjungi. Pasalnya, dengan toko yang ramai, pendapatan pun pasti akan semakin besar. Bagi kamu yang buka warung sebagai usaha tambahan, profit warung yang ramai mungkin saja akan mampu menandingi pendapatan utama kamu, lho! Maka dari itu, tak heran jika banyak orang penasaran bagaimana cara menarik pelanggan yang ampuh. 

Kali ini, OttoPay akan membahas cara yang bisa kamu terapkan supaya warung kamu ramai pembeli. Kita bahas satu per satu, yuk! 

Cara Menarik Pelanggan Datang ke Warung

Warung atau toko kelontong memang merupakan usaha yang banyak saingannya. Tak heran jika banyak orang berpikir membuka usaha ini hanya mendatangkan profit kecil.

Jangan salah, jika kamu tahu bagaimana cara menarik pelanggan, usaha ini dapat mendatangkan pundi-pundi uang dalam jumlah yang besar juga, lho. Maka dari itu, coba intip beberapa cara menarik pelanggan agar membeli produk kita berikut.

  • Pasang spanduk

Strategi menarik pelanggan yang satu ini cukup simpel dan bisa dibilang murah. Spanduk ini bisa kamu gunakan sebagai media marketing meski sifatnya pasif. 

Meski pasif, kamu tetap bisa mengandalkan spanduk untuk mengundang pelanggan, lho. Dengan spanduk, warga sekitar dan orang yang sekadar lewat depan warungmu bisa tahu keberadaan usaha warung/toko kelontongmu. 

  • Perbanyak jenis dan stok barang

Cara menarik pelanggan selanjutnya adalah memperbanyak jenis barang. Dengan memperbanyak jenis dan stok barang, kamu bisa menjadikan tokomu selayaknya toko one-stop shopping. Artinya, pelanggan tidak perlu lagi kemana-mana untuk mencari barang—semua yang dibutuhkan ada di warung/tokomu!

Memang, sih, kamu akan memerlukan biaya ekstra sebagai modal berusaha. Akan tetapi, dengan memperbanyak jenis dan stok barang, kamu juga bisa mendapatkan omzet dan profit ekstra. 

Nah, agar kamu tidak boncos saat membeli stok barang, pastikan toko grosir yang kamu incar memang punya harga yang murah. Jika memungkinkan, kamu bisa memesan barang langsung dari distributornya.

Untuk memperbanyak jenis barang yang dijual, kamu juga bisa menjual produk digital  seperti token PLN, jasa bayar PLN/PDAM, pulsa HP, langganan internet, paket data HP, dll.

Terkait jualan produk digital, kamu bisa jadi mitra OttoPay tanpa perlu ribet. Dengan menjadi mitra OttoPay, kamu bisa mulai jualan berbagai produk digital sebagaimana telah disebutkan. Caranya mudah, kok. Kamu tinggal unduh aplikasinya dan ikuti prosedur untuk menjadi mitra OttoPay. 

  • Beri promo yang menarik

Siapa, sih, yang tidak suka dengan promo? Untuk warung/toko kelontong, ada banyak metode promosi yang sering dilakukan, misalnya seperti promo beli 2 gratis 1, potongan harga 20%, hadiah khusus untuk pembelian produk tertentu, dsb.

Biasanya, promosi dilakukan untuk inventaris yang bergerak lambat. Nah, kamu perlu pikirkan barang dan metode promosi apa yang pas untuk produk-produk yang ingin kamu jual cepat. Supaya tidak bingung, kamu bisa mempelajari hal ini dari retailer besar yang sudah punya best practices-nya tersendiri dalam menentukan strategi promosi. 

Selain memikirkan produk dan mekanisme apa yang kamu lakukan dalam promosi, penting juga untuk memperkirakan berapa lama promosi tersebut akan berlangsung. Ingat, jangan sampai kegiatan promosi justru membuatmu rugi, ya! 

  • Berikan pelayanan yang menyenangkan

Tahu, tidak, kalau pelayanan yang menyenangkan pelanggan bisa menjadi cara menarik pelanggan yang ampuh? Dikutip dari sebuah artikel Forbes, pelayanan pelanggan yang baik dapat menimbulkan rasa percaya pelanggan pada bisnis seseorang. Tentu hal ini tidak hanya berlaku di bisnis berskala besar saja. Bisnis berskala kecil seperti warung/toko kelontong pun juga perlu menerapkan hal ini. 

Pelayanan menyenangkan bagi pelanggan tidak hanya berkaitan dengan cara kita memperlakukan pelanggan semata. Harga yang sesuai, kebersihan toko, penataan barang yang rapi, dan bagaimana kamu menangani komplain juga termasuk ke dalam aspek yang perlu kamu pikirkan ketika menjalankan usaha warung.

  • Manfaatkan media marketing word of mouth

Apa itu media marketing word of mouth? Dalam bahasa Indonesia, word of mouth bisa disebut sebagai (kabar) dari mulut ke mulut. Sehingga, media marketing word of mouth bisa digambarkan sebagai media marketing dari mulut ke mulut.

Meski saat ini apapun sudah mengandalkan internet, media marketing yang satu ini terbilang masih cukup efektif—apalagi untuk bisnis warung/toko kelontong seperti yang kamu jalani. Selain mudah, metode marketing yang satu ini tak perlu biaya untuk melakukannya.

Nah, itu dia beberapa cara menarik pelanggan agar datang ke toko kamu. Selain memperbaiki pelayanan, kamu juga bisa menarik pelanggan dengan memperbanyak produk yang dijual. 

Kamu juga bisa menjual produk digital agar warung kamu makin next level. Caranya mudah, kamu bisa mulai dengan mengunduh OttoPay dan mendaftar sebagai mitra. 

Siap jadikan warung/toko kelontongmu semakin sukses? Mulai aja dulu dengan download OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: