Usaha Jualan PPOB, Ide Bisnis Cemerlang di Pedesaan

20 Januari 2023
Bisnis PPOB

Membuka bisnis digital seperti PPOB di pedesaan kini semakin potensial. Perluasan jaringan internet serta adanya program seperti desa digital semakin menambah potensi untuk memulai bisnis online dari rumah. Kamu bahkan bisa memulainya dari rumah!

Bisnis PPOB
Sumber : Envato

Alasan Bisnis PPOB di Pedesaan Bisa Untung 

Kenapa bisnis layanan pembelian produk digital potensial sebagai usaha di desa? Inilah beberapa alasannya.

1. Kebutuhan akan Produk Digital Semakin Luas 

Produk digital bukan monopoli penduduk perkotaan! Masyarakat desa banyak yang menggunakan ponsel dan internet untuk kebutuhan harian. Mulai dari pembayaran rutin, sarana kerja dan pendidikan, hingga kebutuhan transportasi, produk digital banyak digunakan di pedesaan.

2. Bisa Mulai dengan Modal Kecil

Kamu tidak perlu keluar uang puluhan juta untuk memulai bisnis. Paket usaha PPOB bisa kamu pilih sesuai dana yang dimiliki. Sifat bisnisnya fleksibel sehingga bisa kamu jadikan sampingan atau bisnis tambahan selain kerja utama.

3. Memudahkan Layanan Pembayaran bagi Penduduk 

Pembayaran digital kini semakin mudah berkat adanya ponsel, internet, dan variasi layanan dari bank. Mulai dari listrik PLN, air, telepon rumah, hingga BPJS dan cicilan motor, semua bisa dilakukan secara digital. Bisnis PPOB kamu bisa memudahkan kehidupan masyarakat setempat.

4. Berkontribusi bagi Kehidupan Masyarakat Desa 

Dengan bisnis PPOB, kamu bisa memberi kontribusi bagi masyarakat! Selain memudahkan kegiatan pembayaran rutin, kamu menyediakan sarana untuk membeli pulsa dan paket internet demi mendukung kegiatan belajar atau usaha. Kamu juga bisa membantu menyediakan kemudahan untuk memesan tiket seperti bus, kereta api, dan pesawat.

Baca juga: Hitungan Modal dan Estimasi Keuntungan Bulanan dari Bisnis Jual Pulsa

Calon Pelanggan Layanan PPOB di Pedesaan 

Salah satu strategi sukses dalam bisnis adalah memahami karakteristik pelangganmu agar bisa mendapatkan loyalitas mereka. Jika kamu ingin sukses dalam bisnis PPOB, pastikan kamu tahu siapa saja calon pembelimu. Inilah beberapa tipe pelanggan layanan pembayaran digital yang bisa kamu bidik.

Petani dan Peternak

Petani dan peternak masa kini banyak menggunakan produk digital untuk mendukung kerja mereka. Mulai dari komunikasi, mengetahui kabar terbaru, informasi terkait ternak dan tani, hingga mengunggah informasi terkait kegiatan mereka, produk digital punya banyak peran.

Siswa Sekolah dan Tenaga Pendidik

Sekolah masa kini banyak menggunakan internet dan produk digital dalam kegiatan belajar-mengajar. Siswa bisa mencari informasi, mengerjakan tugas, belajar tentang internet dan dunia digital, serta mengikuti ujian dan kegiatan lainnya. Tenaga pendidik juga menggunakan teknologi untuk kegiatan mereka, baik dalam hal riset, mengajar, maupun hal-hal administratif.

Pemilik Usaha

Pemilik usaha di pedesaan membutuhkan beragam produk digital untuk mendukung kegiatan mereka. Pemilik toko kelontong, usaha bahan bangunan, pengrajin, pemilik usaha makanan, hingga penjual produk pertanian bisa memanfaatkan layanan PPOB.

Staf Kantor dan Fasilitas Umum 

Daerah pedesaan juga memiliki fasilitas umum dan bangunan dinas pemerintah yang membutuhkan layanan digital. Mulai dari kantor lurah hingga bangunan usaha, orang-orang yang bekerja di sana membutuhkan layanan seperti internet, telepon, layanan pembelian tiket, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Jualan Pulsa

Cara Memulai Bisnis PPOB di Pedesaan

Ingin segera memulai usaha PPOB? Pastikan kamu bekerja sama dengan penyedia paket usaha tepercaya.

OttoPay adalah solusi UMKM digital yang menyediakan berbagai produk digital serta kesempatan bermitra. Salah satunya adalah sarana penyediaan usaha PPOB untuk usaha modal kecil. Kamu bisa langsung menyediakan layanan pembayaran digital untuk tagihan rutin (listrik, air), pembayaran asuransi dan BPJS, cicilan motor, pulsa, paket internet, dan pembelian tiket.

Dengan kemudahan transaksi serta promosi, OttoPay cocok untuk kamu jadikan sarana bisnis kecil digital. Aplikasinya mudah dikelola dan kamu bisa memulai usaha dari mana saja. OttoPay menawarkan kesempatan usaha bagi siapa saja tanpa memandang gelar atau latar belakang. 

Bisnis PPOB adalah salah satu usaha digital paling mudah dan menguntungkan yang bisa kamu mulai di daerah pedesaan. Mulailah bekerja sama dengan OttoPay untuk memulai usaha layanan penjualan produk digital di mana saja, termasuk di desa.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: