Jaringan Internet Lemot? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

18 Januari 2023
Jaringan Internet Lemot

Rasanya sangat menyebalkan ketika sedang diburu waktu untuk mencari suatu informasi secara online, tiba-tiba jaringan internet lambat bekerja. Seluruh pekerjaan jadi terhambat karena masalah jaringan ini. Mengapa jaringan internet bisa tiba-tiba lemot? Bagaimana cara mengatasi jaringan internet lemot ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Penyebab Jaringan Internet Lemot

Jaringan Internet Lemot
Sumber : Envato

Berikut beberapa penyebab yang paling sering terjadi ketika jaringan internet tiba-tiba lemot.

Area tidak terjangkau provider

Kekuatan sinyal jaringan internet dipengaruhi oleh jangkauan BTS dan faktor alam. Saat kamu berada di area pedalaman yang dikelilingi pepohonan besar, jangkauan jaringan provider menjadi terhalang. Terlebih ketika cuaca tidak mendukung. Sinyal internet menjadi lemah dan kekuatan jelajahnya berkurang.

Masalah pada sistem smartphone

Penyebab jaringan internet kedua ini yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone. Umumnya, kekuatan sinyal internet dalam kondisi bagus dan stabil. Namun, karena ponselnya yang bermasalah, daya tangkap terhadap sinyal internet tersebut jadi lemah.

Untuk memastikan hal ini, kamu bisa menghubungkan internet dengan beberapa perangkat berbeda, misal laptop, komputer, atau smartphone lain. Jika internet lemot hanya terjadi di ponsel kamu, sudah pasti masalahnya bukan pada jaringan internetnya.

Jumlah pengguna dalam satu wilayah terlalu banyak

Ketika kamu berada di wilayah dengan banyak jumlah pengguna provider yang sama, bisa dipastikan jaringan internet akan melambat. Hal ini terjadi karena banyak orang berebut jaringan internet.

Selain itu, kecepatan internet juga dibatasi oleh operator untuk mengatasi prioritas pendistribusian bandwidth.

Baca juga: Internet 5G di Indonesia Sudah Tersedia, Ini Harga Paket Datanya

Masalah pada browser

Internet lemot tidak selalu disebabkan oleh jaringan provider-nya. Bisa jadi koneksi lambat ini terjadi karena masalah pada browser yang kamu buka. Misal, ada error atau bug sistem. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan dengan membuka beberapa browser berbeda sekaligus.

Jika koneksi lambat hanya terjadi pada salah satu browser, bisa dipastikan masalah koneksi lemot berasal dari browser tersebut.

Cara Mengatasi Jaringan Internet Lemot

Setelah kamu mengetahui penyebab lemotnya jaringan internet, berikut ini cara mengatasi jaringan internet lemot yang dilansir dari CBCN.

Nyalakan ulang (reboot) ponsel, modem, atau router

Jika kamu menggunakan ponsel, cara pertama untuk mengatasi jaringan internet lemot adalah me-restart ponsel. Pada beberapa jenis smartphone, cara sederhana ini dapat membantu memulihkan kekuatan sinyal internet yang lemot.

Apabila menggunakan modem atau router, kamu bisa menyalakan ulang keduanya dengan mencabutnya dari sumber daya listrik dan menyambungkan daya kembali setelah beberapa saat. Umumnya, butuh waktu beberapa menit bagi provider untuk terhubung kembali dengan jaringan internet. Oleh karena itu, bersabarlah!

Putuskan koneksi dari beberapa perangkat

Cek perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet kamu. Jika ada banyak perangkat, wajar apabila koneksi internet jadi lambat. Terlebih jika perangkat-perangkat tersebut menggunakan koneksi internet untuk mengakses file besar atau menonton layanan streaming.

Untuk mengatasi jaringan internet lemot dengan kondisi ini, kamu perlu mengurangi jumlah perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet. Solusi lain jika tidak memungkinkan mengurangi jumlah perangkat yang terhubung, kamu bisa menaikkan paket internet dengan paket yang memiliki kecepatan lebih besar.

Cek kuota internet

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba cek kuota internet kamu. Jaringan internet yang tiba-tiba lemot, juga bisa disebabkan karena kuota internet di bawah 1GB atau bahkan habis.

Apabila masalah jaringan internet lemot memang disebabkan karena kuota habis, kamu perlu melakukan pengisian ulang untuk mengatasi jaringan internet lemot. Pembelian isi ulang kuota internet ini bisa dilakukan melalui aplikasi OttoPay.

OttoPay membantu kamu mengisi ulang pulsa/paket data dan melakukan pembayaran bill dengan harga bersaing. Layanan lain yang bisa kamu dapatkan dari OttoPay adalah isi token listrik, beli voucher game, bayar tagihan BPJS, cicilan motor, dan berbagai tagihan lainnya dalam satu aplikasi.

Selain mengatasi jaringan internet lemot untuk diri sendiri, kamu juga bisa menambah uang jajan dengan jualan produk digital atau PPOB di aplikasi OttoPay.

Yuk, instal aplikasi OttoPay sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: