Tips Hemat Listrik Biar Tagihan Listrik Nggak Membengkak

04/18/2022

Tagihan listrik rumah kamu naik terus, padahal rasanya pemakaian listrik nggak terlalu banyak? BIsa jadi ada kebiasaan yang nggak kamu sadari, yang justru bikin gagal hemat listrik. Coba baca dulu beberapa tips menghemat listrik berikut:

1. Matikan alat elektronik

Tahukah kamu kalau alat elektronik yang masih tercolok pada sambungan listrik itu tetap menyedot listrik meski nggak digunakan? Ini juga berlaku untuk alat elektronik dalam posisi stand-by.

Biasakan mencabut charger atau colokan dari stop kontak. Selain untuk hemat listrik, ini juga bisa membantu alat elektronik kamu bertahan lebih lama.

2. Gunakan alat elektronik hemat energi

Saat ini sudah banyak alat elektronik yang punya fitur hemat listrik. Jika harganya lebih mahal, ingat ini bisa jadi investasi jangka panjang. Alat elektronik seperti kulkas, TV, penanak nasi yang hemat energi bisa menghemat biaya listrik bulanan kamu.

3. Gunakan lampu hemat energi

Kalau masih menggunakan lampu pijar, saatnya kamu menggantinya dengan lampu LED. Lampu LED jauh lebih hemat listrik, loh! Lampu LED 3W bisa menghasilkan terang yang sama dengan lampu pijar 40W. Nggak hanya itu, waktu pemakaiannya juga jauh lebih lama dibandingkan lampu pijar.

4. Cairkan es di freezer

Semakin banyak es yang menumpuk di freezer kulkas, akan membuat kulkas bekerja ekstra. Artinya, energi yang dipakai juga akan semakin banyak. Jadi, rajin-rajin untuk mencairkan es di freezer buat hemat listrik ya!

5. Pasang kipas angin

Kipas angin biasanya cukup untuk bikin udara adem di dalam ruangan rumah. Kalau memungkinkan, jendela dan pintu juga bisa dibuka. Selain menghemat listrik karena nggak pakai AC, ventilasi udara di rumah kamu juga jadi terjaga. 

6. Pakai timer AC

Kalau ternyata di malam hari panas banget dan kamar kamu harus pakai AC, biasakan setel timer-nya. Jika kamu tidur selama 8 jam, set agar AC mati otomatis setelah 6 jam. Ini juga membantu kalau-kalau kamu langsung buru-buru keluar kamar karena kesiangan dan lupa mematikan AC.

7. Pakai listrik prabayar

Kalau kamu masih susah mengontrol penggunaan listrik di rumah, coba pakai listrik prabayar. Dengan begini, kamu bisa menentukan batas maksimal tagihan listrik kamu setiap bulannya. Artinya, kamu juga bisa hemat listrik setiap bulannya!

Apapun pilihan kamu, pakai listrik pasca-bayar atau prabayar, pembayarannya jadi gampang dengan OttoPay, loh! Install sekarang buat bayar listrik bulanan atau beli token PLN.

Sumber: Kompas dan Katadata

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: