Kenali Apa Itu OTP agar Aktivitas Online Kamu Aman

28 Februari 2023
Kode OTP

One Time Password atau OTP sudah menjadi metode populer untuk identifikasi pengguna (otentikasi). Sesuai namanya, password ini tidak berlaku seterusnya dan akan musnah setelah digunakan satu kali. Apakah benar OTP lebih aman dari password biasa? Apa manfaatnya jika kamu menggunakannya?

Manfaat Kode OTP

OTP adalah kode pengamanan tambahan untuk pengguna situs atau aplikasi tertentu. Karena OTP hanya berlaku sekali, aplikasi atau situs bisa mengidentifikasi pengguna dengan lebih meyakinkan dan mengurangi risiko pembobolan. Inilah sebabnya kode OTP biasanya terhubung dengan nomor ponsel atau alamat email. Kamu sebagai pengguna harus segera menggunakannya setelah OTP tersebut diterima.

One Time Password berguna untuk mengamankan akunmu dari usaha peretasan. Karena sistemnya terhubung dengan nomor ponsel pribadi, dan kamu adalah satu-satunya orang yang mengetahui kode tersebut. Jika perangkatmu dicuri atau ada orang yang mencoba membobol akunmu, OTP bermanfaat untuk mengurangi risikonya. 

OTP sekali pakai ini juga dapat menjadi sarana verifikasi. Jika aplikasi atau situs “curiga” bahwa kamu bukan pemilik akun, atau jika ada seseorang yang berusaha membobol akunmu, maka pihak aplikasi akan mengirim OTP sebagai sarana verifikasi. Ketika kamu mendapatkan OTP tersebut dan segera mengisikannya sesuai instruksi, maka aplikasi atau akunmu akan kembali bekerja secara normal.

Bedakah OTP dengan PIN?

Kode OTP
Sumber : Detik

Banyak orang masih bingung membedakan OTP dengan nomor PIN. Keduanya sama-sama merupakan metode otentikasi, tetapi karakteristik mereka berbeda.

Kalau OTP bersifat sementara dan hanya bisa digunakan satu kali, PIN bersifat permanen kecuali jika si pemilik akun menggantinya. Kombinasi PIN juga ditentukan sendiri oleh pemilik akun, sedangkan OTP dibuat secara otomatis oleh sistem sehingga tidak ada pemilik akun yang bisa mengubah, meniru, atau memanfaatkannya.

Terkait tingkat keamanan, OTP biasanya susah dilacak atau diketahui peretas. Cara penggunaannya yang hanya satu kali juga mengurangi kemungkinan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebaliknya, PIN yang dibuat sendiri sering terlalu mudah ditebak, terutama karena banyak pemilik akun memakai kombinasi yang mudah ditebak, misalnya tanggal lahir.

Jenis-Jenis Kode OTP

Kode OTP
Sumber : Tribun News

Setelah mengetahui apa itu OTP, pastikan kamu tahu jenis-jenisnya agar tidak bingung saat mendapatkannya. Inilah beberapa contoh paling populer.

1. Kode SMS

Kode SMS adalah bentuk awal dari OTP saat pertama muncul. Karena hampir setiap orang sekarang memiliki ponsel dan bisa membuka pesan dengan cepat, OTP berbentuk SMS biasanya paling praktis dan efektif.

2. Kode WhatsApp

Kode OTP melalui WhatsApp (WA) ini kurang lebih sama dengan Kode SMS hanya berbeda channel. Karena kode akan dikirimkan melalui WhatsApp maka aplikasi ini harus terinstal aplikasi WA. Selain itu agar kode terkirim, aplikasi WA perlu terkoneksi dengan internet.

3. Kode Pesan Suara

OTP bisa dikirimkan dalam bentuk pesan suara, tetapi kamu harus mengaktifkan fungsi penerima dan pengiriman pesan bentuk ini. Walau lebih jarang digunakan dari kode SMS, kode pesan suara cocok untuk pemilik akun dengan gangguan penglihatan atau tuna netra. 

4. Kode Berupa Push Notification

Push notification adalah notifikasi yang dikirimkan dan bisa kamu lihat bahkan tanpa membuka aplikasi di ponsel. OTP dalam bentuk ini praktis karena kamu bisa cepat membuka dan menggunakannya. OTP model push notification juga berguna ketika kamu mendapat kiriman kode yang harus dimasukkan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 60 detik.

Bagaimana Cara Kerja OTP?

Kode OTP
Sumber : Tribun News

Kamu bisa mendapatkan OTP dari aplikasi atau situs yang menawarkan pilihan ini saat mendaftar. Media sosial dan beragam aplikasi populer juga sudah menawarkannya demi keamanan ekstra. Kamu juga akan mendapatkan OTP ketika mendaftar untuk menjadi mitra atau pengguna layanan dan aplikasi bisnis, misalnya aplikasi partner bisnis digital OttoPay.

Ingat, ketika kamu mendapatkan OTP, kode tersebut hanya bisa kamu gunakan untuk satu kali penggunaan. Kamu tidak boleh memberitahukannya pada pihak lain, karena permintaan OTP dari pihak lain kepada kamu adalah salah satu modus penipuan populer.

OTP adalah sarana untuk mengamankan akun serta melakukan verifikasi terhadap informasi pribadimu. Gunakan OTP ketika menggunakan aplikasi bisnis penting seperti OttoPay, dan pastikan untuk mengamankan kode tersebut dengan tidak menunjukkannya pada orang lain!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: