Jangan Lengah! Ini 8 Tips Aman Transaksi Non Tunai

26 April 2023

Penggunaan transaksi cashless telah marak, namun informasi mengenai tips aman transaksi non tunai masih belum dipahami dengan baik. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika saat ini masih saja banyak orang yang dirugikan karena ketidaktahuannya seputar tips aman ini.

Maka dari itu, dari sini dapat dimengerti bahwa teknologi mampu memberikan dampak positif – khususnya kemudahan untuk segala aspek kehidupan. Namun jika tidak digunakan dengan baik dan benar bisa menyebabkan masalah dan kerugian untuk si pengguna khususnya pemilik akun.

Contohnya saja saat ini, banyak sekali orang yang menyebarluaskan OTP pada orang lain atau mengakses link penipu sehingga saldo dalam akun suatu aplikasi maupun rekening tersebut terkuras habis. Ada juga yang mengakses link penipu dan uang di dalam rekeningnya habis tidak tersisa. 

Kamu tentunya tidak mau mengalami hal buruk dan merugikan semacam itu, bukan? Maka demikian, kamu wajib mempertahankan keamanan akun non tunai milikmu, utamanya saat sedang menjalankan transaksi.

Sehubungan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas sejumlah tips yang berguna untuk kamu praktikkan dalam menjaga keamanan bertransaksi non tunai. Penasaran apa saja? Ikuti artikel berikut!

8 Tips Aman Transaksi Non Tunai

Tips mudah bertransaksi non tunai secara aman ini bisa segera kamu ikuti. Setelah kamu pahami terlebih dahulu poin-poin beserta penjelasannya di bawah ini:

  • Tidak Memindah Tangankan Kartu

Sebaiknya kamu jangan pernah meminjamkan kartu kredit atau debitmu pada orang lain, atau menyerahkannya pada petugas ketika akan bertransaksi. Karena, tidak semua orang dapat dipercaya, walaupun mereka mereka menunjukkan gelagat normal atau tidak mencurigakan.

Semisal kamu melakukan pembayaran dalam sebuah kafe, lakukan secara mandiri saja dan jangan menyerahkan kartumu pada pegawai di kafe tersebut. Sebab, bisa saja kartu kredit atau debitmu ditukar dengan milik orang lain.

  • Mengutamakan Transaksi Menggunakan PIN

Sebaiknya usahakan untuk selalu bertransaksi menggunakan PIN ketimbang tanda tangan. Ini semua untuk keamanan transaksi, sebab PIN memiliki sifat pribadi dan sudah semestinya hanya kamu ketahui seorang diri.

Khusus kamu pengguna kartu debit maupun kredit, jangan lupa untuk menyimpan informasi rahasia seperti PIN, 3 digit nomor CVV (Card Verification Value) atau CVC (Card Verification Code), sampai tanggal masa berlaku kartu.

  • Menyimpan Alat Pembayaran Non Tunai dengan Baik

Apabila kamu merupakan pengguna uang elektronik menggunakan chip, sebaiknya jaga baik-baik alat pembayaran tersebut jangan sampai rusak, hilang, atau jatuh pada tangan orang yang salah. Sebab tanpa alat pembayaran, kamu tidak bisa bertransaksi.

  • Mengisi Saldo Secukupnya Sesuai Kebutuhan

Melakukan pengisian saldo janganlah berlebihan. Sebab, selain membuat lebih konsumtif, terdapat risiko kehilangan yang tinggi. Tentunya jika risiko tersebut benar-benar terjadi, maka pengurusannya akan sangat sulit dan memakan waktu.

  • Menggunakan Koneksi Pribadi

Walaupun kini banyak lokasi yang menawarkan wifi publik, kamu sebaiknya tetap menggunakan koneksi pribadi saja saat bertransaksi non tunai. Tips aman transaksi non tunai ini sedikit merepotkan, tapi sebanding dengan keamanannya.

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan berpendapat bahwa adanya pencurian informasi pribadi begitu tinggi dikarenakan bertransaksi menggunakan koneksi wifi publik. Selain itu juga keuangan mudah diakses oleh orang tidak bertanggung jawab. 

  • Mengecek Histori Transaksi

Selalu lakukan pengecekan notifikasi sesudah transaksi non tunai sukses. Ini bertujuan supaya kamu dapat memastikan kalau nominal yang terdebet sudah sesuai dengan apa yang terjadi.

Jika terdapat transaksi mencurigakan, atau kamu rasa bukan dilakukan sepengetahuanmu, maka lekaslah menghubungi pihak penyedia keuangan elektronik milikmu.

  • Berbelanja Hanya di Situs atau E-Commerce Terpercaya

Kini, perkembangan toko online lewat e-commerce telah mempermudah pelanggan dalam berbelanja di rumah. Jadi, cuma melalui beberapa klik saja di PC maupun ponsel pintar, barang akan sampai secara instan atau dalam beberapa hari.

Akan tetapi, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka harus selalu waspada. Seperti contohnya yakni hanya menggunakan aplikasi resmi dari Play Store maupun App Store, dan mengakses website yang memiliki ikon gembok pada samping link.

  • Tidak Memberikan OTP pada Orang Lain

Sistem keamanan uang elektronik yang berlapis merupakan latar belakang adanya OTP. One time password ini biasanya dilakukan lewat SMS. Nah, jangan pernah memberikan kode OTP ini pada orang lain atau data dan uang elektronikmu raib. Demikianlah pembahasan seputar 8 tips aman transaksi non tunai. Bagaimana? Sangat mudah dilakukan, bukan?  Yuk segera beralih menggunakan tranksaksi non tunai yang lebih praktis dan aman!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: