Perlu Tahu, Ini 6 Manfaat Virtual Account untuk Bisnis

25 Oktober 2023

Virtual account merupakan nomor rekening virtual dari bank yang berisi nomor ID untuk melakukan suatu transaksi. Hal yang menarik dari akun virtual ini adalah nomor yang digunakan tidak sama untuk setiap pelanggan. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang suka bertransaksi dengan metode pembayaran tersebut. Lalu, apa saja manfaat virtual account untuk bisnis? 

Apa Saja Manfaat Virtual Account untuk Bisnis?

Sumber : Pexels

Ada banyak sekali cara pembayaran online yang bisa kamu gunakan saat berbelanja, dan yang paling umum adalah transfer. Cara ini membuat kamu harus mendaftarkan nomor rekening dan memasukkan nominal belanja secara manual. 

Sayangnya, sering kali terjadi kesalahan ketika pelanggan menggunakan metode ini, sehingga muncul metode lain yang dikenal dengan virtual account. Secara garis besar, berikut ini beberapa manfaat virtual account untuk bisnis:

  1. Memudahkan mencatat keuangan

Manfaat pertama adalah membuat pencatatan keuangan jadi lebih mudah. Sebab, semua transaksi yang berlangsung dari akun virtual akan secara otomatis tercatat pada pembukuan perusahaan. Hal ini lebih mungkin karena adanya ID pelanggan. 

Lebih menariknya lagi, kamu tentu tidak perlu lagi melakukan pengecekan bukti pembayaran secara manual. Sebab, pesanan atau belanja kamu akan langsung diproses oleh merchant jika kamu sudah mengonfirmasi transaksi. 

  1. Melayani berbagai macam transaksi

Selain itu, membayar dengan virtual account juga bisa dipakai untuk segala bentuk transaksi. Bahkan, tingkat efektivitasnya juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan transfer antar bank secara manual. Akun virtual cukup populer karena cara transaksi ini dapat diintegrasikan dengan website, marketplace, atau aplikasi. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

  1. Transaksi 24 jam

Manfaat virtual account lainnya yaitu membuat kamu bisa melakukan pembayaran hingga 24 jam setiap hari. Hal ini akan membuat pelanggan bisa menyelesaikan pembayaran tanpa harus terburu-buru. Bahkan transaksi tetap dapat dilakukan meski jam operasional bank telah selesai. 

  1. Jaminan keamanan

Menariknya, kamu juga dapat mengatur nomor akun virtual usai transaksi menjadi kedaluwarsa. Ini menjadi salah satu cara untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan nomor akun. Tidak hanya itu, pelanggan juga tidak perlu cemas dengan terjadinya kesalahan atau error karena keliru memasukkan nomor rekening atau jumlah transaksi.

Ini karena potensi terjadinya hal tersebut tentunya sangat kecil. Jadi, pelanggan cukup mengonfirmasi nama akun virtual yang ada pada layar dan mengecek total tagihan yang tertera untuk menuntaskan pembayaran belanja. 

  1. Transfer lebih mudah dan cepat

Tak ketinggalan, virtual account juga menjadi metode transaksi yang lebih cepat dan mudah. Pemberitahuan transaksi juga bisa kamu terima secara langsung alias realtime. Selain itu, uang yang sudah kamu transfer bisa segera masuk pada rekening bank yang dituju. Tentunya, hal ini menjadi nilai lebih untuk para pelanggan maupun pemilik bisnis. 

  1. Memudahkan pelanggan untuk bertransaksi

Manfaat virtual account yang terakhir adalah memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi. Sebab, pelanggan cukup memasukkan nomor ID pada kolom pembayaran. Bahkan, kamu bisa langsung menyalin dan menempel nomor tersebut untuk menghindari terjadinya kesalahan input.

Setelah itu, total biaya yang harus dibayarkan akan muncul secara otomatis pada layar tanpa harus kamu masukkan secara manual. Hal ini akan sangat menghemat waktu seiring dengan transaksi bisnis yang semakin berkembang. 

Baca juga: Apa Beda POS dan Kasir Online? Pemilik Usaha Wajib Tahu!

Bagaimana Cara Membuat Virtual Account?

Sumber : Pexels

Pemilik bisnis yang ingin merasakan mudahnya transaksi dengan menggunakan akun virtual bisa membuatnya dengan langkah yang sederhana. Pertama, kamu perlu mengunjungi pihak bank pilihan, lalu siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. 

Adapun dokumen persyaratannya adalah identitas pemilik bisnis, kartu NPWP perusahaan, dan akta pendirian bisnis. Setelah itu, kamu bisa mengutarakan maksud pada petugas layanan bank untuk membuat akun virtual. Selanjutnya, setelah prosedur pembuatan selesai, kamu bisa memakai akun virtual untuk bertransaksi. 

Itu tadi beberapa manfaat virtual account dan bagaimana cara membuatnya. Kamu juga bisa menikmati kemudahan ini dengan memanfaatkan layanan Payment Gateway dari OttoPay Bisnis. Tersedia banyak pilihan metode transaksi, termasuk virtual account. 

Selain itu, OttoPay Bisnis juga menawarkan berbagai layanan bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera bergabung menjadi mitra OttoPay Bisnis sekarang juga!

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: