Bisakah Membayar Virtual Account dari Bank Lain? Ini Jawabannya

25 Oktober 2023

Sekarang, berbelanja barang apa pun secara online jadi makin mudah. Pilihan pembayarannya juga makin beragam dan bisa kamu lakukan dari mana saja. Salah satu metode pembayaran yang populer saat ini adalah virtual account. Namun, pertanyaannya, apa bisa melakukan pembayaran virtual account dari bank lain?

Misalnya, apakah bisa melakukan pembayaran akun virtual melalui mesin ATM? Jika ternyata bisa, apakah ada hal-hal yang menjadi syarat atau ketentuannya? Atau, transaksi hanya bisa dilakukan untuk bank tertentu? Kamu bisa mendapatkan jawabannya pada ulasan berikut ini. 

Fitur pada Virtual Account

Sumber : Pexels

Sebelum itu, kamu harus tahu sebenarnya apa itu virtual account. Ini adalah deretan angka yang dibuat khusus untuk transaksi pelanggan. Angka ini berisi informasi berupa total pembelanjaan yang wajib dibayarkan dan identitas pelanggan. 

Jadi, selanjutnya pelanggan cukup memasukkan nomor ini dan mengecek kembali apakah nominal transaksi sudah benar. Tidak perlu lagi mengetik total belanja secara manual, tinggal klik bayar. Setiap pelanggan akan mendapat nomor virtual account yang unik dan berbeda. Akun virtual sendiri memiliki dua fitur, yaitu:

  • Single use. Jenis ini hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi. Setelah membayar, nomor akun virtual ini tidak lagi berlaku sehingga tidak dapat kamu pakai pada transaksi lainnya. 
  • Multiple use. Jenis ini bisa digunakan untuk transaksi lebih dari satu kali selama akun masih berlaku. Contoh mudahnya seperti nomor akun virtual untuk pengisian ulang saldo dompet digital

Saat ini, e-commerce juga telah memakai jenis virtual account multiple use. Jadi, kamu pun dapat menyimpan nomor virtual account tersebut pada daftar pembayaran di aplikasi m-Banking. Selanjutnya, kamu bisa memakai nomor itu untuk melakukan transaksi pada marketplace yang sama. 

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Bisakah Membayar Virtual Account dari Bank Lain?

Sumber : Pexels

Selanjutnya, kembali pada pertanyaan awal: bisakah membayar virtual account dari ATM? Jawabannya tentu bisa. Bahkan, kamu tidak hanya dapat membayar akun virtual dari bank sejenis, tetapi juga antarbank dari mesin ATM, serta aplikasi m-Banking sesuai dengan bank yang kamu gunakan. 

Cara Membayar Virtual Account dari ATM dan M-Banking

virtual account
Sumber : Pexels

Lantas, bagaimana caranya? Jika kamu menggunakan bank yang berbeda dan ingin membayarkan virtual account, berikut cara mudah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pembayaran virtual account dari ATM

Apabila kamu menggunakan layanan ATM untuk melakukan pembayaran akun virtual, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan kartu ATM dan lanjutkan dengan 6 digit PIN. Pastikan kamu tidak menunjukkan PIN ini kepada orang lain. 
  • Lalu, pada menu layanan, kamu bisa pilih Transaksi Lainnya. Kemudian, pilih menu Transfer, dan lanjutkan dengan memilih menu Antar Bank Online. 
  • Selanjutnya, masukkan Kode Bank dan Nomor Akun Virtual bank tujuan. Kamu bisa melihat Kode Bank tujuan pada halaman bawah. 
  • Setelah itu, layar akan menampilkan nominal transaksi yang kamu lakukan. Pastikan kamu mengecek detail informasinya dengan teliti, apakah namamu yang tertulis pada mesin dan jumlah transaksi sudah sesuai.

Jika sudah, kamu bisa melanjutkan dengan memilih YES atau OK. Transaksi sudah selesai dan pembayaran berhasil. Kamu hanya perlu melakukan konfirmasi pada halaman belanja. 

  1. Pembayaran virtual account melalui m-Banking

Selanjutnya, apabila kamu memilih untuk melakukan transaksi virtual account dari bank yang berbeda dari layanan m-Banking pada smartphone, berikut langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Pada ponsel, akses aplikasi m-Banking bank yang kamu pilih.
  • Selanjutnya, masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk membuka aplikasi. 
  • Lalu, kamu bisa memilih menu Transfer pada halaman menu layanan. Lanjutkan dengan memilih opsi Bank Lain Dalam Negeri.
  • Kemudian, masukkan Kode Bank berikut Nomor Akun Virtual tujuan. Agar lebih mudah, kamu tinggal salin dan tempel nomor akun virtual tersebut. 
  • Layar akan menampilkan jumlah transaksi yang harus kamu bayarkan. Sementara itu, jika hendak mengisi ulang saldo dompet digital, kamu cukup memasukkan nominal pada kolom yang tersedia.  
  • Kemudian, layar akan menunjukkan halaman konfirmasi. Jika sudah sesuai, kamu bisa memilih menu Kirim atau Lanjutkan. 

Lalu, kamu bisa memasukkan PIN transaksi sehingga transaksi bisa diproses. Selesai. Kamu bisa melakukan konfirmasi sudah melakukan pembayaran pada halaman aplikasi belanja. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Kamu juga bisa menggunakan virtual account sebagai metode pembayaran untuk bisnismu. Manfaatkan layanan Payment Getaway dari OttoPay. Melalui layanan ini, kamu bisa memanjakan pelanggan dengan berbagai metode pembayaran, termasuk virtual account. Tunggu apa l

Muhammad Fahmi

Muhammad Fahmi

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: