Ingin Memulai Bisnis Warung dengan layanan Wifi? Ikuti Caranya Berikut Ini!

23 April 2023
Warung Wifi

Jika kamu tinggal di kota besar, mungkin kamu sudah tahu spot-spot bagus untuk mengakses Wi-Fi secara gratis. Sayangnya, tidak semua daerah punya spot Wi-Fi gratis seperti itu. Wilayah Indonesia yang begitu luas menjadikan daerah-daerah yang berlokasi di pelosok belum bisa memiliki akses internet selancar di perkotaan.

Hal inilah yang menjadikan warung dengan layanan wifi—atau yang populer dengan nama warung Wi-Fi merebak di masyarakat yang tinggal cukup jauh dari kota. Menariknya, bisnis ini tidak perlu modal yang besar seperti bisnis warnet. Pengelolaannya pun tergolong mudah. Tak heran makin banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini.

Cara Membuat Warung Internet (Warung Wi-Fi)

Meningkatnya kebutuhan akan akses internet menjadikan warung Wi-Fi sebagai bisnis  yang cukup menjanjikan. Pasalnya, di daerah dengan lokasi terpencil, internet berlangganan dipatok dengan harga yang cukup mahal. Terkadang koneksinya pun tidak stabil.

Untuk membuat warung Wi-Fi, kamu bisa memulainya dengan melakukan langkah-langkah berikut:

1. Buatlah daftar barang yang diperlukan untuk membuka usaha

Supaya kamu tahu barang apa saja yang perlu dibeli, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan baik itu bersumber dari internet atau pengamatan langsung di lokasi kompetitor (jika ada). Buat juga gambaran mengenai bagaimana bisnis warung wifi ini akan direalisasikan.

Dalam membuat warung Wi-Fi, biasanya dua hal utama yang perlu kamu siapkan adalah Mikrotik dan access point. Dua barang inilah yang paling utama dan perlu kamu sediakan jika ingin menyediakan Wi-Fi untuk banyak user.

Selain Mikrotik, access point, dan tentunya langganan koneksi internet (disarankan yang unlimited), kamu juga perlu menyediakan kursi, meja, beberapa stop kontak untuk tempat charge, dan hal-hal lain yang dirasa perlu.   

Kamu juga bisa memikirkan potensi usaha lain yang bisa digabungkan ke dalam usaha warung Wi-Fi ini. Sebagai contoh, cetak dokumen, jualan makanan (untuk para pengunjung nantinya), serta berjualan voucher game.  

Jika kamu berminat untuk menambah pundi-pundi penghasilan dengan usaha sampingan itu, kamu juga perlu memasukkan kebutuhan-kebutuhan usaha itu ke dalam perhitungan modal.

2. Survei harga barang-barang yang diperlukan

Setelah mengetahui barang-barang apa saja yang diperlukan, kini saatnya mencari tahu harga barang-barang tersebut.

3. Pilih lokasi yang strategis

Bisnis ini memang bisa dilakukan hanya dari rumah. Akan tetapi, jika ingin warung Wi-Fi kamu dikunjungi banyak orang, jangan ragu untuk mencari lokasi strategis untuk memulai bisnis ini. Sebagai contoh, kamu bisa menyewa lokasi di pinggir jalan besar agar keberadaan warung Wi-Fimu dikenal banyak orang.

4. Siapkan modal

Nah, setelah survei, kamu jadi punya gambaran berapa harga barang-barang yang diperlukan—termasuk harganya. Dengan begitu, kamu bisa mulai menghitung berapa dana yang perlu disiapkan. Jangan lupa untuk menghitung biaya tenaga kerja yang akan membantu proses instalasi Wi-Fi nantinya.

5. Mulai bangun warung Wi-Fimu

Modal sudah siap, ide sudah ada, hal selanjutnya dalam cara membuat warung wifi adalah mulai merealisasikan bisnismu! Kamu bisa mulai dengan menyewa lokasi terlebih dahulu (jika diperlukan). Lalu, mulai belanja barang-barang yang diperlukan. Setelah itu, kamu bisa lakukan instalasi Wi-Fi di lokasi warung Wi-Fimu itu.

6. Tentukan harga

Dalam menentukan harga, salah satu cara yang biasa digunakan adalah melakukan mark up dari modal yang kamu keluarkan. Namun, pastikan agar kamu tidak melakukan mark up terlalu besar sebab hal ini dapat mengakibatkan warungmu kurang dilirik pengunjung.

7. Lakukan promosi

Penataan ruang yang homy dan cozy dan harga Wi-Fi yang masuk akal (tapi tidak merugikanmu sebagai pemilik usaha) bisa jadi daya tarik ‘alami’ bagi pengunjung untuk menggunakan Wi-Fi di lokasimu. Selain itu, kamu perlu memikirkan bagaimana mempromosikan warung Wi-Fimu yang baru buka. Salah satu cara simpelnya adalah dengan membagikan brosur ke warga sekitar.

8. Kembangkan bisnismu

Supaya bisnis warung internet kamu makin oke, sebagaimana disebutkan kamu bisa menambahkan usaha sampingan di warung Wi-Fimu. Misalnya seperti jualan produk-produk digital seperti pulsa maupun voucher game. Sediakan juga warung makan kecil-kecilan untuk mengakomodasi pengguna warung Wi-Fi yang ingin berlama-lama berada di warungmu.

Nah, itulah cara membuat warung wifi yang bisa kamu terapkan segera. Semoga bisnismu sukses besar, ya!

Sebagaimana disebutkan, kamu juga bisa menambah peluang usaha dengan menjual produk-produk digital. Tidak hanya pulsa saja, kamu juga bisa jualan voucher game di warung Wi-Fimu.

Jika kamu tertarik, kamu bisa join OttoPay dan mendaftar sebagai mitra. Dengan menambah produk yang kamu jual, kamu bisa menambah pundi-pundi penghasilan. Yuk, download OttoPay dan daftar sebagai mitra supaya kamu bisa mulai jualan produk-produk digital!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: