5 Tips Jitu Meningkatkan Omzet Bisnis Pulsa

14 April 2023
Bisnis Pulsa

Meningkatkan omzet bisnis merupakan hal yang susah-susah gampang. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang baru memulai atau sudah memiliki bisnis di bidang pulsa. Kamu perlu menerapkan hal hal berikut agar tidak salah langkah dalam melakukan pengembangan bisnis pulsa kamu.

Toko Kelontong OttoPay

Meningkatkan Omzet Bisnis Pulsa

Berikut ini adalah 5 tips jitu tingkatkan omzet bisnis pulsa:

  • Targetkan Pelanggan Lama untuk Meningkatkan Pendapatan

Memperoleh pelanggan baru selalu menjadi tujuan utama bisnis, namun, melakukan upaya yang sama untuk menargetkan pelanggan lama sama pentingnya dan dapat berdampak besar pada peningkatan pendapatan bisnis. 

Apalagi jika ini berhubungan dengan pulsa, karena orang-orang tidak membeli pulsa untuk digunakannya selama setahun kan? Mereka akan membeli pulsa secara berulang dan kamu bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama. 

Cobalah gunakan personalisasi dalam pemasaran pulsa mu. Tawarkan diskon kepada pelanggan sebelumnya, menciptakan manfaat membership, atau menggunakan insentif khusus seperti diskon, adalah semua cara untuk menarik kembali pelanggan lama.

Dengan menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk memasarkan ke pelanggan lama, kamu dapat menurunkan biaya, meningkatkan basis data pelanggan kamu saat ini, dan meningkatkan pendapatan kamu untuk keuntungan jangka panjang.

  • Bundel untuk Meningkatkan Nilai

Sebagian besar konsumen, saat berbelanja produk contohnya produk pulsa, umumnya mulai tidak dengan item tertentu dalam pikiran mereka, tetapi menetapkan titik harga, itulah sebabnya bundling adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan bisnis pulsamu. 

Dengan menggabungkan item yang sejenis atau yang saling melengkapi, kamu dapat menciptakan nilai baru bagi pelanggan dengan tujuan meningkatkan omzet bisnis. Contohnya promo bundling pulsa dengan paket internet atau promo bundling pulsa dengan pembelian kabel data, powerbank atau cassan handphone.

Sementara pada saat yang sama meningkatkan penjualan sebenarnya tidak hanya jumlah konversi tetapi juga pendapatan dari setiap penjualan. Dengan bundling, kamu dapat secara efektif mengubah fokus dari memindahkan produk dan menjualnya bersamaan menjadi menghasilkan pendapatan.

  • Sampel dan Hadiah Gratis untuk Pelanggan Berulang

Memberikan contoh produk atau hadiah kepada pelanggan tetap atau pelanggan yang membeli pertama kali dari toko pulsa mu adalah strategi yang efektif untuk membuat mereka datang lagi dan lagi. 

Contohnya, kamu memberi potongan harga untuk setiap pembelian pulsa pertama minimal Rp100.000. Pelanggan akan mengingat toko mu sebagai salah satu toko pulsa yang murah. 

Ini akan meningkatkan penjualan dan pendapatan dengan margin yang jauh lebih tinggi. Karena kamu memberi pelanggan hadiah, mereka merasa senang dengan diskon yang akan mereka dapatkan untuk pembelian berikutnya. 

  • Bermitra Dengan Bisnis Serupa

Salah satu strategi meningkatkan omzet bisnis yang bisa kamu gunakan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan adalah membangun kemitraan bisnis dengan perusahaan lain dan orang-orang dengan target pelanggan yang serupa yang serupa.

Misalnya, jika kamu adalah penjual pulsa kamu bisa bekerja sama dengan sesama penjual dan bertanya mengenai sumber barang, harga eceran hingga kendala dalam penjualan pulsa. 

Dengan informasi ini, kamu juga dapat membaca peluang dan pergerakan pasar serta kebiasaan dari orang-orang yang membeli pulsa dalam kurun waktu tertentu.  

Kamu dapat memanfaatkan jangkauan satu sama lain saat ini melalui daftar pelanggan dan prospek mereka sendiri dan meluncurkan kampanye pemasaran bersama untuk mendorong pendapatan tambahan bagi organisasi.

  • Fokus pada Merek Kamu

Merek mu adalah bagian penting yang mampu membentuk bagaimana produk mu dipersepsikan oleh masyarakat atau pelanggan. Citra merek yang baik atau buruk sangat mempengaruhi harga jual produk kamu. 

Pelanggan lebih peduli tentang karakter merek daripada sebelumnya, dan bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk pengecer yang lebih terpercaya. Kalaupun kamu adalah seorang pengecer dan bukan pemilik merek tertentu dari sebuah brand pulsa. 

Kamu juga harus berhati-hati karena harga, layanan dan strategi mu dalam menjual pulsa akan dinilai oleh pelanggan mu. Sebagai pengecer pun kamu bisa menentukan merek pulsa mana yang menjadi andalanmu.

Tapi pastikan, kamu tetap cerdas dalam hal memilih brand pulsa yang memiliki brand image baik dan banyak peminat. Kamu juga bisa berinvestasi sedikit ekstra untuk menyediakan lebih banyak produk yang diproduksi secara etis, pelanggan kamu akan menghargai usahamu dengan kesetiaan mereka, dan dalam bentuk peningkatan penjualan dan pendapatan.

Oke, itu tadi 5 strategi meningkatkan omzet bisnis pulsa yang bisa kamu terapkan langsung ke bisnismu. Ingat, semua strategi ini akan berhasil jika dibarengi dengan keuletan dan konsistensi dalam berbisnis. Selain itu kamu bisa gunakan aplikasi OttoPay untuk jualan pulsa yang lebih cepat dan praktis dengan harga bersaing, download aplikasi OttoPay di sini.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: