Token Listrik PLN Gagal Terisi, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

23 Mei 2023
Token Listrik PLN

Token listrik PLN gagal terisi kerap kali menyebabkan penggunanya merasa panik. Sebenarnya, proses input token listrik relatif mudah. Hanya saja, terkadang terdapat beberapa hal yang menyebabkan token gagal terisi. Sebelum kamu mengetahui penyebab dan solusinya, pastikan untuk memahami tentang token listrik prabayar PLN terlebih dahulu.

Token Listrik PLN
Sumber : Envato

Sekilas Tentang Token Listrik PLN

Token listrik hadir sebagai salah satu inovasi teknologi kelistrikan. Menerapkan sistem layaknya pulsa prabayar, teknologi ini menawarkan kemudahan pengisian daya listrik sesuai kebutuhan. Berkat token listrik, kamu bisa mengelola penggunaan energi listrik. Lantaran dapat dikontrol oleh pengguna, token listrik dinilai lebih hemat anggaran.

Token listrik adalah 20 digit angka yang digunakan untuk mengisi meter prabayar. Nilai token listrik yang disediakan PLN mulai dari Rp20 ribu hingga Rp1 juta. Kamu bisa membeli token listrik di outlet yang telah bekerja sama, termasuk aplikasi OttoPay.

Baca juga: Penting! Ini Alasan Kenapa Bayar Cicilan Kendaraan Tak Boleh Telat

Penyebab Token Listrik PLN Gagal Terisi dan Solusinya 

Pada dasarnya, mengisi token listrik sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan input token ke dalam meteran dan tekan tombol enter. Namun, beberapa masalah kerap menyebabkan token gagal terisi. Kalau kamu kerap mengalami hal tersebut, simak sejumlah penyebab token listrik PLN gagal terisi beserta solusinya berikut ini.

1. Server PLN Mengalami Gangguan

Setiap meteran digital memiliki nomor meter dan ID unik yang terhubung langsung dengan server PLN. Dalam kondisi tertentu, seperti hujan deras disertai petir, PLN rentan mengalami gangguan yang menyebabkan token gagal diisi. Apabila hal ini terjadi, solusinya hanya menunggu hingga PLN melakukan perbaikan pada server. Setelah server normal, kamu bisa mencoba kembali mengisi token pada meteran listrik digital.

2. Salah ID Meter

Mengingat ID meter bersifat unik, pastikan bahwa kamu tidak salah memasukkan nomor meteran ketika membeli token. Pasalnya, token yang telah dibeli secara otomatis akan terhubung langsung dengan ID meter. Artinya, token tersebut hanya dapat digunakan pada meteran yang tercantum. Apabila kamu melakukan kesalahan input nomor ID meter, solusinya lakukan pembelian ulang token dengan ID meter yang benar.

3. Meteran Listrik Terblokir

Tak banyak yang tahu bahwa kesalahan input token sebanyak tiga kali dapat menyebabkan meteran listrik terblokir. Sangat penting untuk mengecek kode token dan memasukkannya secara teliti. Apabila meteran kamu terlanjur terblokir, solusinya adalah mendatangi PLN terdekat atau menghubungi Call Center PLN 123. 

Baca juga: 3 Cara Mematikan Alarm Token Listrik Agar Tidak Berisik

4. Masalah Pada Meteran

Adanya masalah pada meteran juga menjadi penyebab token listrik prabayar PLN gagal terisi. Ketika muncul tulisan “Periksa” atau “Cancel” pada meteran, sebaiknya segera datangi PLN untuk membuat laporan. Kondisi lain, seperti lepasnya Logo Relay, CTL, Blocked, dan meteran mati juga menyebabkan token gagal terisi. Agar meteran dapat digunakan kembali, segera hubungi PLN 123 untuk mendapatkan penanganan.

5. Over Limit KwH

Meteran prabayar memiliki batas limit pengisian KwH. Apabila dalam satu bulan jumlah yang kamu masukkan melebihi batas maksimal, token akan ditolak dan gagal terisi. Untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan mempelajari batas limit daya listrik berikut ini.

  • Daya 450 VA batas limit 324 kWh atau setara Rp134.460.
  • Daya 900 VA batas limit 648 kWh atau setara Rp876.096.
  • Daya 1.300 VA batas limit 936 kWh atau setara Rp1.373.374.
  • Daya 2.200 VA batas limit 1.584 kWh atau setara Rp 2.288.404.

Berbekal informasi tersebut, kamu bisa mengelola penggunaan listrik sehingga tidak dianggap over limit KwH.

Demikianlah informasi mengenai penyebab token listrik prabayar PLN gagal terisi beserta solusinya. Kalau kamu membutuhkan pulsa listrik prabayar, OttoPay menyediakan token listrik dengan nominal bervariasi. Berkat aplikasi OttoPay, pembelian token jadi lebih mudah dan bonus cashback setiap transaksi. Tunggu apa lagi?

Yuk, dapatkan token listrik PLN harga bersaing dengan instal aplikasi OttoPay sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: