Penting! Ini Alasan Kenapa Bayar Cicilan Kendaraan Tak Boleh Telat

16 Maret 2023
Bayar Cicilan Kendaraan

Membeli kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, dengan sistem kredit menawarkan kemudahan cara pembayaran. Kamu tak perlu membayar uang dalam dalam jumlah besar sekali waktu. Sebagai gantinya, kamu memiliki kewajiban bayar cicilan kendaraan dengan jangka waktu sesuai perjanjian.

Saat membeli kendaraan secara kredit, kamu tak hanya perlu melakukan pembayaran cicilan. Di waktu yang sama, kamu juga harus memastikan untuk membayarnya tepat waktu. Kalau terbiasa telat dalam membayar cicilan, kamu bakal berhadapan dengan berbagai konsekuensi yang merugikan. 

Penyebab Telat Bayar Cicilan Kendaraan

Bayar Cicilan Kendaraan
Sumber : Kompas

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang telat membayar cicilan sepeda motor atau mobil, termasuk di antaranya adalah: 

1. Kondisi Finansial Memburuk

Alasan pertama yang dapat membuat kamu jadi sering telat membayar cicilan adalah ketika kondisi keuangan memburuk. Kamu berhadapan pada situasi yang pelik. Di satu sisi, pengeluaran tetap dan angka penghasilan mengalami penurunan secara drastis. Misalnya, kamu menjadi korban PHK, angka penjualan bisnis menurun, dan lain sebagainya. 

2. Kebiasaan Bayar saat Jatuh Tempo

Kedua, ada pula alasan karena kamu memang mempunyai kebiasaan bayar tagihan ketika jatuh tempo. Alhasil, tak menutup kemungkinan kamu bakal terlupa melakukan pembayaran dan sudah melewati tenggat waktu. 

3. Memanfaatkan Fitur Autodebit

Kebiasaan menggunakan autodebit dapat pula menjadi alasan telat membayar cicilan. Hal ini bisa terjadi ketika kamu tak mengetahui kalau jumlah saldo dalam rekening ternyata tak mencukupi untuk pembayaran berbagai tagihan. 

4. Transfer Lewat Teller atau Rekening Beda Bank

Pilihan pembayaran dengan transfer di teller atau penggunaan rekening dari bank yang berbeda dapat pula membuat kamu terlambat membayar tagihan. Apalagi, kalau kamu terbiasa membayar jelang waktu jatuh tempo. Padahal, proses pembukuan saat melakukan transfer beda bank atau lewat teller, bisa saja memerlukan waktu. 

5. Uang Cicilan Terpakai Kebutuhan Lain

Kamu mungkin saja telah menyiapkan uang untuk bayar cicilan kendaraan setiap awal bulan. Namun, karena sesuatu hal, tak menutup kemungkinan kamu menggunakan uang cicilan tersebut untuk keperluan lain. Alhasil, kamu tak mempunyai uang untuk pembayaran tagihan setelah lewat jatuh tempo. 

Mengapa Bayar Cicilan Kendaraan Tidak Boleh Telat?

Berbagai alasan yang membuat kamu terbiasa telat dalam melakukan pembayaran cicilan kendaraan dapat merugikan diri sendiri. Ada beberapa konsekuensi serta risiko yang akan kamu hadapi, di antaranya: 

1. Kewajiban Membayar Denda

Ketika melakukan pembayaran tagihan cicilan melewati jatuh tempo, kamu akan memperoleh beban biaya ekstra. Beban tersebut terjadi karena pihak leasing memberlakukan denda untuk setiap keterlambatan pembayaran. Nilai denda tersebut pun akan semakin bertambah seiring bertambahnya durasi keterlambatan. 

2. Risiko Penarikan Kendaraan

Selanjutnya, kamu juga akan berhadapan pada risiko penarikan kendaraan oleh pihak leasing. Situasi ini terjadi ketika kamu memiliki keterlambatan dalam durasi waktu yang sangat lama, biasanya kurang lebih 3 bulan. 

Pihak leasing beranggapan kalau keterlambatan tersebut memperlihatkan bahwa kamu tak mempunyai itikad baik dalam melakukan pelunasan. Oleh karena itu, mereka pun memutuskan untuk menarik kendaraan dan menjualnya dengan sistem lelang. 

3. Kesulitan Mengajukan Cicilan di Masa Depan

Kamu mungkin beranggapan kalau kebiasaan membayar cicilan kendaraan lewat jatuh tempo selesai setelah pihak leasing melakukan penarikan. Padahal, kamu masih harus berhadapan pada konsekuensi lain, yaitu masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia (BI).

Apa jadinya kalau nama kamu tercantum dalam daftar hitam BI? Kamu akan mengalami kesulitan ketika ingin melakukan pengajuan cicilan lain di masa depan. Alhasil, kamu tak akan dapat membeli berbagai jenis barang dengan sistem kredit. 

Itulah berbagai alasan kenapa kamu perlu membiasakan diri untuk bayar cicilan kendaraan tepat waktu. Kalau perlu, bayar setiap awal bulan. Jadi, kamu bisa terhindar dari berbagai risiko dan konsekuensi tersebut. 

Bayar Cicilan Motor Gratis Biaya Admin

Untuk kemudahan dalam melakukan pembayaran, kamu dapat memanfaatkan solusi praktis dari OttoPay. Aplikasi OttoPay menyediakan cara pembayaran cicilan kendaraan secara nontunai yang praktis. Bisa kamu gunakan untuk berbagai layanan leasing, lho!

Yuk, segera download OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: