Mudah, Begini Cara Bayar PDAM Offline dan Online

8 Maret 2023
Bayar tagihan PDAM

Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Selain dengan menggunakan sumur sendiri, kamu bisa memperoleh air bersih lewat PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum. PDAM sendiri merupakan perusahaan milik pemerintah yang menyediakan layanan air bersih dengan sistem berlangganan. Bagaimana cara bayar PDAM setiap bulan?

Cara bayar PDAM bisa dilakukan dengan dua cara yakni secara online dan offline. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara mengecek tagihan PDAM dan cara pembayarannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Cek Tagihan PDAM

Cara Bayar PDAM

Sebelum melakukan pembayaran, kamu mungkin ingin tahu seberapa banyak jumlah air yang kamu gunakan di bulan ini atau bulan-bulan lainnya. Caranya adalah:

Cek Tagihan PDAM Lewat Aplikasi

Sampai saat ini PDAM belum memiliki aplikasi resmi yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan. Namun ada beberapa penyedia aplikasi yang memungkinkan kamu melakukan pengecekan, salah satunya adalah PDAM Info. Selain mengecek tagihan, kamu juga bisa melakukan komunikasi baik mengajukan komplain atau saran lewat aplikasi ini. Caranya adalah:

  • Unduh dan install aplikasi PDAM Info dengan menggunakan ponsel Android Anda
  • Di menu utama, pilih “Info Tagihan”
  • Ketik nomor sambungan, nama pelanggan serta kota atau kabupaten tempat kamu tinggal. Selanjutnya pilih instansi PDAM yang sesuai dengan daerahmu dan klik “Simpan”.

Cara Cek Tagihan PDAM Lewat Situs Resmi

Kamu juga bisa melakukan pengecekan tagihan air lewat situs resmi. Biasanya setiap kota memiliki situs resmi yang berbeda-beda. Secara umum caranya adalah:

  • Buka website resmi PDAM di kotamu
  • Klik menu info tagihan pelanggan lalu masukkan ID pelanggan kamu. Pilih “Submit” untuk mengecek perkiraan tagihan.

Cara pengecekan lewat aplikasi dan situs bisa berbeda-beda, tergantung aplikasi yang kamu gunakan dan website resmi PDAM kotamu. Melakukan pengecekan secara berkala sangat penting agar kamu bisa mempersiapkan dana untuk pembayaran tagihan airmu.

Cara Bayar Tagihan PDAM

Cara Bayar PDAM

Setelah melakukan pengecekan tagihan, saatnya untuk melakukan pembayaran. Pastikan untuk membayar tagihan maksimal tanggal 25 setiap bulannya. Hindari penunggakan untuk mencegah gangguan operasional yang merugikanmu dan pelanggan lain. Pembayaran tagihan PDAM dapat dilakukan dengan 2 cara yakni:

Cara Bayar Tagihan PDAM Offline

Pembayaran PDAM secara langsung atau offline dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Datang ke kantor PDAM terdekat. Kunjungi loket yang ada di kantor PDAM di kotamu, beritahukan nomor pelanggan dan petugas akan menginformasikan jumlah tagihanmu untuk kamu bayar
  • Lewat PDAM Keliling. Di beberapa kota tersedia mobil PDAM keliling untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran. Caranya sama dengan pembayaran langsung di loket yakni cukup dengan memberitahukan nomor pelanggan kemudian bayar tagihanmu.

Cara Bayar Tagihan PDAM Online

Seiring dengan kemajuan teknologi, bayar PDAM semakin mudah dilakukan yakni secara online. Kamu hanya membutuhkan perangkat berupa PC atau ponsel, rekening bank atau saldo e-wallet. Ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih untuk melakukan pembayaran online:

  • Lewat aplikasi mobile banking. Jika kamu memiliki aplikasi mobile banking, kamu bisa melakukan pembayaran langsung. Namun sebelumnya, pastikan saldo di rekeningmu mencukupi. Caranya cukup login ke akunmu kemudian pada menu utama pilih “Pembayaran”. Di halaman tersebut akan muncul beragam pilihan, klik menu “Pembayaran PDAM”, masukkan nomor pelanggan dan ikuti langkah selanjutnya.
  • Lewat marketplace. Beberapa marketplace besar di tanah air menyediakan jasa pembayaran PDAM. Langkah-langkahnya mirip dengan cara pembayaran lewat mobile banking, tergantung marketplace apa yang kamu gunakan.

Mau tahu cara bayar PDAM yang lebih mudah lagi? Kamu bisa mengunduh aplikasi OttoPay. Tidak hanya melakukan pembayaran untuk rekening airmu sendiri, kamu juga bisa sekalian membuka jasa pembayaran rekening air di tempat tinggalmu. Mau cuan lebih banyak lagi? Kamu bisa menjual beragam produk digital yang semua tersedia dalam satu aplikasi. Unduh dan jadi mitra sekarang juga dengan klik link ini!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: