7 Manfaat Menggunakan Invoice Digital untuk Bisnis

27 Maret 2024

Salah satu penentu keberhasilan dalam bisnis adalah efisiensi proses bisnisnya. Contohnya dalam mencatat invoice transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Tentunya, ini akan menjadi hal yang sangat merepotkan jika perusahaan melakukan ratusan transaksi pada satu hari. Nah, salah satu solusi terbaik untuk membuat pekerjaan ini jadi lebih efisien adalah menggunakan invoice digital.

Manfaat Invoice Digital untuk Bisnis

manfaat invoice digital
Sumber : Pexels

Tak hanya memudahkan pengarsipan, adanya invoice digital atau e-invoice juga menjadi perantara antara pihak penjual dan pembeli atau vendor. Mudahnya, perusahaan tidak lagi perlu mengingatkan untuk melakukan pembayaran karena semua sudah berjalan secara otomatis. Selain itu, berikut manfaat lain menggunakan invoice digital untuk bisnis: 

  1. Analisis riwayat tagihan lebih mudah

Pengelolaan histori transaksi dari pihak lain yang terlambat sudah pasti akan membuat pencatatan tagihan jadi lebih sulit dilakukan. Akibatnya, terjadi penurunan produktivitas dari para pekerja. Inilah mengapa e-invoice itu penting untuk bisnis.

Hadirnya fitur ini membuat perusahaan lebih mudah mengelola, mencari, dan melakukan analisis tagihan. Dengan begitu, produktivitas karyawan akan meningkat karena proses pendataan yang lebih cepat. 

Baca juga: Apa Itu Invoice? Berikut Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

  1. Arus kas lebih optimal

Data arus keuangan atau arus kas tentu harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Pasalnya, pendataan yang tidak teliti atau bahkan salah akan berdampak signifikan terhadap aktivitas operasional bisnis yang berujung pada penurunan keuntungan. Melalui fitur invoice digital, pencatatan arus kas dan keuangan perusahaan akan menjadi lebih optimal sehingga bisa mengurangi salah pencatatan.  

  1. Pembayaran mudah dan cepat

Semua bentuk proses transaksi yang masih berjalan secara manual atau offline akan memerlukan lebih banyak waktu. Hal ini akan membuat karyawan lebih lama menyelesaikan tugas dan bisa jadi tidak dapat menuntaskan pekerjaan lainnya. Nah, adanya invoice digital, semua proses transaksi tentunya akan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Misalnya, fitur ini akan membuat pengiriman barang kepada pelanggan dan vendor menjadi lebih cepat. Alhasil, semua pihak tersebut akan melakukan pembayaran segera setelah barang mereka terima. 

  1. Hemat biaya

Selain tidak ramah lingkungan karena dapat meningkatkan pemakaian kertas, menggunakan invoice manual juga pastinya memerlukan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Sebaliknya, menggunakan invoice digital menawarkan pemangkasan biaya yang biasanya digunakan untuk membeli kertas dan peranti lain untuk mencetak invoice. 

Tak ketinggalan, biaya pengiriman. Dengan demikian, kamu bisa mengalokasikan biaya tersebut untuk bagian lain yang pastinya tak kalah penting. Misalnya menggunakan untuk promosi produk. 

  1. Pembukuan lebih mudah

Manfaat lain menggunakan invoice digital untuk bisnis adalah memudahkan proses pembukuan. Pasalnya, pembukuan yang dilakukan secara manual tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga, apalagi jika data penting yang diperlukan ternyata rusak atau bahkan hilang.

Ini akan berdampak pada ketidakseimbangan bisnis karena data pembukuan yang tidak lengkap. Lain halnya dengan memakai e-invoice karena pencatatan telah dilakukan dan tersimpan secara otomatis. Jadi, kapan saja memerlukan data tersebut, kamu bisa langsung mencarinya secara daring.

  1. Pengelolaan lebih optimal

Selain itu, dibandingkan dengan cara manual, pengelolaan dengan menggunakan invoice digital akan terasa lebih optimal dan cepat. Pasalnya, layanan e-invoice biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang. Misalnya, fitur pemantauan kegiatan pengiriman dan penagihan fraktur yang tidak lagi harus dilakukan secara manual. 

  1. Performa bisnis lebih baik

Dari semua keunggulan yang ada, menggunakan e-invoice tentu saja dapat meningkatkan performa bisnis. Ini karena kinerja dan produktivitas karyawan yang turut meningkat dengan proses kerja yang jauh lebih mudah dan cepat. Secara tidak langsung, pastinya keuntungan perusahaan juga mengalami peningkatan.

Baca juga: Ini 8 Komponen yang Wajib Ada di Invoice

Jadi, kamu sudah tahu apa saja manfaat menggunakan invoice digital untuk bisnis. Jangan ragu untuk ikut menerapkan cara ini sehingga bisnis bisa berkembang lebih optimal. Kamu dapat memanfaatkan layanan Payment Link dari OttoPay Bisnis. Melalui layanan ini, kamu bisa membuat sendiri invoice digital pada pelanggan.

Selain itu, metode pembayaran yang tersedia juga beragam—mulai dari QRIS, transfer antar bank, virtual account, hingga menggunakan kartu debit dan kredit. Tak hanya Payment Link, OttoPay Bisnis juga menawarkan berbagai layanan bisnis lain yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Dapatkan semua keuntungan tersebut dengan bergabung menjadi mitra bisnis OttoPay

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: