4 Metode Pembayaran Online yang Paling Diminati

27 Maret 2024

Sekarang, telah banyak merchant yang menerapkan metode pembayaran online demi membuat transaksi menjadi lebih mudah. Tak hanya kota besar, beberapa kawasan kecil juga mulai menerapkan metode serupa untuk memudahkan para pelanggan. 

Memang benar, transaksi daring menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh bisnis di era canggih seperti saat ini. Namun, sebenarnya, tahukah kamu apa itu metode pembayaran online? Lalu, apa saja pilihan transaksi online yang paling sering digunakan oleh pelanggan?

Kenalan dengan Metode Pembayaran Online

Sumber : Pexels

Jadi, metode pembayaran online adalah cara transaksi yang memanfaatkan teknologi, dalam hal ini internet. Sistem ini kian populer beberapa waktu terakhir karena membuat transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Contohnya, pemilik bisnis tidak lagi harus menyiapkan uang untuk kembalian, terutama uang koin. 

Dengan begitu, operasional dan kelangsungan bisnis jadi lebih mudah dan terkendali. Sementara itu, pelanggan juga tidak lagi harus membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk bisa berbelanja. Jadi, proses belanja menjadi lebih mudah dan minim risiko tindakan kriminal.

Metode transaksi secara nontunai juga mulai diadaptasi oleh industri Tanah Air maupun internasional. Makin hari, jumlah perusahaan yang menerapkan metode transaksi ini makin meningkat. Ini karena tingginya minat konsumen pada belanja daring hingga ke luar negeri yang pastinya harus didukung oleh cara pembayaran yang mudah dan aman. 

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

Metode Pembayaran Online yang Banyak Diminati

Sumber : Pexels

Dari banyaknya metode pembayaran elektronik yang kamu ketahui, ada beberapa pilihan yang paling sering digunakan oleh pelanggan. Berikut di antaranya:

  1. QRIS

Quick Response Code Indonesia Standard atau lebih populer dengan sebutan QRIS adalah cara transaksi yang dilakukan dengan pemindaian atau scan kode QR. Biasanya, merchant akan memajang kode QR ini ketika hendak membayar pada area kasir. 

Pelanggan hanya perlu mengakses aplikasi m-Banking dan memindai kode untuk bertransaksi. Nantinya, jumlah belanja akan muncul pada layar, dan pelanggan cukup memasukkan PIN transaksi untuk menyelesaikan pembayaran. Tidak perlu lagi menunggu lama. 

  1. Dompet digital (E-wallet)

Metode selanjutnya adalah dompet digital atau electronic wallet (e-wallet). Bahkan, saat ini tak sedikit perusahaan yang sedang mengembangkan metode transaksi satu ini, baik perusahaan perbankan maupun finansial teknologi. Pasalnya, e-wallet jadi pilihan transaksi yang dinilai nyaman, praktis, dan aman. 

Tentu saja, metode ini membantu meningkatkan penjualan perusahaan. Sekarang, ada banyak pilihan dompet digital yang beredar—mulai dari ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, hingga LinkAja. Setiap layanan tentu menawarkan keunggulan tersendiri. 

  1. Kartu debit atau kredit

Meski telah ada dompet digital dan QRIS, transaksi dengan kartu kredit maupun debit juga masih tinggi peminatnya di Indonesia. Setidaknya, ada satu mesin EDC yang disiapkan oleh merchant untuk pelanggan yang ingin bertransaksi memakai kartu. 

Sebenarnya, belum semua orang terbiasa untuk membayar dengan dompet elektronik maupun pindai QRIS. Mungkin pula ponsel pelanggan dalam kondisi mati sehingga transaksi tidak dapat dilakukan selain menggunakan kartu. 

  1. Virtual Account

Virtual account juga menjadi metode pembayaran online yang cukup populer. Bahkan, akun virtual menjadi opsi terbanyak untuk pelanggan yang ingin melakukan pengisian ulang saldo pada dompet elektronik. Tak jauh berbeda dengan QRIS, cara transaksi ini juga memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran.

Sebab, pelanggan hanya perlu menyalin nomor akun virtual pada layanan m-Banking atau mesin ATM. Selanjutnya, tanpa harus mendaftarkan rekening tujuan dan menuliskan nominal transaksi, pelanggan bisa langsung melanjutkan pembayaran. Sebab, jumlah transaksinya sudah tertera pada layar. Sangat mudah dan pastinya minim kesalahan input data. 

Baca juga: 5 Hal Penting dalam Memilih Payment Gateway

Itu tadi beberapa pilihan metode pembayaran online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan adanya opsi transaksi online, bisnis akan menjadi lebih mudah dan kamu dapat memantau manajemennya dengan lebih maksimal. Jadi, jika bisnismu masih belum menerapkan cashless payment, ini saatnya. Manfaatkan layanan Payment Gateway dari OttoPay Bisnis.

Tak hanya menyediakan berbagai macam transaksi online, Payment Gateway dari OttoPay Bisnis juga telah mendapatkan sertifikasi dari PCI DSS. Selain itu, kamu juga bisa memilih layanan OttoPay Bisnis lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnismu. Yuk, daftar jadi mitra OttoPay Bisnis!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: