Tips Tambah Langganan Supaya Usahamu Makin Laris

8 Maret 2023
Tambah langganan

Apakah kamu sedang merasa usahamu hanya jalan di tempat? Atau belakangan malah sepi pelanggan? Jika ya, kamu datang ke tempat yang tepat. Kali ini akan dibahas bagaimana tips tambah langganan supaya usaha makin laris manis. 

Peran konsumen dan pelanggan jadi krusial agar bisnismu tetap bertahan untuk waktu lama. Tugas kamu sebagai pemilik usaha bukan cuma melahirkan produk baru, tetapi bagaimana produk itu bisa diminati pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. 

Menjaga relasi dengan pelanggan setia memang penting, tetapi usaha kamu juga memerlukan kehadiran pelanggan baru agar makin berkembang. Dengan menggaet konsumen potensial, kamu bisa membuka lebih banyak prospek baru.  

Lantas, apa saja cara menambah langganan yang bisa kamu lakukan?

Bangun Identitas dan Reputasi Brand yang Kuat

Tips Tambah Langganan
Sumber : Envato

Apa pun jenis usaha yang kamu jalani, penting untuk membangun identitas dan reputasi brand yang kuat. Identitas ini yang akan membuat orang selalu mengingat bisnis kamu dalam berbagai situasi. 

Reputasi brand juga penting supaya konsumen percaya pada apa yang kamu tawarkan. Membangun reputasi positif bisa dilakukan lewat berbagai cara, seperti memberikan pelayanan terbaik setiap saat, gencar berpromosi, memberi penawaran menarik, hingga menjaga kualitas produk. 

Pengalaman positif para pembeli biasanya mendorong mereka untuk memberikan ulasan serupa. Nah, ulasan positif pelanggan bisa menaikkan pamor bisnis kamu di mata konsumen. Ketika dibarengi dengan strategi pemasaran tepat, brand awareness publik atas usahamu pun turut menguat. 

Tentukan Target Pasar yang Sesuai

Tips Tambah Langganan
Sumber : Envato

Makin spesifik siapa target pasar usahamu, makin besar pula peluang untuk menarik pelanggan baru. Maka, cermati lagi produk atau layanan yang kamu tawarkan, siapa sih sebetulnya target pasar bisnismu. 

Sekarang, coba fokus memasarkan produk kepada mereka yang belum kamu jangkau. Contoh, kamu menjual makanan beku dalam jumlah besar untuk pelanggan dari kalangan restoran atau kafe. Namun, banyak juga pembeli eceran. 

Solusinya, kamu bisa mengemas ulang produk makanan beku ke dalam kemasan lebih kecil. Jadi, pembeli eceran untuk kebutuhan rumah tangga pun mau berlangganan di toko makanan beku milikmu.

Perkuat Digital Marketing

Tips Tambah Langganan
Sumber : Envato

Saat ini pemasaran digital melalui media sosial menjadi alat utama dalam menjangkau konsumen. Dengan mengenali siapa target pasar usaha, kamu bisa memilih platform yang tepat untuk memasarkan produk. Misalnya, jika produk menyasar anak muda, aktif di TikTok bisa mendongkrak angka penjualan.

Jangan lupa untuk tetap aktif mengelola akun kamu. Perbarui secara rutin, baik pada feed maupun story sehingga konsumen tahu usahamu masih ada dan terus berjalan. 

Mereka pun tidak ragu untuk mengontak kamu saat mencari kebutuhannya. Tentu saja merespons secara cepat setiap komentar, direct message, atau mention menunjukkan besarnya kemauan kamu untuk terlibat lebih intens dengan konsumen. 

Coba Endorsement dari Influencer

Tips Tambah Langganan
Sumber : Envato

Untuk melengkapi strategi pemasaran di media sosial, tak ada salahnya coba melakukan endorsement dengan para influencer. Cara ini cukup membantu dalam meningkatkan brand awareness publik atas bisnis yang kamu kelola. 

Apalagi, jika usaha kamu relatif baru dan belum banyak orang tahu. Para influencer yang memiliki banyak pengikut bisa jadi akan tertarik mencoba produk tersebut. Maka, pilihlah influencer yang memang memiliki citra sesuai dengan produkmu.

Contoh, toko online kamu menjual pakaian anak-anak buatan lokal. Kamu bisa menyasar influencer yang sudah menjadi orang tua untuk meng-endorse pakaian-pakaian tersebut. 

Berani Melakukan Kolaborasi dengan Bisnis Lain

Tips Tambah Langganan
Sumber : Envato

Terakhir, jangan berhenti melakukan inovasi bisnis dalam segala aspek. Mulai dari rajin memperbarui atau menambah variasi produk, melahirkan produk baru, hingga membuat terobosan baru yang menjadikan bisnismu berbeda. 

Bentuk inovasi bisnis lain yang juga bisa dilakukan adalah menjalin kolaborasi dengan bisnis yang masih berkaitan. Ya, alih-alih bersaing mengapa tidak mencoba untuk berkolaborasi. 

Tren kolaborasi kini jadi inovasi bisnis yang banyak dilakukan para pelaku usaha. Cara ini terbukti bisa membuat bisnismu berkembang dan menambah langganan baru. 

Contoh, selama ini kamu menjual minuman kekinian di salah satu pusat jajanan serba ada berupa es teh aneka rasa. Sementara, ada penjual lain menawarkan jajanan street food ala Korea. 

Coba buat paket bundling berisi satu porsi tteokbokki dan satu gelas es teh rasa leci, misalnya. Dengan begitu, pelanggan gerai jajanan tersebut tahu segarnya rasa es teh racikanmu sebagai pengusir rasa pedas saus tteokbokki. Bukan tak mungkin mereka tertarik membeli lagi es teh lagi lain waktu.

Demikian tips tambah langganan yang bisa kamu praktikkan. Cara menambah langganan di atas harus kamu lakukan secara konsisten supaya membuahkan hasil manis. 

Mustahil kamu bisa menambah pelanggan jika hanya sesekali saja melakukannya. Jika cara di atas belum cukup memenuhi target, kamu bisa mencoba cara satu ini: berjualan grosir lewat aplikasi OttoPay Produk Grosir.

Bersama OttoPay kamu bisa terhubung dengan sesama mitra dan memulai jual beli barang grosir lewat aplikasi. Jadi, mitra OttoPay di sekitar lokasi dapat menemukan serta membeli stok barang dengan mudah.

Tertarik mencobanya? Langsung download aplikasi OttoPay sekarang dan raih keuntungan lebih besar bersama OttoPay!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: