Modal Usaha UMKM
April 2022

Bang Otto Berbagi Tips untuk Dapat Bantuan Modal Usaha UMKM

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia punya banyak sekali usaha berskala mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurut Kemenkeu, pada pertengahan tahun 2021 jumlah UMKM mencapai 99,9% dari total 64,2 juta unit usaha. Jumlah usaha mikro (omzet maksimal 300 juta/tahun dan aset maksimal 50 juta) mencapai 63,3 juta unit.

Kamu, sebagai salah satu pemilik UMKM atau memiliki kenalan pemilik UMKM, juga sudah merasakan atau melihat langsung akibat pandemi yang berkepanjangan terhadap keuangan UMKM. Pemerintah ikut turun tangan membantu dengan memberikan bantuan modal usaha untuk UMKM. 

Di tahun 2022, ada 2,76 juta UMKM yang akan dapat bantuan pemerintah. Bantuan ini bentuknya uang tunai sebesar 600 ribu per UMKM. Tetapi, sifat bantuan ini hanya satu kali dan mungkin tidak cukup untuk jadi bantuan modal UMKM. Selain bergantung dari bantuan pemerintah, Bang Otto punya beberapa tips sumber bantuan modal UMKM-mu. Kamu bisa mencoba dengan:

1. Meminjam dari orang terdekat

Walaupun meminjam dari keluarga atau sahabat, kamu harus tetap bertanggung jawab, ya! 

Tips Bang Otto: Kasih penjelasan lengkap bagaimana rencana pengembangan UMKM-mu. Kamu juga harus membicarakan kapan kamu akan mengembalikan pinjaman dan bunganya. Saudara atau sahabat yang memberi pinjaman akan jadi merasa lebih aman. 

2. Meminjam di bank atau pinjol (pinjaman online)

Selain ke orang terdekat, kamu juga bisa meminjam dari bank. Ada banyak macam kredit dengan bunga dan jangka waktu yang ditawarkan bank. 

Tips Bang Otto: Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu membayar cicilan bulanannya. Jangan sampai utang menumpuk dan jadi masalah baru.

3. Menjual aset

Untuk mendapat modal, kamu juga bisa coba menjual barang-barang berharga yang dimiliki seperti perhiasan atau kendaraan. 

Tips Bang Otto: Jika merasa berat untuk menjual aset, kamu juga bisa menyewakan kendaraanmu. Tapi, harus siap dengan risikonya juga ya.

4. Mengajak teman

Ajak temanmu untuk menjadi rekan dalam UMKM. Dengan begitu, kamu bisa membagi beban modal dan biayanya. Bonusnya, kamu juga jadi punya teman untuk mengobrol seputar usaha kamu.

Tips Bang Otto: Teman dekat belum tentu adalah yang terbaik untuk diajak bikin usaha bersama. Pilih teman dengan minat dan tujuan yang sama. Bikin perjanjian yang jelas di awal, biar nggak bertengkar di kemudian hari.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mendapatkan modal usaha dengan cara menjadi Mitra OttoPay. OttoPay bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk memberikan kamu modal usaha sampai 25 juta rupiah, loh! Syarat utamanya, kamu sudah terdaftar jadi Mitra OttoPay dan punya akun rekening Bank Mandiri. Syarat dan ketentuan lengkapnya bisa kamu baca di laman program Dana Talangan

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi OttoPay sekarang untuk mendaftar jadi Mitra OttoPay. 

Sumber: Kemenkeu, Tribun News, Pintek

Artikel Terpopuler
Tag Terpopuler