6 Merek Mesin Cuci untuk Bisnis Laundry

19 Desember 2023

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan sebelum mendirikan bisnis laundry adalah menyediakan mesin cuci untuk laundry yang tepat. Di antara yang beredar di pasaran, mesin cuci jenis front loading atau bukaan depan kerap jadi pilihan. Hal ini bukan tanpa alasan. Dibandingkan jenis top loading, mesin cuci bukaan depan punya banyak kelebihan.

Mulai dari kapasitasnya yang lebih besar, bentuknya lebih kokoh, hingga hasil pencucian yang lebih bersih adalah alasan mengapa harga mesin cuci front loading cenderung lebih mahal dibanding mesin bukaan atas. Lalu, merek apa yang sekiranya bagus? Sebagai rekomendasi, berikut 6 merek mesin cuci untuk laundry andalan pebisnis!

1. LG

Merek asal Korea Selatan ini diketahui punya banyak sekali produk mesin cuci keren dengan kelebihannya masing-masing. LG juga memproduksi sejumlah mesin front loading dengan fitur bervariasi sesuai kebutuhan ibu rumah tangga. Untuk bisnis laundry, LG juga punya variasi mesin front loading keren yang tidak hanya bisa mencuci tetapi mengeringkan pakaian secara efektif.

Salah satu seri terbaik untuk bisnis laundry adalah LG F12024NTGW dengan kapasitas hingga 14 kg dan fitur turbo wash yang diketahui dapat menghemat waktu cuci hingga 30 menit. Ditambah konsumsi listrik sekitar 350 watt saja, bisa dibayangkan betapa ekonomisnya memiliki mesin cuci ini di bisnis kita bukan?

2. Samsung

Ingin mencari mesin cuci dengan konsumsi daya yang lebih hemat dibanding LG? Jangan khawatir, produk Samsung bisa kamu pilih untuk memulai usaha laundry. Salah satu seri yang banyak direkomendasikan yaitu Samsung WW12K84120W diklaim sebagai mesin hemat listrik dengan konsumsi daya sekitar 150 watt saja. 

Dengan kapasitas sekitar 12kg, mesin ini ini dilengkapi dengan banyak fitur canggih yang salah satunya bisa memudahkan pengusaha laundry, seperti fitur AddWash yang memungkinkan pengguna menambahkan cucian lain tanpa menghentikan putaran mesin.

3. Electrolux

Merek ini cukup populer di kalangan pebisnis dan kerap jadi mesin cuci untuk laundry andalan. Bagaimana tidak, selain variasi front loading-nya cukup banyak, mesin cuci Electrolux juga diketahui punya sistem Deodorize dan Dewrinkle yang akan membuat cucian tidak mudah kusut dan aroma tidak sedap hilang secara maksimal. Konsumsi daya Electrolux juga tidak terlalu besar jadi mesin ini sangat ekonomis untuk bisnis.

4. Modena

Modena merupakan salah satu pilihan murah dibanding merek lainnya. Meskipun begitu, mesin cuci ini punya kelebihan yang tidak bisa diabaikan. Salah satunya adalah kemampuan mencuci berbagai jenis pakaian secara maksimal. Setiap jenis pakaian punya durasi cuci berbeda sehingga kita tidak perlu khawatir jeans atau anduk yang diketahui cukup tricky dan tebal tidak tercuci dengan bersih.

Baca Juga: Ingin menggunakan Layanan Mesin EDC? Ini Biaya Rata-Rata yang Harus Kamu Bayar!

5. Sharp

Merek Sharp juga termasuk salah satu mesin cuci untuk laundry yang sering digunakan  karena Eco Logic System dan Quick Wash System-nya. Kedua fitur ini diketahui dapat membantu kita mencuci dalam waktu singkat sehingga lebih hemat waktu dan jumlah orderan yang dapat diselesaikan maksimal. Desain modern, fitur child lock, dan konsumsi daya rendah juga jadi pertimbangan mengapa Sharp cukup diminati. 

6. Panasonic

Bagi penggemar produk lokal, Panasonic mungkin bisa menjadi pilihan. Salah satu serinya yaitu Panasonic NA-128VKS diketahui punya spesifikasi mumpuni dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Mesin cuci jenis front loading ini juga diketahui dapat menjaga kualitas cucian sehingga pakaian tidak mudah rusak atau melar. 

Jadi, sebanyak apapun pakaian yang dicuci (maksimal 8kg), mesin cuci Panasonic ini akan memastikan kebersihan dan menjaga kualitas kain. Ditambah fitur laundry add, tidak heran jika banyak pengusaha laundry yang memilih mesin ini untuk memulai bisnis mereka.

Itulah beberapa rekomendasi mesin cuci untuk laundry yang bisa kamu pilih sebelum membangun usaha laundry. Masing-masing merek punya seri yang harganya bisa disesuaikan dengan bujet bisnis. Selain memilih mesin cuci yang tepat, untuk membangun bisnis laundry kita juga butuh manajemen keuangan yang mumpuni.

Hal ini penting agar setiap omset yang masuk bisa menghasilkan profit dan tercatat secara sistematik. Untuk membantu kita dalam mengatur keuangan, jangan ragu menggunakan layanan POS dari Ottopay. Tidak hanya membantu mencatat setiap transaksi yang berlangsung, layanan ini juga membantu kita untuk mengelola keuangan bisnis secara baik.

Jadi, sudah siap memulai usaha bisnis dengan Ottopay?  

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: