Ingin Punya Bisnis Sendiri? Ini 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan

29 Maret 2023
Tips Memulai Bisnis

Menjadi seorang pebisnis memungkinkanmu untuk memperoleh peluang penghasilan tak terhingga. Apalagi, saat ini peluang meraih kesuksesan bisnis terbuka lebar berkat kemajuan teknologi. Kamu pun tinggal memanfaatkan kesempatan tersebut dengan cara memulai bisnis yang potensial. 

7 Cara Memulai Bisnis yang Harus Anda Persiapkan

Tips Memulai Bisnis
Sumber : Envato

Kalau kamu memang benar-benar mempunyai ketertarikan menjadi entrepreneur, ada 7 cara dan tips memulai bisnis, yaitu: 

1. Tips Memulai Bisnis yang Paling Awal: Ide Bisnis yang Cemerlang

Tahapan awal dalam cara memulai bisnis adalah adanya sebuah ide bisnis yang cemerlang. Ide ini bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau kamu bisa memperoleh ide bisnis cemerlang ketika tengah bersantai di depan rumah atau saat jalan-jalan bersama keluarga. 

2. Riset Pasar

Langkah selanjutnya yang perlu kamu laksanakan ketika ingin mulai menjalankan bisnis adalah riset pasar. Ada banyak tujuan pelaksanaan riset pasar yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:  

  • Menemukan segmen pasar yang potensial dan menguntungkan
  • Menetapkan target pemasaran yang realistis
  • Mengidentifikasi permasalahan para para konsumen
  • Mengetahui karakteristik konsumen

Pelaksanaan riset pasar dapat kamu lakukan secara fleksibel. Kamu dapat memanfaatkan riset pasar dengan terjun secara langsung dan memperoleh data primer. Sebagai contoh, melakukan wawancara, membagikan kuesioner, dan lain sebagainya. 

Selain itu, ada pula pilihan untuk melaksanakan metode riset pasar sekunder. Dalam metode ini, kamu dapat memanfaatkan data sekunder yang telah ada. Apalagi, ada banyak lembaga baik pemerintah maupun swasta yang melakukan riset pasar. 

3. Susun Business Plan

Tahapan dalam cara memulai usaha yang selanjutnya adalah menyusun business plan. Dokumen ini merupakan fondasi penting dalam setiap bisnis. Tanpa adanya business plan, bisnis yang kamu jalankan bakal goyah.

Business plan berguna tidak hanya bertujuan untuk memahami tujuan bisnis yang kamu buat. Namun, keberadaannya juga bisa menjadi petunjuk berkaitan dengan strategi dalam mengatasi berbagai hambatan dan tantangan dalam bisnis.

Baca juga: Mau Berbisnis? Ini 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

4. Siapkan Modal

Tips memulai bisnis yang selanjutnya adalah berkaitan dengan modal. Kamu perlu menyiapkan modal awal yang memadai agar bisnis dapat segera berjalan. Modal tersebut bisa kamu kumpulkan dengan dana sendiri atau memanfaatkan investor. 

5. Tetapkan Jenis Badan Usaha

Langkah berikutnya adalah dengan menetapkan jenis badan usaha. Ada banyak pilihan badan usaha yang bisa kamu jalankan. Kalau kamu memiliki modal yang terbatas, tak ada salahnya kalau memilih untuk menjalankan usaha secara tradisional dengan bentuk perusahaan perseorangan. 

Namun, kalau kamu ingin usaha tersebut berkembang pesat, tak ada salahnya untuk menyiapkan badan usaha yang profesional. Contohnya, kamu memilih usaha dalam bentuk CV atau PT. Pilihan tersebut bakal berdampak pada struktur organisasi yang relatif lebih kompleks dibanding perusahaan perorangan. 

Baca juga: Mau Buka Bisnis Rumahan? Simak 6 Ide Menarik Berikut Ini!

6. Bangun Tim yang Solid

Bisnis yang kamu miliki tak bisa berjalan sendiri. Kamu butuh tim yang berfungsi untuk menunjang aktivitas operasionalnya. Oleh karena itu, cara memulai bisnis selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah berkaitan dengan upaya membentuk tim yang solid. 

Tim solid memiliki peran yang sangat penting dalam proses memulai sebuah bisnis. Apalagi, kamu akan memperoleh banyak tantangan berat saat awal-awal menjalankan usaha tersebut. Tanpa adanya sebuah tim yang solid, kamu bakal mengalami banyak kesulitan. 

7. Survei Kepuasan Pelanggan dan Evaluasi

Terakhir, kamu perlu memahami pentingnya evaluasi berkala dalam bisnis. Evaluasi bisa kamu lakukan dengan mendapatkan masukan dari para konsumen. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melaksanakan survei berkaitan dengan tingkat kepuasan pelanggan. 

Nah, itulah 7 tips memulai bisnis yang perlu kamu ketahui. Lewat tahapan yang sistematis tersebut, kamu dapat menjalankan bisnis secara lebih tertata. Tak ketinggalan, kamu juga perlu melengkapi bisnis tersebut dengan sarana pendukung yang tepat. 

Salah satu sarana pendukung tersebut adalah aplikasi pembayaran digital OttoPay. Aplikasi OttoPay tak hanya memberi kemudahan bagi kamu dalam melayani berbagai jenis pembayaran. Namun, kamu juga akan mendapatkan benefit berupa pencatatan transaksi yang sangat rapi.

Yuk, segera gunakan OttoPay untuk kemajuan bisnis kamu!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: