Mau Buka Bisnis Rumahan? Simak 6 Ide Menarik Berikut Ini!

21 Februari 2023
Bisnis Rumahan

Membuka bisnis memang membutuhkan modal, mulai dari modal dana sampai modal tempat. Untuk kamu yang ingin buka usaha tetapi belum memiliki toko sendiri, ada beragam bisnis rumahan yang bisa jadi pilihan.

Bisnis rumahan tidak hanya bisa jadi usaha utama. Kamu yang sudah punya pekerjaan tetap misalnya sebagai karyawan, juga tetap bisa menjalankannya. Simak beberapa peluang usaha rumahan yang menjanjikan berikut ini!

  1. Katering Makanan Sehat

Bisnis rumahan modal kecil pertama yang populer beberapa tahun ke belakang adalah bisnis katering makanan sehat. Seperti yang kita tahu, pandemi yang berlangsung membuat kesadaran untuk menjaga kesehatan jadi makin tinggi. Inilah yang membuat usaha katering makanan sehat memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Sebagai langkah awal, kamu bisa menyediakan makanan sehat dengan cara pre-order. Kalau pelangganmu sudah banyak, kamu bisa menyediakan beragam pilihan paket mulai dari paket harian, mingguan atau bulanan. Jangan lupa berpromosi di media sosial dan sediakan layanan pesan antar untuk memudahkan pelangganmu, ya!

  1. Jual Makanan Kekinian Secara Online

Setiap tahunnya, tren jajanan atau makanan kekinian terus berubah. Kalau kamu memiliki kemampuan memasak, ini bisa jadi kesempatan yang menarik untuk mendulang cuan. Agar tahu makanan apa yang sedang diminati, rajin-rajinlah melihat tren pasar. Berpromosi secara online lewat media sosial serta menyediakan sistem PO untuk mereka yang ingin membeli hanya membutuhkan modal yang kecil. 

Karena tren makanan kekinian sifatnya musiman, kamu mungkin akan merasakan penjualan berkurang seiring berjalannya waktu. Karena itu, kamu harus bisa berkreasi dengan menciptakan menu baru yang berbeda.

  1. Buka Jasa Jahit Pakaian

Bagi sebagian orang, membuka usaha jahit di rumah mungkin kedengaran sudah ketinggalan zaman. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang memilih untuk menjahitkan baju ketimbang membeli, apalagi baju seragam untuk acara-acara khusus seperti pernikahan atau arisan keluarga.

Kalau kamu punya skill menjahit, jangan sia-siakan kesempatan ini. Buat papan nama di depan rumah dan rajin-rajin berpromosi kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

  1. Freelancer

Istilah freelancer atau pekerja lepas mungkin sudah tidak asing di telingamu. Para pekerja lepas ini umumnya menjadikan profesi ini sebagai sampingan. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang pekerjaan utamanya adalah seorang freelancer. Pilihan pekerjaan lepas yang bisa kamu ambil pun beragam, tergantung pada skill yang kamu punya.

Untuk yang memiliki kemampuan desain grafis atau web developing, kamu bisa menawarkan jasamu lewat media sosial atau marketplace khusus freelancer. Begitu juga kamu yang mahir menulis atau menerjemahkan. Makin tinggi jam terbangmu, makin besar peluangmu mendapatkan proyek dengan nilai besar.

  1. Jual Air Minum Isi Ulang

Menjual air minum isi ulang merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, kamu tinggal di kawasan padat penduduk seperti perumahan atau kawasan kos-kosan.

Kamu bisa membeli mesin air isi ulang sendiri dan menginstalnya di rumah. Namun, kalau tidak ingin repot, kamu bisa menjadi reseller air minum isi ulang dari brandbrand yang sudah ada. Titipkan di warung atau toko kelontong di sekitar rumahmu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Menyediakan opsi pesan antar juga akan memberi nilai plus agar bisnis air minum isi ulangmu makin diminati.

  1. Jual Produk Digital

Ada banyak sekali pilihan produk digital yang bisa dengan mudah kamu jual dari rumah, mulai dari pulsa, voucher game, sampai token listrik. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jualan produk digital ini juga terbilang kecil. Asal kamu punya internet dan smartphone, kamu bisa menjalankannya langsung.

Tertarik berjualan produk digital dan menyediakan beragam layanan pembayaran lainnya? OttoPay siap menjadi mitramu memulai bisnis rumahan yang menguntungkan. Yuk, langsung unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: