Begini Tips Atur Usaha Modal Minim Jadi Maksimal dan Untung Besar

22 Februari 2023
usaha modal minim

Pengelolaan keuangan yang kurang tepat dapat menyebabkan usaha modal minim sulit berkembang dan mendapatkan keuntungan. Pasalnya, keuangan bisnis merupakan hal krusial yang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan. Sangat penting bagi kamu untuk mulai mempelajari cara mengelola bisnis modal minim. Tujuannya untuk menjaga arus kas tetap positif dan stabil. 

Cara Mengatur Usaha Modal Minim Agar Untung Besar 

Usaha Modal Minim
Sumber : Envato

Agar bisnis tetap berjalan lancar, pastikan kamu menerapkan sejumlah aspek penting dalam mengelola usaha minim modal untung besar secara komprehensif. Adapun cara sederhana mengatur keuangan bisnis, sebagai berikut.

Buat Perencanaan dan Anggaran 

Sebelum memulai usaha modal minim, buatlah perencanaan dan anggaran. Perencanaan usaha dapat membuat kamu lebih terarah dan tetap fokus saat menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan yang baik tidak hanya meminimalisasi risiko, melainkan juga mempermudah kamu mengembangkan bisnis di kemudian hari. 

Membuat anggaran juga penting dilakukan agar rencana bisnis dapat direalisasikan. Anggaran bisnis mencakup seluruh biaya dari pengelolaan barang, pengeluaran, hingga potensi pemasukan. Adanya anggaran bisa memudahkan kamu menentukan target operasional, mengendalikan pengeluaran, menetapkan harga jual, dan menyesuaikan kebutuhan dengan keadaan usaha modal minim yang dijalankan.

Membuat Catatan Keuangan 

Mencatat keuangan bisnis bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi modal yang kamu gunakan. Mulailah dengan merinci biaya pengeluaran dan pemasukan. Kamu dapat melacaknya melalui faktur, kuitansi, atau bukti transaksi lainnya. Selain meminimalisir selisih angka, mencatat keuangan bisnis akan memudahkan kamu mengetahui pergerakan usaha. Berbekal catatan mengenai kondisi finansial, kamu juga akan lebih mudah menetapkan keputusan bisnis. 

Hindari Mencampur Uang Pribadi dan Usaha 

Sangat disarankan untuk memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi. Apabila mencampurnya, hal ini akan menyulitkan kamu mengetahui stabilitas usaha, melakukan pembukuan, dan menghitung keuntungan. Untuk memulainya, buatlah rekening khusus bisnis dan pribadi. Hindari menggunakan modal usaha untuk kebutuhan sehari-hari karena dapat menyebabkan bisnis tidak berkembang dan mengalami kerugian. 

Agar tetap mendapat pemasukan untuk kebutuhan harian, kamu bisa menyisihkan 10% hingga 20% dari keuntungan yang didapatkan. Misalnya, keuntungan bersih bulan Juli mencapai Rp5.000.000, kamu bisa mengambil Rp500.000 sampai Rp1.000.000. 

Menggunakan Keuntungan Untuk Pengembangan Usaha 

Supaya usaha modal minim berkembang dengan pesat, gunakan keuntungan untuk menambah barang atau memperluas tempat usaha. Kamu juga bisa menyimpan sebagian keuntungan tersebut untuk dana cadangan apabila terjadi masalah, seperti penurunan omzet atau kerugian akibat hal lainnya. Berbekal keuntungan tersebut, bisnis akan terus bertahan. 

Contoh penerapannya: Misalnya keuntungan bersih bulan Agustus mencapai Rp8.000.000. kamu mengambil Rp1.600.000 untuk kebutuhan sehari-hari. Setengah dari keuntungan tersebut Rp3.200.000 disimpan untuk dana cadangan dan setengahnya lagi untuk menambah stok produk. 

Pilih Bahan Baku Murah Berkualitas 

Satu lagi cara terbaik untuk mengoptimalkan modal usaha untuk meraup keuntungan besar, yakni memilih bahan baku murah berkualitas. Untuk mendapatkan distributor atau supplier bahan baku murah berkualitas, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Catat seluruh nama distributor dan supplier kemudian bandingkan kualitas produk dan harga yang ditawarkan. 

Selain pemasok lokal, kamu bisa mempertimbangkan pemasok dari luar negeri. Cukup banyak pemasok yang menawarkan harga miring. Makin banyak jumlah yang kamu beli, harganya pun makin murah. Menariknya, beberapa marketplace global juga memberikan fitur potongan biaya pengiriman yang tidak membebani pengeluaran Alhasil, kamu bisa menekan harga jual dan selangkah lebih unggul dibandingkan pesaing lainnya. Demikianlah cara mengoptimalkan usaha modal minim yang dapat kamu coba. Berbekal tips tersebut, kamu akan lebih mudah mendapatkan keuntungan. Kalau membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha, jangan ragu menggunakan layanan Dana Talangan dari OttoPay bekerjasama dengan Bank Mandiri. Nikmati pinjaman dana dengan periode singkat mulai dari 14 hari tanpa repot dan proses pengajuan cepat.

Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi OttoPay atau instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: