Tips Memilih Sistem POS yang Efisien untuk Bisnismu

22 Juni 2023
Sistem POS

Merintis bisnis sekarang menjadi lebih mudah. Apalagi jika kamu mengintegrasikan sistem POS (Point Of Sale) dalam bisnis. Sistem ini memudahkan kamu untuk mengelola penjualan dan pembukuan keuangan bisnis. Tertarik untuk menggunakan sistem ini pada usahamu? Yuk, cari tahu bagaimana tips memilih sistem atau aplikasi POS yang efisien untuk kebutuhan bisnis.

Sistem POS
Sumber : Envato

Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Buat tujuan yang ingin dicapai ketika menggunakan aplikasi POS. Selain itu, pastikan sistem ini dapat memberikan banyak manfaat dengan mencari tahu apa saja keunggulan sistem kasir dengan sistem POS. Caranya dengan melihat dari sisi kemudahan penggunaan, proses instalasi, penggunaan pada perangkat yang diinstal, serta output

Ada Jaminan Keamanan

Ketika memutuskan menggunakan suatu sistem, keamanan wajib untuk diperhatikan. Nah, pastikan sistem POS kasir menyediakan jaminan keamanan. Dengan adanya jaminan keamanan kamu tidak akan cemas akan terjadinya manipulasi data. Data pelanggan akan tersimpan dengan aman.

Selain itu, cek apakah sistem Point Of Sale tersebut memiliki fitur untuk pencatatan stok barang dan fitur integrasi. Fitur tersebut berguna untuk memberikan rasa aman terhadap stok barang masuk dan keluar.

Perhitungkan Biayanya

Tips selanjutnya, perhitungkan biaya operasional penggunaan sistem POS. Jika kamu baru merintis bisnis, biaya operasional pasti menjadi kendala. Sebelum memutuskan menggunakan sistem POS kasir, ada baiknya kamu memperhitungkan biaya yang diperlukan. Jika perlu, unduh skema perhitungan harga sistem untuk mendapatkan gambaran besaran biaya.

Selain itu, cek apa saja keunggulan sistem kasir dengan sistem POS dari fitur-fitur yang tersedia. Lalu, analisis apakah fitur tersebut sesuai dengan biaya yang dikeluarkan atau tidak.

Mudah Digunakan

Memiliki aplikasi canggih untuk kebutuhan bisnis sangatlah penting. Namun, harus disadari aplikasi yang canggih harus dibarengi dengan kemudahan penggunaan (user-friendly). Jadi, pilihlah sistem  POS yang dapat digunakan baik oleh kamu atau para karyawan. Ada baiknya kamu mencari perusahaan atau vendor yang menyediakan sistem POS kasir yang responsif dan mudah digunakan. Salah memilih sistem untuk usaha akan berdampak pada kerugian. 

Ketahui Fitur yang Disediakan

Mengetahui apa saja keunggulan sistem kasir dengan sistem POS perlu dilakukan sebelum digunakan dalam bisnis. Kamu perlu tahu cara kerja serta manfaat fitur-fitur tersebut. Tak ada salahnya lakukan riset fitur terlebih dahulu sebelum memilih. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sistem POS yang sesuai untuk kebutuhan usaha.

Terhubung dengan Cloud

Dilansir dari Kemkominfo, Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara dengan pertumbuhan e-commerce yang paling tinggi di dunia. Hal ini dikarenakan banyak pelaku bisnis memanfaatkan koneksi internet untuk menjalankan bisnis. 

Selain koneksi internet, diperlukan sistem POS kasir yang terkoneksi dengan Cloud untuk bisnismu. Sistem ini memudahkan kamu untuk mengakses stok barang, mencatat pendapatan, pengeluaran, serta keuntungan kapan saja dan di mana saja. 

Tersedia Berbagai Metode Pembayaran

Tips memilih sistem POS selanjutnya adalah pertimbangkan ketersediaan metode pembayaran untuk customer. Sekarang ini, banyak customer memilih melakukan pembayaran digital atau cashless. Oleh karena itu, pilih sistem yang menyediakan berbagai metode pembayaran nontunai. Hal ini akan memudahkan customer untuk membeli berbagai produk dengan cepat. 

Sinkronisasi Stok Penjualan

Ketika memilih sistem POS kasir, pastikan sistem tersebut sudah otomatis tersinkronisasi. Hal ini diperlukan agar saat produk laku terjual sistem akan mengurangi stok yang terdaftar secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat melacak penjualan, mengecek stok barang, mempercepat transaksi, melakukan pencatatan penjualan, hingga menganalisis penjualan.

Inilah beberapa tips memilih sistem POS yang efisien untuk kebutuhan bisnis. Kenali apa saja keunggulan sistem kasir dengan sistem POS beserta fiturnya. Cari tahu juga biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan sistem POS Kasir tersebut. 

Nah, berita baiknya OttoPay saat ini bekerjasama dengan POS Helobill. Sistem ini menyediakan service untuk pencatatan stok, order, dan pembayaran. Selain itu, POS Hellobill bersama dengan OttoPay juga memiliki keunggulan yang bermanfaat untuk pebisnis seperti kamu, yaitu penggunaan sistem kasir dan pembayaran dalam 1 device. Tunggu apalagi?

Yuk, segera gabung menjadi Mitra Bisnis OttoPay untuk meningkatkan perkembangan bisnismu.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: