Ini Dia Standar Keamanan Sistem Pembayaran Online yang Perlu Kamu Tahu!

24 Januari 2024
pembayaran online
Sumber : Pexels

Jutaan kejahatan yang terjadi setiap tahunnya membuat banyak bisnis terancam. Konsumen mulai menyadari benar betapa berbahayanya kejahatan yang terjadi terkait sistem pembayaran online. Bagi kamu yang menjalankan usaha secara online seperti e-commerce, penting untuk memberikan tingkat keamanan yang dibutuhkan konsumen. Pasalnya, jika kamu abai, bisa jadi pelangganmu berpindah ke tempat lain.

Untungnya, saat ini ada beragam pilihan strategi keamanan yang bisa kamu pilih. Setiap strategi selalu diperbarui sesuai dengan kondisi terkini dan cukup mudah diterapkan. Apa saja contohnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Pentingnya Transaksi Non Tunai di Era Digital

Payment Gateway

Payment gateway atau gerbang pembayaran adalah aplikasi atau perangkat lunak yang mengenkripsi data keuangan dan mengesahkan transaksi. Payment gateway berkomunikasi dengan payment processor, memungkinkan transfer dana dari pembeli ke penjual.

Penyedia layanan payment gateway akan membantumu menangani identifikasi keuangan atas nama pelanggan, melindungi bisnismu dari risiko yang terkait dengan penyimpanan data di server mereka sendiri. Salah satu opsi payment gateway terbaik yang bisa kamu integrasikan dengan bisnismu adalah OttoPay.

STL dan TLS

Situs toko online atau e-commerce melindungi informasi pembayaran dengan cara mengenkripsi data sebelum mengirimkannya. Dua protokol utama yang digunakan untuk menyelesaikan enkripsi ini adalah Secure Socket Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS). 

TLS adalah protokol yang lebih baru, dengan algoritme enkripsi yang lebih kuat. Namun, banyak pelaku industri menggunakan kedua istilah tersebut bersamaan atau bergantian karena secara umum SSL lebih dikenal luas di kalangan pengguna internet.

Sebagian besar pemilik situs tidak mengkhawatirkan tentang perbedaan keduanya. Hal terpenting yang perlu dipikirkan adalah mendapatkan sertifikat SSL atau TLS dari layanan hosting tepercaya. Sertifikat ini menunjukkan bahwa data pelanggan dienkripsi dan dikirimkan dari komputer pengguna ke situs e-commerce selama langkah pertama dalam setiap transaksi pembayaran.

Baca Juga: Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

PCI Compliance

Payment Card Industry Security Standards Council (PCI SSC) adalah organisasi internasional yang didedikasikan untuk menjaga keamanan pembayaran. Mereka menerbitkan dan memperbarui PCI DSS (Standar Keamanan Data PCI) yang berlaku untuk semua entitas yang menyimpan, memproses, atau mengirimkan data pemegang kartu dan/atau data autentikasi sensitif.

Setiap bisnis memerlukan berbagai tingkat dalam kepatuhan PCI, mulai dari persyaratan sederhana untuk penjual online yang menggunakan gateway hingga validasi penuh untuk penyedia gateway itu sendiri. Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis dengan menggunakan payment gateway, pastikan penyedia layanan sudah memiliki sertifikasi PCI DSS. Jika tidak, ada baiknya kamu terus mencari sampai menemukan yang terbaik.

Tokenisasi

Enkripsi bukan satu-satunya cara untuk menyembunyikan pengidentifikasi keuangan saat data berpindah dari konsumen, situs tempat belanja, dan payment processor. Tokenisasi adalah salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menggantikan nomor kartu kredit dengan kode unik atau token. Cara ini bisa mencegah data konsumen dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

MFA (Multifactor Authentication)

Untuk memberikan akses terhadap informasi yang sensitif dan dilindungi, sistem perlu melakukan verifikasi identitas pengguna. Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan meminta kata sandi kepada pengguna. Sayangnya, orang yang tidak berhak bisa mendapatkan kata sandi tersebut sehingga cara ini dianggap kurang aman.

Karena itu, dibutuhkan faktor lain selain kata sandi. Faktor kedua ini biasanya berupa kode yang dikirimkan ke nomor telepon atau alamat email pengguna atas permintaan akses. Taktik ini bisa memverifikasi bahwa pengguna memang memiliki faktor atau item tersebut (nomor telepon atau akun email) yang membuktikan identitas mereka.

Mekanisme ini disebut sebagai MFA (Multifactor Authentication) atau otorisasi multifaktor. Cara ini memang terbilang sederhana tapi efektif untuk meningkatkan keamanan.

Ingin menerapkan standar keamanan sistem pembayaran online untuk bisnismu? Kamu bisa memulainya dengan menggunakan payment gateway dari OttoPay. OttoPay sudah dilengkapi dengan sertifikat PCI DSS dan memiliki berbagai layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Cek selengkapnya di sini!

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: