Pentingnya Transaksi Non Tunai di Era Digital

27 April 2023

Apa sih pentingnya transaksi non tunai? Banyak! Maka dari itu, tidak heran jika dari pemerintahan, pengusaha, hingga masyarakat luas menggunakan metode pembayaran cashless secara merata karena memang dampak positifnya bisa dirasakan berbagai kalangan.

Saat ini, penggunaan transaksi cashless dalam lingkungan pemerintahan maupun kalangan masyarakat kini mengalami perkembangan positif. Melansir dari medcom.id, nilai transaksi UE (uang elektronik) tumbuh 50.3% mencapai Rp34.3 triliun pada April 2022.

Nah, ingin tahu mengapa transaksi non tunai ini penting, serta bagaimana perjalanannya di Indonesia? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk ikuti saja artikel ini untuk mengetahui jawabannya secara ringkas lewat penjelasan di bawah ini!

Pengertian Transaksi Non Tunai (Cashless)

Semenjak era 1990-an, sistem transaksi cashless atau non tunai mulai diperkenalkan pada khalayak umum. Sistem transaksi dan pembayaran elektronik di NKRI dimaksudkan bukan untuk mengganti transaksi tunai, namun ditujukan untuk melengkapi satu sama lain.

Lalu, pada akhir dekade tersebut, ‘layanan bank elektronik’ pun muncul dan berkembang menjadi ‘mobile banking’ di tahun 1998. Sedangkan 9 tahun berikutnya atau 2007, penerapan uang elektronik ini jenisnya dibagi dua.

Pertama yakni uang elektronik berbasis server di mana penerapannya lewat aplikasi ponsel pintar. Sementara itu, uang elektronik kedua dikemas dalam suatu kartu plastik bersistem keamanan ‘chip’ yang umum ditemui lewat kartu pembayaran, seperti ATM, dan lainnya.

Terdapat regulasi yang mengendalikan penggunaan transaksi non tunai dan uang elektronik di NKRI. Regulasi tersebut tersedia dalam ‘Peraturan Bank Indonesia No.16/8/PB/2014’ mengenai perubahan atas ‘PBI No. 11/12/2009’ mengenai uang elektronik. 

Semenjak rilisnya regulasi itu, maka kebijakan penggunaan transaksi dan uang non tunai di Indonesia mulai diterapkan. Tidak cuma untuk perseorangan, transaksi non tunai pun penting diterapkan dalam berbagai kalangan, entah masyarakat luas maupun pemerintahan.

Pentingnya Transaksi Non Tunai untuk Lingkungan Pemerintahan

Untuk kalangan pemerintahan serta swasta khususnya bisnis besar dan raksasa, transaksi non tunai bisa memberi dampak besar. Nah, salah satunya yakni sebagai suatu sarana penting demi meningkatkan mutu pelayanan untuk masyarakat dan menciptakan good governance.

Bukan itu saja, transaksi non tunai atau cashless dalam era digital, tepatnya dalam ranah pemerintahan maupun perusahaan swasta pun mampu mengoptimalkan transparansi. Khususnya dalam transaksi dan alur keuangan.

Ini disebabkan bahwa segala transaksi secara mudah dapat diawasi kapanpun dan dimanapun. Alasan lain mengapa transaksi cashless penting dalam lingkungan pemerintahan yakni demi menjaga keamanan seluruh data transaksi.

Selain itu, mengapa transaksi non tunai penting yakni dikarenakan ia memiliki manfaat untuk menambah tingkat akuntabilitas serta inklusivitas literasi keuangan. Sehingga, semua dapat bertanggung jawab atas transaksi yang mereka telah buat.

Pentingnya Transaksi Non Tunai untuk Masyarakat Luas

Sesudah mengetahui pentingnya transaksi cashless atau non tunai dalam ranah pemerintahan, selanjutnya apa pentingnya untuk masyarakat umum? Jika dibandingkan dengan transaksi konvensional atau tunai, cashless lebih unggul sebab mampu menekan risiko kehilangan.

Risiko kehilangan yang dimaksud bisa karena kelalaian, tindakan kriminal, dan lain sebagainya. Dalam sistem non tunai, seluruh nominal keuangan bisa terjamin keamanannya dalam aplikasi selama jumlah saldo masih mencukupi.

Selain itu, transaksi cashless atau non tunai ini bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran. Contohnya seperti perdagangan online, pelunasan tagihan, angsuran pinjaman online, dan masih banyak lagi.

Mengapa memudahkan masyarakat? Karena pembayaran non tunai ini lebih praktis, sehingga penggunanya tidak perlu kerepotan menyiapkan dana secara fisik. Proses pembayarannya pun lebih cepat. Biasanya cukup memindai barcode dan mentransfer nominal tertentu saja.

Selain itu, transaksi non tunai pun dapat mencegah masyarakat dari beredarnya uang palsu dan lebih menariknya, biasanya aplikasi ponsel pintar yang berlandaskan transaksi non tunai ini memiliki sejumlah promo menarik seperti cashback, diskon, dan masih banyak lagi.Jadi itulah pembahasan seputar pentingnya transaksi non tunai. Khususnya untuk pemerintahan dan kalangan masyarakat. Nah, apakah kamu sudah menerapkan sistem ini? Jika belum, ayo gunakan transaksi non tunai mulai sekarang dan nikmati kemudahannya!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: