6 Keuntungan Pakai Pembayaran Non Tunai

27 April 2023

Saat ini, banyak orang menggunakan cashless. Sebab, keuntungan pakai pembayaran non tunai ini banyak sekali dan bisa mempermudah hidup. Contohnya saja dalam aspek keefisienan, kecepatan, kemudahan, dan lain sebagainya.

Keberadaan sistem pembayaran non tunai disebabkan oleh semakin berkembangnya teknologi dan digitalisasi dalam aspek kehidupan. Baik itu dalam ranah pemerintahan, bisnis, hingga masyarakat pada umumnya.

Sekarang, varian pembayaran non tunai sendiri beragam. Dimulai dari mobile banking, lalu internet banking, sampai e-money serta e-wallet. Segala sistem pembayaran dalam e-payment dijuluki sebagai transaksi non tunai atau cashless transaction.

Lantas, seperti apakah keuntungan-keuntungan menggunakan pembayaran non tunai yeng perlu kamu ketahui? Untuk mengetahui jawabannya, ikuti saja informasi dalam pembahasan artikel berikut ini!

6 Keuntungan Pakai Pembayaran Non Tunai

Dalam pembukaan artikel, telah disebutkan bahwa keuntungan menggunakan pembayaran cashless yakni tersedia dalam sejumlah aspek. Nah, tentang detailnya, di bawah ini merupakan poin-poin beserta penjelasan ringkas yang dapat kamu ikuti:

1. Lebih Mudah dan Efisien

Lewat pembayaran non tunai, kamu bisa lebih mudah dalam bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Tidak cuma itu, metode yang dapat kamu gunakan pun sangat bervariasi, contohnya seperti kartu kredit atau debit, e-money, sampai e-wallet.

Dewasa ini, e-wallet tengah naik daun. Kamu dapat memilih bermacam platform e-wallet. Tidak hanya aman, efisien, dan instan, kamu pun tidak memerlukan kartu saat transaksi.

2. Jaminan Keamanan Tinggi

Transaksi non tunai sudah pasti memiliki sistem keamanan berlapis. Hal tersebut dimulai dari pengguanan kata sandi, OTP, PIN, dan masih banyak lagi, tergantung menurut jenis traksaksi cashless apakah yang kamu lakukan.

Melalui eksistensi sistem keamanan mumpuni tersebut, transaksi non tunai dijamin memiliki keamanan tinggi. Sebab, tiada orang lain yang dapat mengetahui kata sandi hingga PIN yang kamu gunakan saat melakukan transaksi.

Sebaiknya kamu tidak menyebarluaskan kata sandi atau password, kode PIN, hingga OTP pada orang asil yang tidak kamu kenali. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan seperti penipuan dan pencurian uang.

3. Lebih Terkontrolnya Pengeluaran

Melalui keuntungan pakai pembayaran non tunai, kamu bisa mengecek histori transaksi. Maka, kamu bisa lebih mudah mengetahui rincian detail transaksi. Contohnya, kejelasan jumlah yang dikeluarkan, untuk kapan, dan keperluan apa.

4. Mencegah dan Menekan Tindakan Kriminal

Membawa uang cash tentu saja merepotkan, apalagi dalam jumlah yang besar. Kemungkinan tinggi, uang tersebut bisa menarik perhatian pelaku kriminal khususnya pencopet, pencuri, dan begal. Sangat berbahaya, bukan?

Maka sebab itu, jauh lebih baik apabila kamu menggunakan transaksi cashless. Jadi, tidak hanya mempermudahmu membawa uang cash berjumlah banyak, namun juga bisa mencegah terjadinya tindakan kriminal dari orang lain.

5. Lebih Banyak Promo dan Diskon

Tidah hanya karena sejumlah alasan yang telah dibahas sebelumnya, melakukan transaksi lewat non tunai pun bisa memeberimu keuntungan berupa cashback atau diskon. Utamanya transaksi e-wallet yang dewasa ini tengah naik daun.

Tidak dapat dipungkiri, karena adanya persaingan ketat dalam industri, maka diskon yang ditawarkan seringkali tidak logis, bahkan kerap lebih tinggi dari 50%. Maka demikian, kamu sebagai pelanggan bisa lebih untung dan hemat.

6. Pembayaran Merchant Semakin Praktis

Dewasa ini, merchat yang dapat menerima pembayaran cashless semakin meningkat. Lewat efektivitas yang dipunyainya, transaksi cashless dapat selesai lebih instan dibandingkan transaksi konvensional atau tunai. Dengan begini, tidak perlu antre lagi!

Sebagai pelanggan, kamu sudah pasti benci mengantri, bahkan berpikir dua kali sebelum berbelanja di sebuah merchant dengan antrian panjang. Maka demikian, inilah penyebab mengapa transaksi cashless lebih diminati pemilik merchant.

Demikianlah pembahasan tentang 6 keuntungan pakai pembayaran non tunai yang sebaiknya kamu ketahui. Pastikan juga untuk memperhatikan tarif atau nominal sebelum melakukan pembayaran atau transfer dana supaya tidak muncul kendala tidak kamu inginkan.

Nah, apakah kamu adalah seorang pelaku bisnis? Sudahkah menggunakan pembayaran non tunai pada bisnis yang tengah kamu jalankan? Jika belum, maka sebaiknya segera lakukan sesegera mungkin!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: