Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong

27 April 2023

Apakah kamu memiliki toko kelontong atau toko sederhana? Bisnis ini menjadi salah satu yang paling populer untuk usaha skala kecil. Dan yang paling penting adalah laporan keuangan toko kelontong yang perlu mulai kamu pelajari. Mengapa hal ini sangat penting?

Saat ini toko kelontong tidak hanya ada di kota namun sudah ada di berbagai desa dan menjadi tambahan biaya. Namun kebanyakan berpikir bahwa karena ini bisnis kecil, maka tidak perlu memiliki sistem yang baik untuk mengelola keuangan dan terutama keuntungan.

Kenyataan yang ditemui biasanya pelaku usaha merasa bingung kemana keuntungan yang diperoleh selama berdagang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki sebuah laporan keuangan yang sistematis.

Bagi pemula atau usaha toko kelontong, sangat diperlukan sebuah laporan keuangan. Kamu bisa mencoba untuk membuat secara sederhana. Kamu memang tidak perlu membuat itu seperti di perusahaan besar. Kamu bisa mulai dengan Excel.

5 Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong

Ayo kita coba langkah untuk membuat laporan secara sederhana untuk toko kelontong. 

1. Membuat Dokumen di Excel

Kalau kamu mau coba untuk membuat laporan keuangan sederhana, kamu bisa menggunakan Excel. Selain aplikasi itu, kamu bisa pakai Word, Google Spreadsheet, atau aplikasi sederhana lain.

Namun saat ini kita akan fokus menggunakan Excel. Saat kamu menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat dan mengedit laporan keuangan dengan mudah, apalagi jika transaksi masih dalam jumlah sedikit.

2. Membuat Kolom

Langkah pertama saat kamu menggunakan Excel adalah kamu harus membuat 1 dokumen khusus untuk laporan keuangan tokomu. Kamu bisa mulai mengklasifikasikan isi laporanmu menjadi beberapa bagian yaitu laporan perubahan modal, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan stok barang, dan poin lain yang bisa kamu tambahkan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu perlu membuat kolom yang diperlukan dan menuliskan judul dan keterangan agar mudah dipahami.

3. Bentuk Kolom

Saat kamu sudah menyiapkan ide untuk kolom laporan keuangan kamu, kamu bisa coba untuk mengelompokkan format kolom yang sudah dibuat sebelumnya. Kamu bisa menggunakan fitur otomatis agar judul dan teks bisa ditampilkan.

Selain itu kamu juga perlu menyortir kategori pada tiap kolom. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan format tanggal atau mata uang.

4. Mencatat Buku Keuntungan dan Kerugian

Jika kamu sudah menyelesaikan kolom di Excel, kamu bisa membuat workbook dan menyimpan data disana.

Catat semua data yang kamu perlukan. Kamu bisa memakai fitur sort dan filter agar mempermudah pengolahan data. Setelah itu, kamu bisa memasukkan data di kolom yang sesuai. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan tanggal, detail transaksi, jumlah kerugian dan keuntungan.

5. Cek Workbook

Saat kamu sudah memasukkan semua data, kamu bisa menyimpan atau mencetak workbook. Jangan lupa untuk memeriksa ulang semua kolom beserta data didalamnya. Jangan sampai ada kesalahan pengetikan, ejaan, atau bahkan angka yang hilang.

Kamu juga masih bisa melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah itu kamu bisa menyimpan data di folder atau bisa kamu arsip di email.

Apakah Penting Membuat Laporan Keuangan untuk Toko Kelontong?

Laporan keuangan toko kelontong sangat penting karena bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:

  • Untuk Dokumentasi

Laporan keuangan bisa dijadikan sebagai bukti dokumentasi dari kegiatan keuangan toko.

  • Mengetahui Informasi Penting

Terkadang kita dapat menemukan satu atau dua hal yang kurang saat kita melihat buku keuangan. Kita bisa mengevaluasi keuangan untuk mengetahui apakah segala transaksi sudah berjalan dengan baik.

  • Data Akurat

Dari laporan keuangan, kita juga bisa mengetahui kondisi akurat keuangan. Ini dikarenakan segala hal sudah terlihat secara jelas dengan angka.

  • Keperluan Pihak Luar

Saat memulai bisnis toko kelontong, mungkin kita berpikir bahwa kita tidak perlu memiliki buku keuangan yang rapi karena hanya bisnis kecil. Jangan salah, saat bisnismu mulai berkembang, kamu akan memerlukan kerjasama dengan pihak lain seperti investor ataupun bank yang bisa memberi pinjaman.

Laporan keuangan toko kelontong sangat penting untuk mengetahui apakah usaha yang dijalankan sudah berjalan dengan baik dan memperoleh untung. Buat kamu yang mau mulai usaha ini, mulailah membuat laporan keuangan juga.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: