Yuk, Kenali Manfaat Payment Link Biar Usaha Makin Cuan

19 Juni 2023
Payment link

Perkembangan dunia digital telah mengubah model bisnis. Dalam bisnis online misalnya, baik penjual maupun pembeli membutuhkan metode pembayaran yang mudah dan aman. Payment link atau tautan pembayaran adalah jawabannya. Lalu, apa keuntungan dan cara kerja dari metode pembayaran tersebut? Berikut ulasannya.

Apa Itu Payment Link?

Sederhananya, payment link merupakan tautan yang digunakan untuk mengarahkan pembeli ke halaman pembayaran. Link atau tautan yang disediakan oleh penjual dapat diakses dengan mudah. Begitu tautan diklik, pengguna bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus login menggunakan email atau akun media sosial.

Tautan pembayaran bisa dibagikan melalui berbagai cara, termasuk melalui aplikasi pesan instan, media sosial, website, dan aplikasi pemesanan produk. Penjual cukup membuat satu link saja untuk mengakomodasi semua pembayaran.

Cara Kerja Payment Link

Cara kerja dari tautan pembayaran ini cukup sederhana. Pasalnya, pembuatan tautannya sendiri sama sekali tidak memerlukan proses coding. Link bisa dibuat menggunakan layanan payment gateway dengan mengisi informasi, seperti identitas pembeli dan nominal yang harus dibayarkan. Pihak penyedia layanan tersebut akan langsung membuatkan satu link khusus untuk dibagikan ke pembeli.

Melalui payment link yang dibagikan, pembeli bisa mengecek invoice, menentukan metode pembayaran yang dikehendaki, dan menyelesaikan pembayaran. Begitu selesai, baik pembeli maupun penjual akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran sudah dilakukan.

Manfaat  Payment Link

Payment link merupakan metode pembayaran yang tidak hanya digunakan oleh bisnis berskala besar. Bisnis kecil pun bisa merasakan kemudahan metode pembayaran ini. Dengan memanfaatkan tautan pembayaran, pelanggan bisa terbebas dari biaya transfer bila harus menyelesaikan transaksi dari bank yang berbeda. 

Payment link memberikan banyak manfaat bagi berbagai jenis kegiatan usaha, seperti UMKM, bisnis B2B, ritel kecil, dan bahkan pekerja lepas. Nah, berikut ini adalah keuntungan menggunakan payment link.

1. Opsi pembayaran lebih beragam

Terbatasnya pilihan platform pembayaran kerap membuat calon pembeli membatalkan transaksi. Kebanyakan calon konsumen tidak ingin dibebani dengan biaya transfer. Sebab itu, dibutuhkan metode transaksi yang bisa mencakup banyak platform pembayaran sekaligus.

Payment link adalah solusi yang tepat. Sebab, pembeli bisa menentukan sendiri platform pembayaran yang dikehendaki. Baik itu transfer bank konvensional, virtual account, atau e-wallet, semua bisa disediakan menggunakan payment link.

2. Cepat dan praktis

Payment link memang belum banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Padahal, penggunaannya bisa membuat semua transaksi menjadi lebih cepat dan praktis. Metode ini tidak mengharuskan pembeli untuk melakukan login sehingga bisa menghemat waktu. 

Pembeli hanya perlu memilih platform untuk melakukan transfer. Kemudian, mengisi nama pengirim dan nominal yang akan ditransfer. Setelah itu, pembeli baru melakukan pembayaran sesuai dengan platform yang sudah dipilih.

3. Keamanan transaksi lebih terjamin

Manfaat payment link selanjutnya adalah keamanan transaksi lebih terjamin. Tautan pembayaran ini dibuat menggunakan layanan payment gateway yang dikenal memiliki keamanan ganda sehingga pihak pembeli maupun penjual tidak perlu khawatir dengan kejahatan siber, seperti pencurian dana dan kebocoran data.

Hadirnya inovasi pembayaran ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen atas bisnis yang kamu kelola. Keamanan payment link sudah pasti terjamin. Sebab, metode pembayaran ini dibuat oleh penyedia layanan digital payment yang sudah mengantongi izin dan diawasi oleh lembaga keuangan yang berwajib.

Payment link merupakan metode pembayaran yang memberikan banyak kemudahan bagi pembeli maupun pelaku bisnis segala segmen. Tertarik untuk menggunakannya? Ada banyak penyedia layanan payment gateway yang bisa kamu pilih untuk membuat payment link. Salah satu yang tepercaya adalah OttoPay.

Bersama OttoPay, proses penagihan transaksi menjadi jauh lebih mudah, cepat, dan aman. Kamu hanya tinggal mengirimkan payment link ke pembeli melalui WhatsApp atau aplikasi chat lainnya. Tertarik dengan payment link hubungi customer care untuk dijadwalkan bertemu dengan sales representatif kami untuk dijelaskan lebih detail.

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: