Pulsa Prabayar atau Pascabayar? Pahami Plus Minusnya, Yuk

17 Mei 2023
perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar

Ponsel saat ini menjadi barang wajib bagi setiap orang, berguna untuk memenuhi kebutuhan komunikasi jarak jauh. Dalam pemanfaatan ponsel untuk sarana komunikasi, kamu pun perlu melengkapinya dengan pulsa, baik yang bentuknya prabayar ataupun pascabayar. Namun, apakah kamu memahami perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar? 

Kedua jenis pulsa ini mempunyai perbedaan utama pada sistem pembayarannya. Pulsa prabayar memerlukan pembayaran pulsa di depan. Artinya, kamu perlu terlebih dahulu melakukan pembelian pulsa dan selanjutnya memakainya untuk berkomunikasi lewat ponsel. 

Lain halnya ketika kamu menggunakan kartu pascabayar. Kamu tak perlu melakukan pembelian pulsa lebih dulu. Kamu dapat secara langsung menggunakan pulsa pascabayar untuk berkomunikasi. Selanjutnya, kamu akan memperoleh tagihan pembayaran pulsa setiap bulan. 

Lalu, di antara kedua jenis pulsa tersebut, mana yang lebih menguntungkan? Jawabannya tak cukup dengan mengetahui perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar. Kamu perlu pula memahami kelebihan serta kekurangan dari masing-masing jenis pulsa. 

Baca juga: Cara Mengecek Tagihan dan Status BPJS

perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar
Sumber : Envato

Kelebihan dan Kekurangan Pulsa Prabayar

Saat menggunakan pulsa prabayar, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pahami. 

1. Kelebihan Pulsa Prabayar

Ada tiga kelebihan utama yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan layanan pulsa prabayar, yakni: 

  • Bebas isi pulsa kapan saja. Kamu pun dapat melakukan pengisian pulsa dengan nominal sesuai kondisi keuangan. 
  • Dapat mengatur pengeluaran pulsa dengan lebih mudah. Caranya, kamu tinggal mengatur besaran anggaran pulsa setiap bulannya. 
  • Proses pendaftaran kartu yang gampang. Kamu cuma perlu mempersiapkan data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Kekurangan Pulsa Prabayar

Pemakaian kartu prabayar mempunyai beberapa kekurangan yang perlu kamu cermati, yaitu: 

  • Harga pulsa prabayar yang relatif lebih mahal, apalagi kalau kamu menghitungnya secara kumulatif per bulan. 
  • Pengguna pulsa prabayar tidak memilih nomor sesuai keinginan. 
  • Tidak ada informasi atau notifikasi terkait pemakaian pulsa. 

Kelebihan dan Kekurangan Pulsa Pascabayar

Kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan pulsa prabayar. Selanjutnya, kamu bisa mengetahui perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar dengan membandingkan plus minus memakai pulsa pascabayar sebagai berikut. 

1. Kelebihan Pulsa Pascabayar

Pulsa pascabayar menawarkan kelebihan yang lebih banyak dibandingkan kartu prabayar. Kelebihan tersebut antara lain adalah: 

  • Pemilik kartu pascabayar dapat melakukan pengaturan pemakaian pulsa setiap bulan. Kamu pun bisa menetapkan batas pulsa serta data.
  • Kamu bisa mengecek history penggunaan pulsa dan data secara jelas dan mudah. 
  • Pengguna kartu pascabayar punya pilihan untuk menentukan nomor ponsel berdasarkan keinginannya.
  • Kualitas layanan jaringan telekomunikasi pulsa pascabayar secara umum mempunyai kualitas lebih baik dibanding prabayar.
  • Pengeluaran untuk pulsa bisa lebih murah. Alasannya, harga pulsa maupun paket internet relatif lebih terjangkau dibanding pulsa prabayar.

2. Kekurangan Pulsa Pascabayar

Selain kelebihan, kamu perlu pula memperhatikan kekurangan dari layanan pulsa pascabayar, meliputi: 

  • Proses pendaftaran untuk memperoleh kartu pascabayar sangat rumit, apalagi kalau kamu membandingkannya dengan proses registrasi kartu prabayar. 
  • Ada risiko pembengkakan tagihan. Situasi ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan pulsa dan paket data melebihi batas penggunaan. 

Nah, sampai di sini kamu tak hanya tahu perbedaan pulsa prabayar dan pascabayar, kan? Kamu juga tahu kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Secara keseluruhan, pemakaian pulsa pascabayar menawarkan kenyamanan lebih banyak dibandingkan layanan prabayar. 

Baca juga: Bayar Tagihan Air dari Aplikasi OttoPay

Dengan pulsa pascabayar, kamu dapat menggunakan ponsel untuk berkomunikasi secara bebas tanpa khawatir kehabisan pulsa. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan penggunaannya. Jangan sampai melebihi batas yang kemudian berujung pada pembengkakan tagihan. 

Untuk pembayaran tagihan pulsa pascabayar, kamu bisa memanfaatkan aplikasi OttoPay. OttoPay bantu kamu dalam melunasi tagihan bulanan dengan gampang. Tidak hanya tagihan pulsa pascabayar, tetapi juga telepon rumah serta internet (berlaku untuk pelanggan Indihome dan CBN). 

Yuk, segera download OttoPay untuk kemudahan dalam pembayaran tagihan bulanan!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: