Ini Akibatnya Kalau Kamu Telat Bayar Tagihan Pascabayar!

19 Mei 2023

Membayar tagihan bulanan merupakan kewajiban yang perlu kamu lakukan. Jenis tagihan tersebut sangat variatif, meliputi PDAM, listrik, pulsa pascabayar, cicilan kendaraan, ataupun internet. Kamu perlu melakukan pembayaran setiap tagihan tepat waktu. Kalau telat bayar tagihan pascabayar, kamu akan berhadapan dengan berbagai konsekuensi. 

Telat Bayar Tagihan Pascabayar
Sumber : Envato

Risiko Telat Bayar Tagihan Pascabayar

Ada beberapa risiko serta konsekuensi yang perlu kamu terima ketika punya kebiasaan terlambat membayar tagihan pascabayar bulanan. Risiko dan konsekuensi tersebut antara lain adalah: 

1. Denda

Risiko dan konsekuensi pertama ketika kamu telat bayar tagihan pascabayar adalah denda. Besaran dendanya variatif, umumnya berada di kisaran 10% dari total tagihan bulanan. Alhasil, jumlah beban pembayaran yang perlu kamu lunasi pun makin bertambah. 

2. Pemutusan Layanan yang Bersifat Sementara

Selanjutnya, kamu juga akan berhadapan pada risiko pemutusan layanan. Sebagai contoh, Indihome akan secara otomatis melakukan pemutusan layanan sementara ketika pelanggan belum melaksanakan pembayaran per tanggal 20 setiap bulan. Risiko seperti ini bisa pula kamu temukan pada penyedia layanan lain. 

3. Pemutusan Layanan Secara Permanen

Kalau kamu tak kunjung melunasi tagihan dalam durasi yang lama, pihak penyedia akan melakukan pemutusan layanan secara permanen. Pada situasi seperti ini, kamu tak hanya mendapatkan citra buruk di mata penyedia layanan. Namun, kamu juga perlu mengeluarkan biaya ekstra ketika ingin menggunakan layanan itu kembali. 

Baca juga: Tips Hemat Listrik Biar Tagihan Listrik Nggak Membengkak

Contohnya adalah ketika kamu telat bayar tagihan pascabayar layanan listrik dari PLN. Kalau keterlambatan tersebut berlangsung sampai bulan kedua, PLN akan melakukan pembongkaran kWH meter serta MCB. Bahkan, PLN bisa pula menghapus nama kamu dari daftar pelanggan. 

Tips Biar Tidak Terlambat Membayar Tagihan Pascabayar Bulanan

Dengan memperhatikan berbagai risiko dan konsekuensi telat bayar tagihan pascabayar, kamu akan mengalami kerugian secara finansial. Sekilas, kerugiannya terlihat kecil. Namun, kalau kamu mempunyai kebiasaan terlambat bayar tagihan, nilainya bisa sangat besar, lho!

Oleh karena itu, kamu perlu membiasakan diri untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan tepat waktu. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membiasakan hal tersebut, yakni: 

1. Susun Anggaran Keuangan Bulanan

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengatur keuangan bulanan. Siapkan anggaran untuk setiap jenis pengeluaran, termasuk berbagai jenis tagihan rutin bulanan. Dengan begitu, kamu memiliki alokasi dana yang mencukupi untuk pembayarannya. 

2. Atur Reminder

Selanjutnya, kamu perlu mengatur reminder atau pengingat untuk segera melakukan pembayaran tagihan. Reminder tersebut bisa kamu buat dengan memanfaatkan kalender atau memakai aplikasi di smartphone

3. Bayar Tagihan dalam Sekali Waktu

Ada kalanya kamu merasa sudah melunasi semua tagihan. Namun, pada kenyataannya ada satu tagihan yang terlewat. Akhirnya, kamu pun harus berhadapan dengan denda karena telat bayar tagihan pascabayar. 

Baca juga: Cara Mengecek Tagihan dan Status BPJS

Situasi seperti ini sangat umum terjadi. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa memilih untuk melakukan pembayaran untuk semua tagihan dalam satu waktu. Misalnya, kamu mengatur pembayaran setiap tanggal 10. Maka, lunasi semua jenis tagihan pada tanggal tersebut. 

4. Lakukan Pembayaran Tagihan dengan Aplikasi OttoPay

Terakhir, kamu dapat menggunakan aplikasi OttoPay. Kenapa harus OttoPay? Alasannya sederhana. OttoPay memberi kemudahan bagi kamu dalam melakukan berbagai jenis pembayaran tagihan pascabayar. 

OttoPay bisa kamu pakai untuk bayar tagihan listrik, air PDAM, internet, asuransi, dan lain-lain. Tak hanya itu, kamu dapat pula menggunakan OttoPay untuk keperluan lainnya, seperti membeli voucher game, pajak, paket data, dan banyak lagi yang lain. 

Dengan berbagai fasilitas tersebut, OttoPay tak hanya menjadi solusi agar kamu tidak telat bayar tagihan pascabayar. Namun, penggunaannya juga membuka peluang bisnis baru. Kamu bisa menawarkan berbagai produk digital kepada orang-orang sekitar. 

Alhasil, kamu bisa terhindar dari denda dan sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Yuk, segera download dan instal aplikasi OttoPay. Gratis, lho!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: