Cuan dari Internet: 5 Cara Tingkatkan Visitor Website E-Commerce

12 Februari 2024

Perkembangan internet telah mengubah proses bisnis. Jika dahulu bisnis harus dilakukan dengan tatap muka secara langsung, kini muncul banyak website e-commerce bisnis untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

Dikutip dari Forbes, website e-commerce atau toko online memiliki beragam manfaat penting bagi suatu bisnis yang berjalan. Salah satunya, mampu menghubungkan kembali dengan pelanggan yang telah hilang. Selain itu, keberadaan website e-commerce juga bisa menjadi media komunikasi langsung antara pengusaha dan konsumen.

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan website e-commerce. Setelah itu, jangan lupa untuk meningkatkan visitor (pengunjung) sebagai upaya memaksimalkan transaksi dan penghasilan. Nah, berikut adalah lima cara untuk meningkatkan visitor web e-commerce

Website E-Commerce
Sumber : Envato

1. Optimalkan SEO

Menurut SearchEngineLandSearch Engine Optimization (SEO) adalah salah satu kunci penting untuk meningkatkan visibilitas web di mesin pencari. Sederhananya, jika web punya SEO yang bagus, maka besar kemungkinannya untuk muncul di halaman pertama pencarian. Itu artinya, kemungkinan dikunjungi pun akan semakin tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO pada website e-commerce bisnis. Pertama, menentukan kata kunci yang tepat untuk setiap postingan,  dan mengeksekusinya dengan baik. Selanjutnya, menambahkan gambar dan tautan internal yang relevan, memanfaatkan backlink, dan sebagainya. 

Optimalisasi SEO ini membutuhkan proses yang panjang. Situs Semrush menyebutkan bahwa setidaknya diperlukan waktu antara enam bulan hingga satu tahun untuk melihat hasil SEO. Artinya, selama periode tersebut, kamu harus rajin melakukan proses untuk mengoptimalkan SEO.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan visitor website e-commerce bisnis. Caranya dengan mempromosikan website e-commerce yang dimiliki pada berbagai media sosial.

Promosi yang dimaksud bisa dilakukan dengan membagikan konten seputar produk yang dijual di e-commerce, hingga membagikan link website e-commerce secara langsung. Semua perlu dipersiapkan sesuai jenis media sosial yang digunakan.

Zaman sekarang, keberadaan media sosial memang menjadi hal urgen bagi suatu bisnis. Menurut Fenews, media sosial bisa menjadi sarana interaksi dengan pelanggan, menjangkau audiens yang makin luas, hingga menjadi batu loncatan dalam membangun merek. Jadi, keberadaannya perlu dimanfaatkan secara bijak. 

3. Gunakan E-mail Marketing

Upaya selanjutnya untuk menaikkan jumlah visitor website e-commerce bisnis ialah dengan memanfaatkan e-mail marketing. Artinya kamu bisa membuat pesan e-mail yang berisi penawaran (newsletter), lalu dikirimkan kepada orang-orang yang telah mendaftarkan e-mail-nya melalui web.

Cara ini, meskipun cukup ketinggalan zaman, tetapi masih sangat diminati. Hal tersebut karena newsletter yang dikirim via e-mail bisa memberikan informasi yang detail. Di samping itu, kamu juga bisa mengarahkan para target market yang berminat belanja menuju website e-commerce yang dimiliki melalui tautan yang dibagikan.

4. Kembangkan SEM

Jika kamu ingin meningkatkan traffic website e-commerce bisnis dalam waktu singkat, langkah ini bisa dicoba. SEM atau Search Engine Marketing memiliki konsep yang mirip dengan SEO. Hanya saja, SEO gratis, sementara SEM berbayar, sehingga dibutuhkan modal untuk pelaksanaannya.

Mengembangkan SEM sama halnya dengan beriklan di halaman mesin pencari. Artinya, metode ini bisa membuat website e-commerce muncul di halaman pertama pencarian dalam waktu sekejap—tanpa harus mengandalkan SEO. Jika berminat untuk menerapkannya, kamu bisa memanfaatkan Google AdSense atau Google AdWords.

5. Menerapkan Program Afiliasi

Buat yang masih bingung seperti apa program afiliasi ini, kamu bisa melihat orang-orang di media sosial yang menawarkan dagangan. Jika ada yang tertarik, ia diarahkan menuju link pembelian.

Nah, bisa jadi orang ini sedang menjalankan program afiliasi dengan berperan sebagai afiliator. Artinya, dari setiap produk yang berhasil dijual melalui link tersebut, ia akan mendapat keuntungan beberapa persen.

Program afiliasi sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website e-commerce bisnis. Kamu bisa bekerja sama dengan pihak-pihak yang mampu memengaruhi orang untuk melakukan pembelian. Jadikan ia afiliator, dan tunggu web e-commerce-mu ramai dikunjungi pembeli.

Itulah lima cara untuk meningkatkan jumlah visitor website e-commerce bisnis, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dari internet. Silakan dipraktikkan secara kontinu, dan lihat apa yang terjadi. Visitor-mu pasti melejit.

Jika sudah seperti itu, kamu pasti akan kewalahan kalau masih menggunakan layanan pembayaran manual. Selain itu, pelanggan pun pasti akan merasa tidak nyaman. Nah, biar pelanggan nggak kabur karena ribetnya proses pembayaran di website e-commerce kamu, gunakan OttoPay sebagai penyedia layanan Payment Gateway.

Melalui layanan ini, transaksi bisa diproses dengan mudah. Pelanggan pun bisa memilih banyak metode pembayaran sesuai yang diinginkan. Daftarkan dirimu jadi Mitra Bisnis OttoPay sekarang juga, dijamin pengelolaan pembayaran online jadi lebih praktis.

Tias Mellynia

Tias Mellynia

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: