Perkembangan Tren Belanja Online 2022

1 Januari 2023
Belanja Online

Tak dapat dimungkiri bahwa belanja online kian diminati oleh masyarakat. Hal ini tak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi. Berbekal kecanggihan ponsel pintar dan akses internet, kamu bisa memesan barang tanpa harus datang langsung ke toko fisik. Selain hemat waktu, kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya transportasi. 

Belanja Online
Sumber : Envato

Apa Itu Tren Belanja Online? 

Kepraktisan dan kemudahan tersebut secara tidak langsung mendorong tren belanja secara online. Tren ini memungkinkan kamu mencari, memilih, membeli, maupun menjual barang melalui media sosial, website pribadi, dan marketplace. Bagi orang yang baru pertama kali mencoba, tentu ini menjadi metode belanja yang menarik dan efisien. 

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Menarik Pelanggan agar Berkunjung ke Warung Kamu

Bagaimana Perkembangan Tren Belanja Online 2022?

Pada masa pandemi, sebagian besar orang merasa lebih nyaman berbelanja dari rumah. Kala itu, pemerintah melakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk mencegah penularan dan perluasan wabah. Hal ini berdampak langsung pada meningkatnya frekuensi belanja secara online. Ketika toko tutup akibat pandemi, masyarakat dipaksa berbelanja melalui aplikasi atau marketplace. 

Lambat laun, kebiasaan tersebut menjadi tren baru yang terus berkembang hingga kini. Berdasarkan survei DataIndonesia, 43.2% responden mengaku bahwa frekuensi belanja daring tidak berubah setelah pandemi. Bahkan, terjadi peningkatan pelanggan yang gemar belanja daring yang semula hanya 11% kemudian meningkat hingga 25%. 

Pergeseran perilaku belanja daring juga dipengaruhi penutupan toko fisik selama pandemi dan perkembangan e-commerce yang signifikan. Selain itu, masih banyak alasan yang mendasari hal tersebut, di antaranya:

1. Sistem Belanja Daring Praktis

Sistem belanja daring membuat kamu tidak perlu repot keluar rumah. Hanya diperlukan ponsel ataupun PC dengan koneksi internet, kamu bisa membeli seluruh kebutuhan. Pembayaran transaksi pun praktis dan banyak pilihan. Mulai dari m-banking, kartu kredit, QRIS, paylater, hingga pembayaran via minimarket.

Setelah pembayaran berhasil, penjual akan segera mengemas dan mengirimkan barang. Beberapa marketplace juga memberikan fasilitas gratis ongkos kirim yang dapat menghemat pengeluaranmu. 

Baca juga: 5 Jenis Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

2. Banyak Promo

Daya tarik belanja online selanjutnya adalah lebih banyak promo menarik. Di Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dan hari besar penting lainnya, hampir seluruh toko online menawarkan promo menarik untuk meningkatkan jumlah pembelian.  Promosi yang ditawarkan biasanya berupa potongan harga, diskon pembelian grosir, flashsale, cashback, dan kode voucher. Inilah alasan mengapa banyak konsumen berburu diskon setiap Harbolnas tiba.

3. Lebih Murah

Belanja daring makin disukai karena harganya relatif lebih murah. Hal ini bisa terjadi karena penjual tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar layaknya toko offline. Bahkan, tak sedikit toko online yang hanya berjualan secara daring tanpa memiliki toko fisik. Selain itu, tak sedikit pemilik bisnis online yang mengambil barang dalam partai besar. Lantaran mendapatkan harga grosir, penjual bisa menawarkan barangnya dengan harga kompetitif dan lebih murah dibandingkan pesaing.

4. Banyak Pilihan

Berbelanja secara langsung bukan jaminan kamu bisa mendapatkan barang incaran. Ada kalanya, kamu kehabisan barang tersebut karena peminatnya tinggi atau stok toko terbatas. Ketika hal tersebut terjadi, umumnya orang akan mencari alternatif lain yang mendekati barang incaran.

Lain halnya apabila kamu belanja daring. Kamu bisa mencari barang yang sama di banyak toko berbeda. Biasanya, kualitas barang yang ditawarkan sama hanya berbeda harga jual. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai tren belanja online selama tahun 2022 yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu menyukai kegiatan belanja daring atau tertarik memulai bisnis grosir, jangan ragu bermitra dengan OttoGrosir dari OttoPay. Nikmati kemudahan belanja kebutuhan pokok berkualitas dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim. Belanja di OttoGrosir sangat praktis dan aman, cukup pesan dari aplikasi kemudian barang akan diantar langsung.

Ayo, pakai OttoPay dan instal aplikasinya sekarang!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: