5 Jenis Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

08/15/2022

Sebagai seorang pemilik bisnis, tentu saja kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan utama dalam berbisnis. Untuk membuat pelanggan puas, kamu bisa memberikan fasilitas pembayaran non tunai. Sekarang ini banyak pilihan pembayaran non tunai untuk UMKM. 

Pembayaran non tunai beberapa waktu belakangan ini memang menjadi pilihan yang sangat popular di antara pelanggan. Dengan berbagai metode pembayaran, pelanggan seperti bebas memilih metode sesuai dengan pilihan mereka, sehingga dapat membuat bisnismu dibayar dengan lebih cepat. 

Pilihan Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

Berikut berbagai pilihan pembayaran non tunai yang dapat dijadikan sebagai referensi, antara lain:

  • QR Code

Sekarang ini, pembayaran dengan menggunakan QR Code berkembang begitu pesat. Dengan memilih sistem pembayaran QR Code, pelanggan hanya perlu memindai kode unik QR yang dimiliki oleh pebisnis menggunakan smartphone. 

Proses pembayaran ini seperti pemindaian barang yang sering dilakukan oleh kasir supermarket. Karena, hanya dengan memindai kode, harga akan tertera serta pelanggan bisa melakukan pembayaran secara langsung. 

Selain itu, teknologi ini juga banyak digunakan dalam aplikasi e-wallet serta mobile banking. QR Code adalah kode yang responsif. Menggunakan sekali pemindaian, jumlah biaya yang harus dibayar akan langsung muncul di layar smartphone. 

Bukan hanya itu, pembayaran dengan menggunakan QR Code juga bisa meminimalisir terjadinya eror di dalam pembayaran, hal ini disebabkan karena QR Code mempunyai sistem penerjemah yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kartu kredit dan kartu debit. 

Meskipun fisik yang dimiliki QR Code mengalami kerusakan, tetapi smartphone masih bisa memindai kode. Inilah alasan mengapa QR Code banyak digunakan UMKM. 

  • e-wallet

Pembayaran non tunai untuk UMKM yang lainnya adalah e-wallet. Sekarang ini, mungkin kamu sudah sangat familiar dengan keberadaan e-wallet. e-wallet atau dompet digital sekarang seperti menggantikan fungsi dompet fisik. 

Ketika menggunakan e-wallet, pelanggan bisa melakukan sejumlah transaksi pembayaran tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Bukan hanya itu, di berbagai platform, e-wallet juga sering mengeluarkan sejumlah promo menarik. 

Promo yang sering ditawarkan seperti diskon, cashback hingga voucher. Bahkan, sekarang ini ada beberapa platform e-commerce yang mengeluarkan e-wallet.

  • Kartu Debit serta Kartu Kredit

Pilihan cashless yang lainnya adalah kartu debit serta kartu kredit. Kartu debit serta kredit adalah metode pembayaran yang sangat populer digunakan untuk melakukan transaksi. Baik transaksi offline atau online. 

Kedua kartu ini memberi akses pembayaran real time dan begitu cepat. Lebih-lebih kedua kartu ini menjadi pilihan pembayaran yang didukung oleh sejumlah sektor bisnis. Berbagai bank serta penyedia layanan kartu sering mengeluarkan promosi untuk pembayaran menggunakan kartu ini. 

  • Mobile Banking

Dengan perkembangan zaman, perbankan juga mengeluarkan inovasi baru dan mengembangkan sistem electronic banking. Adanya sistem ini membuat nasabah bisa melakukan sejumlah transaksi perbankan menggunakan jaringan internet. 

Saat ini, dua produk e-banking yang diminati adalah internet banking serta mobile banking. Mobile banking menjadi metode yang disukai oleh masyarakat agar bisa melakukan pembayaran karena uang bisa langsung dikirim ke rekening tujuan. 

Proses pengiriman dengan menggunakan metode mobile banking juga diproses dengan praktis dan real time. Kamu bisa menyediakan metode pembayaran ini dalam bisnismu agar bisa mempermudah pelanggan yang berasal dari berbagai daerah untuk melakukan pembayaran. 

  • Virtual Account

Pembayaran virtual account memang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembayaran online. Virtual account memiliki sifat virtual serta menggunakan nomor pelanggan yang dikeluarkan bank. 

Virtual account mempunyai kode unik dan membuat identifikasi sebuah transaksi. Ketika menggunakan metode pembayaran virtual account, pelanggan hanya diharuskan membayar sesuai jumlah yang sudah tertera di virtual account milik pebisnis. 

Kemudian, pembayaran pelanggan bisa diproses langsung. Setiap pembayaran yang masuk ke dalam virtual account, akan terdeteksi serta diverifikasi secara otomatis dari sistem. Sehingga, kamu tidak harus melakukan konfirmasi manual dengan pelanggan. 

Kamu bisa menyediakan salah satu dari berbagai pembayaran non tunai untuk UMKM di atas.  Jangan sampai, kamu kehilangan pelanggan karena outlet atau bisnis yang kamu miliki tidak memberikan pilihan alat pembayaran di atas. Tidak ada salahnya ikut masuk dalam dunia digital dan menggunakan trend ini.

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: