3 Cara Berhenti Langganan NSP dan RBT Semua Provider

26 Mei 2023
Cara Berhenti Langganan

Tidak hanya memberikan layanan untuk berkomunikasi, jasa provider ponsel di Indonesia juga menawarkan layanan berupa nada dering atau lebih populer dengan singkatan NSP. Melalui layanan tersebut, seseorang yang nantinya menghubungi kamu tidak lagi mendengar nada sambung biasa, tetapi mendengar lagu-lagu yang menarik. 

Meski begitu, tidak semua pengguna provider seluler Indonesia menyukai layanan ini. Beberapa pengguna yang memakai NSP juga tak jarang menjadi bosan karena harus mengeluarkan pulsa untuk terus berlangganan. Namun, ternyata, tak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara berhenti langganan nada dering alias NSP atau RBT  ini. 

Cara Berhenti Langganan NSP dan RBT untuk Semua Provider

Cara Berhenti Langganan
Sumber : Envato

Apakah kamu termasuk pengguna yang merasa kurang nyaman dengan adanya layanan NSP dan RBT ini? Jika iya, kamu bisa menonaktifkan layanan tersebut di ponselmu. Caranya biasanya berbeda, tergantung provider yang kamu pakai. Berikut cara mematikan layanan NSP untuk pengguna provider Telkomsel, Indosat, dan XL.

Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel

Pertama, cara berhenti langganan NSP bagi para pengguna provider Telkomsel. Kamu dapat memanfaatkan layanan SMS untuk menonaktifkan NSP yang terpasang di ponselmu. Berikut langkahnya:

  • Kamu bisa akses layanan SMS di ponselmu. 
  • Lalu, kamu cukup mengetikkan SMS seperti biasanya, yaitu ketik OFF pada bagian isi.
  • Jangan lupa, kirimkan SMS ini ke nomor 1212. 
  • Apabila kamu sudah mendapatkan balasan dari operator Telkomsel, secara resmi layanan NSP kamu sudah tidak aktif.

Kamu perlu tahu jika menonaktifkan layanan NSP melalui SMS ini dikenai biaya pulsa SMS pada umumnya. Sementara itu, kalau masih ingin berlangganan NSP, tetapi hanya lagu tertentu, kamu bisa memakai cara yang sama, yaitu melalui SMS. Namun, ketik OFF <spasi> judul lagu yang hendak kamu hentikan. Lalu, kirimkan SMS tersebut ke nomor 1212. 

Selain SMS, cara berhenti langganan NSP dari Telkomsel juga bisa melalui telepon. Cukup tekan *121*9# dan pilih panggil. Kamu akan mendapatkan menu pilihan, lanjutkan dengan pilih berhenti langganan dengan menekan nomor sesuai menu. 

Cara Berhenti Langganan RBT dan iRing dari Indosat

Selanjutnya, cara berhenti langganan RBT dan iRing untuk para pengguna provider Indosat. Sebenarnya, caranya juga tidak jauh berbeda dengan Telkomsel, yaitu melalui layanan SMS. Cukup ketik UNREG dan kirimkan ke nomor 808. Lalu, operator akan memberikan balasan opsi layanan. 

Kemudian, kirimkan balasan dengan mengetik S2 atau S3. Pastikan kamu sudah memperoleh balasan dan operator menginformasikan kalau layanan telah berhenti. Apabila belum, tentu saja layanan RBT ini masih terus aktif. Selain SMS, kamu juga dapat menggunakan telepon untuk berhenti langganan RBT dan iRing. 

Caranya, tekan *808*10# dan pilih panggil. Lalu, pilih nomor yang menginfokan untuk berhenti langganan iRing. Jika sukses, kamu akan dapat SMS dari operator yang menginformasikan bahwa layanan sudah tidak aktif. Cara berhenti langganan iRing dan RBT dari Indosat ini tidak dipungut biaya. 

Cara Berhenti Langganan RBT XL

Terakhir, untuk para pengguna provider XL, berhenti langganan layanan RBT juga bisa dilakukan dengan SMS. Caranya, buka layanan SMS, lalu masukkan nomor tujuan, yaitu 1818. Setelah itu, ketik UNSUB pada bagian pesan. 

Saat menggunakan SMS untuk berhenti langganan RBT XL, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp2 ribu. Setelah SMS terkirim, kamu hanya perlu menunggu balasan dari operator yang memberikan informasi kalau layanan RBT sudah berhasil dinonaktifkan. 

Kalau melalui layanan SMS tidak berhasil, kamu bisa langsung menghubungi CS provider dan meminta untuk mematikan layanan NSP, RBT, atau iRing yang masih terpasang pada ponsel. Biasanya, cara ini cukup efektif untuk mematikan layanan NSP dan RBT daripada SMS. 

Itu tadi beberapa cara berhenti langganan RBT, NSP, dan iRing dari semua provider. Kalau tertarik berbisnis pulsa, kamu bisa menggunakan OttoPay untuk membuka jasa jual pulsa digital. Harganya sudah pasti bersaing, bahkan tersedia denom kecil berbagai operator.

Segera unduh aplikasi OttoPay dan mulai bisnis pulsamu sekarang juga!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: