Anti Tekor Tanggal Tua, Ini Cara Hemat Pulsa!

25 Mei 2023
Cara Hemat Pulsa

Sudah jatuh tertimpa tangga adalah salah satu ungkapan yang tepat bagi sebagian orang saat mengalami kehabisan pulsa di tanggal tua.  Pasalnya, pulsa sudah jadi kebutuhan sehari-hari di masa kini untuk berbagai aktivitas. Jika sampai kehabisan pulsa di tanggal tua saat tak ada anggaran, tentu jadi situasi yang tidak menyenangkan.

Karena itu, untuk kamu pengguna layanan seluler prabayar khususnya, bijak dalam menggunakan pulsa perlu jadi kebiasaan yang harus dimulai. Tenang saja, cara hemat pulsa berikut ini tidak harus bikin kamu sengsara, kok!

Cara Hemat Pulsa
Sumber : Envato

1. Pilih Paket Sesuai Aktivitas 

Cara hemat pulsa yang pertama adalah dengan membeli paket sesuai aktivitas dan kebutuhan. Kini, denom pulsa yang tersedia sangat beragam—bahkan mulai kurang dari Rp10 ribu untuk paket harian.

Hitunglah berapa banyak kebutuhan pulsa yang kamu perlukan setiap bulannya—untuk paket data umum, telepon GSM, dan sebagainya. Perhatikan pula masa aktif pulsa yang akan kamu dapatkan.

Jika memang kebutuhanmu relatif besar, ada baiknya kamu langsung membeli pulsa dengan denom yang tinggi. Hal ini tentunya lebih hemat dibandingkan jika kamu harus membeli secara “mencicil” dalam denom kecil. Bahkan, harga pulsa dengan denom besar bisa lebih murah dibandingkan harga pulsa denom kecil, lho.

Baca Juga: Cara Cek Pulsa Semua Provider, Simak Berikut Ini

2. Berhenti Berlangganan yang Tidak Perlu 

Makin hari makin banyak layanan online dan streaming yang menarik. Namun, menuruti keinginan untuk mengikuti seluruh hal tersebut tidak akan pernah selesai. Selain makin banyak pulsa dan data yang kamu perlukan, nyatanya tidak semua layanan tersebut bisa kamu nikmati setiap hari, bukan?

Hal ini tentu sangat disayangkan apalagi jika kamu sampai membayar layanan berlangganan. Maka dari itu, kamu bisa mulai memilih dan memilah layanan apa yang sekiranya layak untuk tetap jadi pilihan berlangganan dan tidak.

Selain itu, terlalu banyak berlangganan juga akan membuatmu terpenjara untuk berkutat dengan hal-hal digital dan dunia maya. Gunakanlah kesempatan yang ada untuk menikmati kehidupan nyata dengan lebih baik.

3. Gunakan Fasilitas WiFi

Cara hemat pulsa yang satu ini bukan rahasia. Di zaman sekarang, makin mudah menemukan fasilitas wifi. Makin banyak pengelola tempat publik yang menyediakan akses wifi gratis pada pengunjung sehingga bisa kamu manfaatkan.

Selain itu, jika kamu lebih banyak berada di rumah apalagi ada beberapa orang dalam satu rumah, cobalah untuk mempertimbangkan menggunakan wifi. Kuota wifi bulanan justru relatif jauh lebih murah dibandingkan saat kamu harus mengambil jatah paket data dari pulsa. 

Pastikan kamu memilih provider yang dapat diandalkan dalam memberi pelayanan. Tidak hanya internet yang minim gangguan, tetapi juga faktor after sales seperti komplain yang perlu ada dalam daftar konsiderasimu.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Warung dengan Layanan WiFi? Ikuti Step-Step Berikut Ini

4. Bijak dalam Menggunakan Layanan 

Di samping layanan berlangganan yang tak terlalu dibutuhkan, kamu juga bisa mempertimbangkan kebutuhan data dan pulsa dari masing-masing layanan. Hal ini berkaitan dengan ukuran media atau informasi yang kamu akses.

Seperti contoh, kamu kerap menggunakan YouTube dengan resolusi tinggi sebagai sarana hiburan. Konsumsi data yang diperlukan untuk bisa mengakses video tersebut tentu lebih besar dibandingkan saat kamu melihat video di platform lain yang lebih kecil.

Kamu pun bisa mengantisipasi pemborosan ini dengan membeli paket data khusus yang tersedia. Dengan begitu, jatah konsumsi data tidak akan mengganggu peruntukan data untuk yang lainnya, apalagi sampai menghabiskan kuota dan menggerus sisa pulsa yang tersedia.

Itulah beberapa cara hemat pulsa yang bisa kamu lakukan. Tidak sulit, bukan?

Nah, kalau kamu butuh untuk mengisi pulsa saat sudah tiba waktunya, beli saja di OttoPay. Aplikasi OttoPay kini menyediakan berbagai produk digital sehari-hari seperti penjualan pulsa mulai denom kecil dari berbagai operator. Caranya mudah, harganya pun bersaing!

Dhamar Januaji

Dhamar Januaji

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui:
Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa bagikan melalui: